«

»

Oct 20

Air kolam Anda, Sterilkah

Air kolam Anda, Sterilkah

Oleh Hadi Winarto

Di Facebook, curhat dan keluhan tentang budidaya ikan terutama budidaya lele adalah

”Bagaimana mengatasi agar air kolam tidak bau. ”

Tulisan dibawah ini semoga bisa menjadi jalan keluar problem air kolam anda. Naskah ini bersifat normatif, anda sendiri yang harus membuat analisa bagaimana agar air kolam tidak bau, bebas bakteri dan ikan tetap sehat. Karena pembahasan naskah dibawah ini bersifat umum bahkan cenderung pesan artikel ini juga untuk penanganan untuk air bersih yang bisa dikonsumsi manusia. Jika bisa dikonsumsi manusia tentu air ini bisa dikondisikan sebagai habitat yang ideal bagi biota ikan air tawar.

Ayoo, langsung deh.

Bahan Organik Peningkat Mutu Air

  • Kelor

Kelor, ambil biji yang tua. Tumbuk, Jadikan serbuk, dan akan berubah menjadi ”bubuk sakti” bagi kolam kolam anda. Tabur ke tandon atau kolam pematangan. Tepung biji kelor ini akan mengubah kolam keruh jadi kolam jernih, NWS deh, atau Natural Water System. Biji kelor merubah partikel tanah dan unsur logam menjadi air bersih layak ikan. Partikel tepung buah kelor memiliki kadar atau zat aktif rhamnosyloksy-benzil-isothiosianate, yang bisa menetralkan partikel lumpur (sludge) dan logam yang terkandung dalam air. Bubuk sakti ini ampuh mengendapkan kandungan unsur logam dalam air.

Rebus 50 gram tepung biji kelor ke dalam 1 liter air, didihkan dan saring. Air kelor ini dapat digunakan untuk menjernihkan air. Hemat dan aman dibanding menggunakan tawas. Menggunakan kelor untuk air kolam akan membantu kwalitas air.

Kadar besi (Fe) dari 4,46 mg/l, setelah ditreatment oleh tepung kelor ini menurun menjadi 1,44 mg/l. Kandungan tembaga (Cu) 2,12mg/I menjadi 1,30mg/l, kandungan logam mangan (Mn) yang semula dari 3,24 mg/l menjadi 2,04 mg/l. Bagaimana aplikasinya . Agar keamanan terjaga atau kuatir bubuk kelor mengganggu unsur lain yang ditebar dikolam seperti pupuk kolam, probiotik, enzim atau obat-obatan. Buatlah bak filter atau kolam tandon atau kolam karantina untuk pematangan air dengan meningkatkan mesin peningkat O2 seperti aerator dan nanobbuble, mesin utuk penstabil temperatur dan pembunuh bakteri pathogen seperti mesin ATM (Agroculture Treatment Machine), mesin pompa untuk resirkulasi. Cara ini sekaligus menghemat mesin-mesin agar tidak perlu ditaruh mesin-mesin. Satu kolam satu mesin menjadi boros. Air kolam sebaiknya ter-integrasi satu sama lain. Kelemahan sistem ini hanya satu Satu Air kolam rusak, rusak semuanya.

  • Arang aktif atau karbon aktif

Arang aktif berfungsi untuk menyerap amniak dan menyerap aroma bubuk kelor . partikel feses dan kotoran yang di dalam air akan menyatu dan mengendap, sehingga air menjadi jernih, buang lewat central drain.

  • Kulit pisang

Kulit Pisang, kulit pisang apa saja, bisa juga mengurangi bau air kolam. Tetap perlakuannya sama ditaruh di bak filter resirkulasi. Untuk penyaringan, kulit pisang bisa diandalkan karena mampu menyerap logam dan timbal. Kulit pisang cukup di potong kecil-kecil lalu dimasukkan dalam air. Serat kulit pisang akan menyerap logam dan timbal.. Timbal (Pb), menghambat proses fotosintesis. Logam tembaga (Cu) dalam tubuh bisa memicu pengerasan hati (sirosis) dan kerusakan ginjal.

  • Mata lele atau kiambang

Mata lele atau kiambang merupakan biota air penjernih air sederhana. di sebutkan proses fotosintesis diperoleh dari tanaman air ini.

