«

»

Jul 01

15 Bisnis Agrobisnis Dari Halaman Rumah

15 Bisnis Agrobisnis Dari Halaman Rumah

Oleh : Hadi Winarto

15 Bisnis Agrobisnis Dari Halaman Rumah, beranda, kamar kosong, dapur atau gudang anda seusai membaca tulisan ini segera anda sulap untuk memulai sebuah usaha baru, ribuan ibu-ibu dan gadis remaja sudah memulainya, kini giliran anda.

Usaha dirumah sendiri memetik banyak keuntungan.

  • Jam kerja anda yang ngatur. Yup, berarti kebebasan waktu dan finansial dunk.
  • Ga perlu pakser atau pakaian seragam,
  • Ga perlu biaya sewa ruko.
  • Disektor agrobisnis umumnya tidak membutuhkan modal besar.
  • Anda hanya butuh telaten, sabar, tekun dan banyak waktu untuk berdoa.

Ayoo, anda pasti kampiunnya, raup rupiah bahkan dolar dari 15 bisnis agrobisnis dari halaman rumah

  1. Tanaman hidroponik

Pangsa pasar ini masih sedikit pemainnya, minim kompetitor. Pertarungan di bisnis tanaman hidroponik patut dicoba. Luas pemasarannya. Anda bisa menggaji karyawan untuk menjajakan diperumahan elite dan waktunya cukup pada senja hari manakala ibu-ibu penghuni perumahan sedang bercengkerama bersama keluarga diteras rumah.

  1. Membuat probiotik dan enzim

Dibuat dari bahan-bahan sederhana dan murah. Perizinannya tidak sulit, produk anda asal berkualitas akan diorder oleh budidayawan-budidayawati diseluruh Indonesia. Teknik marketingnya buatlah diferensialnya, cantumkan kesaksian atau testimony nya. Rancang metode penjualannya apakah menggunakan keagenan, konsinyasi atau dropshipping. Buatlah banner dan iklankan produk dengan gencar. Menjaga mutu produk adalah teknik promosi yang ampuh.

  1. Membuat pupuk cair.

Membuatnya tidak sulit, bahannya murah dan mudah didapat. Untuk menjangkau pemasaran lebih luas pupuk cair bisa dijual dengan murah mengingat biaya produksi juga sangat murah. Jangan takut bersaing karena bisinis ini sangat teritorial artinya dilingkungan terdekat anda bisa dijual murah karena memangkas biaya transport.

  1. Tanaman hias

Keindahan taman rumah adalah idaman ibu-ibu, ceruk ini bisa segera anda masuki. Disektor harga tanaman hias tidak mengenal tarif atau harga tetap, harga ditentukan oleh like and dislike. Keuntungan lain tanaman hias semakin lama semakin mahal dan tanaman yang makin tua bisa dijadikan indukan untuk digandakan anakannya.

  1. Beternak jangkrik

Seluruh kota di Indonesia memiliki komunitas penggemar burung kicau. Kebutuhan jangkrik cukup banyak dibutuhkan oleh perkumpulan penggemar burung hias. Lomba atau kompetisi burung berkicau akan menaikkan nilai harga burung hingga jutaan rupiah.

  1. Beternak kroto

Seperti halnya jangkrik, kroto diyakini akan menambah kemerduan suara burung kicau. Bapak-bapak penggemar burung tidak mempermasalahkan berapa harga pakan burung, sangkar burung dan peralatan memelihara burung. Asal burung-burungnya sehat dan kicauannya keras dan indah para bapak bapak tidak segan merogoh kocek dalam-dalam untuk hobi burungnya itu.

  1. Beternak ulat kandang

Ulat kandang juga untuk ransum burung, mudah dibudidayakan dan tidak banyak memakan tempat.

  1. Beternak ulat hongkong

Ulat hongkong sama dengan ulat kandang. Ulat hongkong dengan ulat kandang dibedakan dengan ukurannya.

  1. Beternak semut jepang

Semut Jepang yang memang berasal dari Jepang diyakini oleh banyak orang sebagai penyembuh beberapa penyakit.

10.  Memelihara ikan hias

Berkah berbisnis ikan hias sudah banyak yang menikmati, pembiakan ikan hias tidaklah sulit. Ikan hias Indonesia sangat terkenal didunia. Ikan ikan hias Indonesia disenangi oleh hobiis ikan hias. Ikan hias bisa dilakukan dikolam dan akuarium.

11.  Beternak cacing tanah

Budidaya cacing tanah tidak membutuhkan lahan yang luas dan modal yang banyak, semua orang bisa melakukan kegiatan ini, satu syarat utama kegiatan ini : Anda ga boleh jijik.

