«

»

Oct 19

23 Tanda-tanda Pemenang

23 Tanda-tanda Pemenang

  1. Penuh semangat dan optimis

Kompetisi kehidupan selalu dimenangkan oleh orang-orang yang memandang kehidupan dari sisi yang positif. Jika mental anda negatif, anda akan mudah terserang penyakit. Penyakit fisik juga berkaitan dengan kondisi mental yang tidak baik. Ini adalah sebuah kisah senda-gurau tapi  memiliki makna yang sebenarnya.

Teman saya pebisnis sukses berkata: “Belasan tahun saya berusaha jadi orang sukses, tapi selalu gagal. Belakangan saya merombak cara saya berfikir, saya mengubah pandangan saya, saya berniat menjadi orang yang gagal. Dan keajaiban terjadi, dalam waktu singkat saya berhasil”.

Teman saya itu belajar dari kegagalan dan dia tahu sekarang bagaimana mencium harumnya bunga ros tanpa terluka oleh durinya.

  1. Selalu ingin bertindak

Mengenali orang seperti ini biasanya mereka selalu dipusat kegiatan. Mereka tidak mau berpangku tangan mengawasi kesibukan orang lain. Tidak mau jadi penonton dan ingin terlibat secara aktif.

  1. Mampu memecahkan masalah

Sang pemenang selalu menemukan jalan keluar tebaik menyelesaikan suatu masalah. Bagian yang tersulit untuk memecahkan masalah adalah : memulai.

Seorang senior agrobisnis pernah berkata pada saya : “Jangan sibuk dengan rencana, lakukanlah sekarang, bila tindakanmu salah, kamu masih bisa memperbaikinya. Suatu rencana buruk yang dilakukan jauh lebih baik daripada rencana hebat yang tidak pernah dikerjakan sama sekali.

  1. Berwibawa

Jika mengambil tanggung jawab dalam situasi sulit anda akan menjadi berwibawa dihadapan orang lain. Kewibawaan akan memudahkan anda mengendalikan dan merencanakan sesuatu.

  1. Tekun dan ulet

Ketika orang sudah ingin menyerah dan berhenti melakukan anda tetap melaksanakan dengan teguh anda berpotensi menjadi pemenang.

  1. Berpandangan luas

Jika anda gemar membaca, gemar mencari gagasan baru anda adalah orang yang paling dicari untuk dimintai pendapat, diminta untuk bekerjasama. Anda adalah orang yang paling tepat untuk dipromosikan jika anda bekerja pada suatu perusahaan. Anda adalah pemenang.

  1. Memiliki ingatan yang baik

Menerima informasi dan menyimpan info itu dengan baik menjadi suatu yang bermanfaat bagi anda. Ingatan baik akan menempatkan anda orang yang pertama yang mencetuskan idea brilian.

  1. Kreatif

Kreatif identik dengan cepat bertindak. Orang yang kreatif tidak suka pada zona aman atau mengikuti aturan baku yang mungkin saja sudah jadul karena tidak sesuai eranya. Kreatifitas adalah lawan dari status quo. Kreator selalu mencari tingkat efesiensi sebuah pekerjaan.

  1. Berani bertanggung jawab

Keberanian memikul tanggung jawab akan membentuk anda menjadi orang yang karismatik. Kebanyakan orang lari dari tanggung jawab justru akan menjadi pecundang dibelakang hari. Memegang kendali apalagi dalam situasi sulit Dan anda akan menjadi orang lebih dihormati.

10. Mampu mengendalikan situasi

Selalu mengambil inisiatif adalah cara kemampuan mengendalikan situasi. Lawan dari inisiatif adalah memaksanakan kehendak, ini berbeda, dalam sebuah komunitas selalu ada seseorang yang memiliki inisiatif untuk kemajuan bersama, disisi lain selalu ada orang yang gemar memaksakan kehendak. Pemenangnya adalah mereka yang memiliki inisiatif.

11. Memiliki citra diri positif

Berpura-pura menjadi orang lain adalah sesuatu yang keliru. Anda jangan membohongi diri sendiri. Anda harus bangga dengan diri sendiri dan pekerjaan anda sendiri dengan tetap menerima pandangan orang lain. Orang yang gagal selalu menjadi orang lain.

12.  Menjadi teladan bagi orang lain

Kualitas pribadi anda akan mempengaruhi pekerjaan, tindakan bawahan anda. Seorang pemamimpin akan menjadi teladan bawahan anda. Keteledanan mencakup keberanian, integritas, kebijaksanaan sense of social, kearamahan dan lain sebagainya, ini tidak mudah.

13. Memiliki motivasi diri

Perolehan sebuah prestasi jika seorang pemenang mampu ber-orientasi pada target.

Ini contoh kisah klasik yang sering terjadi dilingkungan kita.

