«

»

Sep 20

19 saran berbisnis

19 Saran berbisnis

Oleh   :Hadi Winarto

Memuncaki sebuah sukses dapat diperoleh darimana saja, sukses bisa  didapat melalui pendidikan, pengalaman maupun tempaan hidup. Setiap individu memiliki jalan hidup sendiri-sendiri  namun dari sang Illahi, sang pencipta mutlak menggariskan > MANUSIA BERHAK MENYELESAIKAN KARYA CIPTAANNYA SENDIRI.

Sukses setiap bisnis juga memiliki ceritanya sendiri-sendiri di setiap individu. Sukses, tidaklah penting harus menciptakan sesuatu yang baru atau menemukan sebuah inovasi dan berhayal penemuan anda akan berfaedah bagi orang lain. Itu memang bagus namun anda juga bisa sukses dengan memperbaiki kualitas karya orang lain. Sebuah mobil super canggih berasal dari mobil kayu sederhana beberapa abad yang lalu dan perbaikannya dilakukan oleh ribuan orang dan melewati beberapa generasi.

Begitulah, kita bisa sukses dengan cara kita sendiri, sebuah karya bisa saja tercipta tanpa anda rencanakan. Beberapa penemuan membutuhkan pengorbanan waktu, tenaga, biaya dan fikiran akan tetapi kita kerap membaca sebuah karya dilakukan tanpa disengaja. Semua orang pasti pernah melakukannya.

Demikian juga dalam sukses berbisnis, anda bisa menggunakan skill anda atau menggunakan sejumlah modal, ilmu pengetahuan atau lingkup pergaulan. Lingkup pergaulan dalam berbisnis adalah faktor yang paling signifikan. Anda tidak bisa mengeluhkan karena ketiadaan modal.

Saya bisa saja menuliskan sebuah daftar panjang tentang orang-orang yang sukses bahkan super sukses dengan memulai bisnis tanpa modal atau saya juga bisa memaparkan ada ribuan orang yang gagal total dan menderita kerugian ratusan juta rupiah bahkan milyaran, nah, orang yang seperti ini gagal karena ‘manja dan aleman’ disebabkan uangnya. Jika anda memulai usaha tanpa menggunakan modal sepeserpun anda akan menjadi tangguh, tabah, sabar, kuat dan anda sebenarnya sudah menjelma menjadi seorang petarung.

Secara garis besar kami merangkumnya dalam 19 definisi umum dibawah ini.

19 saran untuk meraih sukses berbisnis :

1. Kenali apa yang bisa anda lakukan. Ini adalah suatu kekuatan yang paling hebat. Kemampuan mengenali apa yang bisa anda lakukan tidak akan bisa dirampas kemampuan itu dari anda.
2. Promosikan kehebatan bisnis anda, ingatlah, kompetitor anda juga menjual kehebatan anda. Perlukah bisnis anda memiliki tagline, jargon, motto atau brand produk ? ini penting untuk menunjukkan ke ‘khas’ an produk anda, pelanggan mesti harus diingatkan jika melihat sebuah produk mereka mengenali produk anda karena anda membuat diferensial, motto, design, pewarnaan dan style khusus yang anda ciptakan.
3. Bersainglah, katakan betapa bagus produk anda, jangan menghina pesaing anda.
4. Ingatlah kesejahteraan langganan anda bukan kesenangan anda
5. Beri penghormatan yang tulus kepada langganan dan agen penjualan anda.
6. Jangan meremehkan pelanggan yang secara finansial kurang mampu. Langganan yang kurang mampu akan menjadi batu sandungan bisnis anda, akan menjadi kerikil tajam yang akan melukai anda.
7. Fikirkan kebutuhan agen anda kemudian tentukan tahapan menentukan kebutuhan mereka.
8. Jaga pelanggan anda, jangan sampai berpaling.
9. Jangan menurunkan standar pelayanan anda. pernahkah anda mendengar komentar sinis bisnis goreng pisang atau martabak ? ‘mentang-mentang merasa sudah memiliki pelanggan terus ukurannya dikurangi’ begitu ungkapan sering terucap dan anda mesti menyikapi dengan bijak.
10. Menjual dengan kualitas terbaik adalah pertaruhan anda.
11. Katakan pada mereka :
1. Produk ini menghemat pengeluaran anda
2. Saya bisa membantu meningkatkan penghasilan anda.
12. Ingat : kompetitor anda akan menawarkan barang yang lebih murah.
13. Jangan berhenti berimprovisasi mengenai teknik menjual.
14. Angkat diri anda menjadi manager marketing, ajak semua orang menjadi manager marketing.
15. Kembangkan reputasi anda sebagai pebisnis yang baik hati
16. Tidak ada jalan pintas, anda harus bekerja selama 24 jam.
17. Berikan lebih banyak kepada pelanggan anda daripada yang diberikan kompetitor anda. Anda harus mengenal benar apa yang anda lakukan. memberikan lebih baik dibandingkan dengan kompetitor anda, maksudnya adalah memberikan lebih baik sama dengan anda mempertahankan bisnis anda dalam jangka panjang. Anda akan gugur atau lawan anda yang akan terkapar. Terkadang kehidupan ini memang kejam namun anda bisa melakukannya tanpa melawan hukum, baik hukum moral maupun melanggar peraturan. Cara yang terhormat dan elegan menjalankan bisnis adalah dengan cara : anda harus selalu melayani.

18. Berikan nilai yang lebih baik daripada jumlah yang telah mereka bayar
19. Pesaing anda juga harus anda hormati

Seorang manager disebuah perusahaan di Amerika membuat peraturan kepada semua karyawannya dan menempelkan banner disetiap sudut ruangan :

Peraturan 1  : Pelanggan adalah raja

Peraturan 2 :  Jika belum anda laksanakan, lihat peraturan 1.

Sebuah perusahaan BUMN di Indonesia beberapa waktu yang lalu mengingatkan karyawannya dengan sebuah intern tagline : ‘SEMUA KARYAWAN ADALAH MANAGER MARKETING’

Anda bisa memulai dengan cara sederhana seperti yang dilakukan sebuah BUMN yang melayani transportasi publik : Mengubah hingar-bingar pedagang asongan, menertibkan hiruk-pikuk para pengamen, menyingkap tabir gelap percaloan, meningkatkan kesejahteraan SDM, hingga hari ini terlihat taman-taman yang asri, lantai-lantai bersih, kamar kecil semerbak mewangi, seluruh ruangan penuh dengan informasi yang dibutuhkan pelanggan, itulah PT. KERETA API INDONESIA.

Semoga bermanfaat, terima kasih

Content tentang PT. KAI , bisa anda klik link ini : KERETA API INDONESIA

PP booster fish

 

19 Saran berbisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>