«

»

Oct 22

Air ideal Untuk Habitat Ikan (2)

Air ideal Untuk Habitat Ikan (2)

Dalam puluhan diskusi, seminar, pelatihan dimana-mana baik oleh senior atau junior yang menggeluti budidaya udang, nila, patin, bawal, gabus, lele, gurame, ikan betutu pasti kita akan mendengar atau terjadi dalam tanya jawab maupun wawancara yang kami lakukan, begini bunyinya :

Pak, saya sepanjang perjalanan dalam beternak ikan, terus mencari dan mencari bagaimana caranya mengatasi agar bisa membuat pakan murah karena pakan yang dibeli dari pabrik sangat mahal, patutlah memang karena pakan pabrik distribusinya berjenjang sehingga harga dipeternak sudah mahal.

Pak, dengan penambahan vitamin dan suplemen dan premix saya berharap mampu meningkatkan kwalitas pakan sehingga di dapat FCR lebih ditekan lagi.

Pak, saya tidak berhenti melakukan inovasi, berbagai pelatihan selalu saya ikuti terutama bagaimana membuat pakan probiotik yang mampu meningkatkan kesehatan dan daya tumbuh ikan.

Pak, berbagai racikan, formulasi dan dosis untuk pakan sudah saya uji coba dan berbagai teknik pembuatan pakan baik dengan sistem fermentasi dan lainnya sudah dan hasilnya … bla … bla … bla …

Demikian yang sering kita dengar dalam tiap perbincangan dimanapun. Tapi sedikit sekali pemerhati yang berbicara panjang lebar tentang mutu air, jarang terjadi seseorang mengupas secara detail bagaimana air sebagai habitat biota makhluk hidup dijadikan standard performance dalam memulai berbudidaya ikan. Air, adalah sebuah kompleksitas, air, disana mampu diurai dalam ribuan halaman karya tulis. Air bisa diurai dari jenis, sifat, bentuk, warna dan lain-lain.

Air ideal Untuk Habitat Ikan (2)

Dibawah ini boosterfish.com mencoba memberi sedikit gambaran bagaimana air media atau habitat biota (kehidupan hewan air) dan faktor-faktornya.

FISIKA
fisika air terbagi dalam 3 karakter yaitu

  1. Suhu air

Suhu air bergantung lagi terhadap faktor lainnya seperti altitude (ketinggian) kadar oksigen, pH, temperatur dan kedalaman air.

  1. Kecerahan air

Kecerahan atau sebutan lainnya adalah transparansi air atau daya tembus sinar surya didalam air. Kecerahan ditentukan jumlah tumbuh plankton.

  1. Kekeruhan air

Kekeruhan air yang tepat (setiap ikan berbeda kebutuhannya) mampu meningkatkan daya tumbuh ikan, menahan intensitas matahari yang ekstrim.

Ke-3 unsur ini yang menentukan budidaya ikan akan optimal atau gagal.
Kimia
ukuran faktor kimia air meliputi seperti oksigen (O2), ion hidrogen (pH), karbon dioksida (CO2), amoniak (NH3), asam sulfida (H2S), nitrogen dalam bentuk nitrit (NO2-N) dll dsb.
Gambar dibawah ini adalah hasil uji laboratorium terhadap kemampuan mesin ATM (agroculture Treatment Machine) terhadap bakteri salmonella, e-colli dan colli form. Dalam uji lab diambil sampel 2 kolam ikan lele. Kolam yang ke-1 tidak ditreatment (perlakuan) dengan mesin ATM dan kolam yang ke-2 dilakuakan treatment dengan mesin ATM. Hasilnya bisa dilihat bagaimana bacteri colliform yang awalnya 460 cpu per 100 ml menjadi 93 cpu, salmonela dan e-colli menjadi negatif. perubahan yang signifikan. disinilah kenapa mutu air tanpa bacteri pathogen membuat ikan lebih tumbuh antara 25%-40% lebih cepat.

Hasil lab mesin ATM pada air kolam pembesaran

ujilab2

Hasil lab mesin ATM  pada air kolam indukan lele

labor atm-k

Hasil lab mesin ATM  pada pengolahan lele asap organik

lele endah labor

Artikel ini adalah kelanjutan artikel berjudul  Air Ideal Untuk Habitat Ikan

 

Kata kunci

pakan ayam

pakan organik

pakan alternatif

membuat pelet apung

pakan ikan lele

Air ideal Untuk Habitat Ikan (2)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>