Tomo dan Tomi adalah asisten supervisor disebuah perusahaan, direncanakan akan diipromosikan menjadi supervisor. Keduanya memiliki tingkat kecakapan  sama dan pendidikan yang sama. Ketika wawancara berlangsung Tomo menyatakan akan menjadi supervisor terbaik diperusahaan ini dan memang begitu adanya, Tomo menjadi supervisor hebat.

Tomi, Saat ditanya tentang sasaran jabatannya, Tomi menjawab: “saya ingin menjadi Direktur Utama Perusahaan ini.’’  20 tahun kelak, Tomi memang menjadi Direktur Utama. Tomi telah melakukannya. Beri kesempatan kepada diri anda untuk mencapai keberhasilan, jangan takut mengambil resiko.

14.  Memiliki percaya diri yang tinggi

Jika anda kurang percaya diri, orang lain niscaya kurang percaya kepada anda. Demikian hukum ini berlaku. Lihatlah seseorang di kota anda, ada dokter yang sukses, baik moril maupun materil atau seorang perantau  yang sukses berjaualan bakso dengan omset jutaan rupiah perhari. Lihatlah caranya bersikap, mereka tidaklah cerdas tapi mereka memiliki percaya diri yang tinggi.

15.   Tegas dan bertindak

Apa awal dari kegagalan ? salah satunya tidak memiliki ketegasan, Presiden AS, Harry Truman berkata : “Seseorang harus membuat keputusan disini.”

16.   Memiliki pertimbangan yang bijaksana

Tiga hal awal yang diperlukan agar anda menjadi bijaksana

  1. Pintar memperkirakan situasi
  2. Tidak tergesa-gesa
  3. Menggunakan akal sehat

17.   Dihormati

1.   Pemimpin yang dihormati adalah mereka yang bisa memanfaat peluang yang

menawarkan tanggung jawab lebih besar.

2.    Pekerjaan kecil maupun besar diselesaikan dengan baik.

3.   Menerima krikik dan jujur mengungkapkan kesalahan yang diperbuat.

4.   Bertanggung jawab atas kegagalan yang dibuat anak buah.

18.   Meminta dikritik dan mengakui kesalahan

Jika bawahan anda meminta memeriksa pekerjaannya berharap anda melihat dan menunjukkan kesalahannya. Apa anda mengira ini kemauannya sebenarnya ? tentu tidak, dia justru menginginkan pujian dan anda harus mengatakan pekerjaannya itu bagus dan besoknya anda akan menemukan bawahan anda akan lebih hebat lagi pekerjaannya. Bawahan seperti ini layak dipertimbangkan promosinya. Meminta dikritik adalah sesuatu yang membutuhkan keberanian.

19.   Mau mendelegasikan wewenang

Anda pekerjaan kecil dan sepele tetap anda kerjakan, nah pertimbangkanlah jika suatu saat kelak karyawan-karyawan anda yang rajin dan pandai dan ingin maju akan meninggalkan anda. Karyawan yang bodoh dan malas tetap menjadi bawahan anda dan membiarkan anda melaksanakan semua pekerjaan.

20.   Melaksanakan perintah dengan baik

Jika anda pemilik suatu usaha tetap saja anda tidak bisa berbuat seenaknya, bahkan Presiden  atau Perdana Mentri juga memiliki atasan, lihatlah tulisan didinding disebuah toko yang dipasang pemiliknya :

ATURAN NO.  I : PELANGGAN ADALAH RAJA

ATURAN NO. II : JIKA PELANGGAN SALAH, LIHAT ATURAN NO.I

21.   Komunikator yang baik

Jika anda memberi informasi yang lengkap kepada bawahan anda mereka akanselalu menyampaikan informasi yang lengkap kepada anda. Dan anda adalah komunikator yang baik.

22.   Memiliki progres pekerjaan

Jika seseorang berkata atau anda : “Pekerjaan ini sudah tidak menantang lagi,” atau “tidak ada hal baru yang bisa saya kerjakan.”

Seorang pemenang tidak pernah kehabisan gagasan, seorang pemenang selalu menantang walaupun esok hari dia sudah menerima surat tanda pensiun. Seorang pemenang sejati tidak pernah menunggu seseorang untuk memberi perintah.

23.  Fokus dan menjalankan mimpi

Para pemimpi menjalani hari-harinya dengan menatap masa mendatang, sedangkan kaum pecundang menenggelamkan diri dalam buaian masa-lalu dan menangisi peluang dan berkata,” seandainya… seandainya dulu…,”

Einstein berkata :”IMAGINASI ADALAH SEGALANYA, DIA MERUPAKAN PERTUNJUKAN AWAL  DARI ATRAKSI KEHIDUPAN MENDATANG.”

tumpukan buku

23 Tanda-tanda Pemenang

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>