12.  Beternak cacing sutra

Dihabitat aslinya cacing sutra hidup diparit-parit, selokan, pinggir sawah dan sungai. Kebutuhan cacing sutra bagi pebisnis ikan hias dan pembenih ikan hingga detik ini tidak pernah surut. Cacing sutra hingga akhir zaman tetap diburu, melirik bisnis ini sangat direkomendasikan. Penulis sudah menerima ratusan telepon diminta memberi advis bagaimana cara yang jitu beternak cacing sutra seantero negeri.

13.  Pembibitan cabe hias

Trend cabe hias dengan berbagai bentuk, warna sedang membumi, dimedia sosial mudah sekali menemukan akun yang penuh dengan postingan cabe hias. Anda telaten, anda akan sukses menggarap bisnis ini. Cabe hias memiliki nama-nama unik dan dan bentuk yang menawan.

14.  Tanaman aeroponik

Tanaman sistem aeroponik ini memang lebih rumit dibanding sistem hidroponik, namun anda tetap bisa mempelajarinya dan terjun diceruk yang masih sepi pelakunya.

15.  Bisnis agrobisnis di internet

Okeeey,  anda bisa membuat ebook atau tutorial tentang agrobisnis, atau bisa berjualan secara dropshipping di dunia virtual, tentunya anda harus punya situs online seperti website atau mengikuti mailing list dan memiliki onlineshop. Hal lainnya anda bisa membuat pelatihan agrobisnis online, tentu saja obyek pelatihan yang anda kuasai, siapa tahu anda diundang oleh institusi dan komunitas yang berhubungan dengan skill anda seperti yang sudah penulis lakukan.

Jamur Shiitake

Nah, gimana kalau lahan dibelakang rumah anda cukup luas !!! misalkan 20m x 30m atau 30m x 40m dan anda menginginkan sebuah bisnis dengan profit yang lebih tinggi. Nah, kami dalam sebuah kesempatan mengirimkan sampel jamur shiitake ke Jepang, eh kontributor kami di Tokyo mengabarkan bahwa sample jamur shiitake yang dikirim itu diminati oleh oleh orang-orang Jepang, hal ini dinyatakan oleh importir asal jepang membutuhkan minimum 20 ton perbulan dan beberapa bulan berikutnya kami didatangi oleh importir tersebut dan agar men-sosialisasikan untuk berbudidaya jamur shiitake yang konon rasanya seperti daging serta memiliki kandungan gizi tinggi dan berkhasiat meningkatkan kekebalan tubuh. Jika anda berminat dengan jamur shiitake ini silahkan memulainya. Kami siap menampung dengan harga sesuai dengan harga ditingkat petani saat itu.

Kandungan nutrisi jamur shitake segar
Kadar air 92,8 g
Protein 1,5 g
Lemak 0,4 g
Gula 5,4 g
Serat 0,6 g
Abu 0,3 g
Kalsium 8 mg
Fosfor 39 mg
Besi 0,7 mg
Kalium < 0,1 mg
Natrium 0,1 – 0,9 mg
Magnesium < 0,1 mg
Niasin 4,6 mg
Asam askorbat 3 mg
Pro vitamin D-2 < 0,1 mg
Tiamin 7,8
Riboflavin 4,9
Niasin 54,9
Vitamin C 0
Kalsium 12
Fosfor 171
Besi 4,0
Isoleusin 218
Leusin 348
Lisin 174
Metionim 87
Fenilalanin 261
Tirosin 174
Treonin 261
Valin 261
Arginin 348
Histidin 87
Alanin 305
Aspartat 392
Asam glutamate 1,349
Glisin 218
Prolin 218
Serin 261

Kandungan nutrisi, sumber dari ratraagro.blogspot.co.id

Langkah-Langkah memulai budidaya jamur shiitake

Pelajari semua tekniknya dengan mengikuti pelatihan jamur, membeli buku-buku tentang jamur, mendatangkan ekspertnya, mengunjungi petani jamur shiitake yang telah sukses (benchmarking) dan memastikan bahwa anda menyintai kegiatan ini dan jangan lupa berdoa kepada Allah SWT.

Sipkan … !!! , sembari turut serta melestarikan ciptaan Tuhan, selamat memilih berbisnis di 15 Bisnis Agrobisnis Dari Halaman Rumah dan bisnis jamur shiitake yang marketnya masih menganga lebar.

 

cacing lumbricuus   kandang5

 

 

Bacaan lain

Trik Cara Membuat Hormon Metil Testosteron

Organik Untuk Kehidupan

Untungkah Bisnis Tanaman Hias ?

Gaya Hidup Sehat Dengan Buah

Kaum Wanita Sebaiknya Mengetahui Ini

Ingin Awet Muda Dan Sehat, Tumislah Ini

Menyanyi, Obat Hati Yang Galau

Subak, Irigasi Ala Bali

15 Bisnis Agrobisnis Dari Halaman Rumah

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>