  • Kangkung

Kangkung memiliki potensi untuk menjernihkan air kolam sebagai tempat perkembangbiakan nyamuk, hewan malam dan jasad renik, cocok jika anda beternak lele karena adalah hewan menyukai pakan hewani tinggi protein. Kangkung menyerap zat-zat yang terkandung didalam air. memiliki kemampuan lebih cepat dalam menjernihkan air. Kangkung dapat ditanam ditempat yang airnya tercemar limbah Sehingga air tersebut menjadi lebih steril. Mengurangi pencemaran air sebagai sarang penyakit.

  • Eceng gondok

Fungsi eceng gondok menyerap fosfat dan amoniak. Karakter eceng gondok adalah fitoremediasi atau tumbuhan yang menyerap polutan. 20 tanaman eceng gondok mampu men steril kan air sebanyak 1000 liter air atau kolam ukuran panjang 100cm dan lebar 100 meter. Tapi eceng gondik yang ditanam dikolam khusus disistem resirkulasi kebutuhan eceng gondok menjadi 25%. Akar eceng gondok menghasilkan zat alleopathy yang berperan sebagai antioksidan dan mengurangi bakteri salmonella, vibrio, e-colli dan colli-form, mampu menurunkan kekeruhan sebanyak 120 gram per 1000 liter. Sinar matahari dapat menembus air. Meningkatkan kwalitas air karena proses fotosintesa. Menyerap logam berat dan pestisida. Akar eceng gondok mengirimkan zat klorofil kekolam dan secara biologi bertindak sebagai penjernih. Eceng gondok peka terhadap keadaan yang unsur haranya minimum.

Air kolam Anda, Sterilkah, cara lain meningkatkan mutu air atau cara menjernihkan air dengan biaya murah. Cara sederhana untuk memperoleh air bersih (bisa untuk air minum konsumsi manusia dan bisa untuk kolam ikan. Dengan cara, gini.

  • Aerasi, aerasi adalah proses pemurniandengan cara mengisikan oksigen ke dalam air. Dengan mengisi O2 ke dalam air maka zat-zat seperti karbondioksida, hidrogen sulfida dan metana yang bisa mengurangirasa dan bau dari air. Partikel mineral yang terlarut dalam air seperti mangan, besi teroksidasi dengan cepat. Prosesnya disebut sedimentasi.. Saringan tradisional lain ini menggunakan pasir, batok kelapa, ijuk,pasir, kerikil dan bebatuan. Cara ini, kotoran dalam air akan ditangkap, menumpuk dan menyumbat permukaan filter.
  • Indikator air yang tercemar.

Warna

Warna air kekuningan, tercemar kromium.

Warna merah kekuningan, tercemar zat besi. Atau kadar zat besi tinggi.

Warna merah kecoklatan, tercemar lumpur, tercemar oleh koloid.

Rasa

Rasa pahit, tinggi kadar timah, besi, alumunium,sulfat dan kadar kapur.

Rasa sabun, tercemar deterjen, alkali, natrium bicarbonat.

Rasa air payau, kadar garam tinggi.

  • Uji mutu air secara sederhana.

Menguji kekeruhan, berwarna dan berbau dapat langsung diseteksi dengan panca indera. Namun air yang terlihat jernih belum tentu aman. Untuk mengetahui jumlah bakteri patogen uji laboratorium lah jalan keluarnya. Analisa laboratorium akan menghasilkan data komplit.

Terima kasih

Link terkait

Mata Lele Untuk pakan Lele
Air Ideal Untuk Habitat Ikan
Air Ideal Untuk Habitat Ikan (2)

tumpukan buku

Air kolam Anda, Sterilkah

2 comments

  1. fitflops

    I have to convey my gratitude for your kind-heartedness giving support to those people that absolutely need help with this one content. Your special dedication to passing the message up and down ended up being wonderfully useful and have constantly allowed men and women much like me to arrive at their objectives. Your personal informative information can mean much to me and far more to my mates. Many thanks; from everyone of us.

  2. adidas ultra boost

    This site is really a stroll-by way of for all of the information you needed about this and didn抰 know who to ask. Glimpse right here, and you抣l undoubtedly discover it.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>