«

»

Nov 29

Alat Ukur Air Untuk Budidaya Ikan

Alat Ukur Air Untuk Budidaya Ikan

Oleh : Hadi Winarto

Dua kutub, dua pendapat, pro dan kontra, ini yang terjadi didunia perikanan cara memandang untuk apa fungsi alat ukur air. Sebagian ber-opini tidak perlu memiliki alat ukur karena pemakaiannya hanya sesekali dan alasan lainnya adalah alat ukur hanya menghamburkan uang karena relatif mahal. Disisi lain beberapa peternak menganggap alat ukur adalah alat vital yang berguna ketika memulai beternak.

Inilah alasan bagi yang berpendapat bahwa alat ukur penting dimiliki oleh setiap peternak :

Air selalu berubah-rubah bentuk, sifat dan kualitasnya tergantung musim, lingkungan dan sumber air.

Alat ukur air berguna untuk menentukan atau menyesuaikan habitat ideal bagi ikan yang akan diternakkan.

Sebelum benih ditebarkan yang airnya sudah diteliti dengan alat ukur akan menghasilkan produktifitas yang lebih baik dibandingkan beternak tapi tidak diketahui kandungan air kolam seberapa bagus kualitasnya.

Kontrol yang baik atas kualitas air dengan alat ukur akan diketahui komponen apa saja yang terkandung dalam air seperti unsur hara, jumlah kebutuhan antibiotik, probiotik dan bahan-bahan penunjang seperti dolomit, kapur, pupuk, jasad renik (mikro organisme) pakan alami buatan, algae dan lain-lain

Penulis berpihak kepada pandangan bahwa alat ukur itu penting.  Dan seyogyanya peternak memiliki beberapa alat ukur untuk kepentingan budidaya dan minimum ada 6 unsur dan nama alat ukurnya dan prakiraan harganya.

 

Alat Ukur Air Untuk Budidaya Ikan

pH air

pH air, alat ukurnya disebut pH Tester, sekarang harga pH tester sangat murah antara Rp.150 ribu hingga Rp.600 ribu.pH air diartikan dengan derajat keasaman, nilai optimum untuk habitat ikan adalah 6,5-8, angka ini disebut netral, angka ini antara karbondioksida dan kadar oksigen dalam status seimbang. pH air diangka ini akan menumpas beberapa bakteri dan sulit berkembang biak. Disinilah musti diketahui juga bahwa pH air setiap  saat berubah-rubah dipengaruhi banyak faktor misalnya asupan dan kualitas pakan, suhu air, air hujan mengakibatkan pH air akan menurun dan biasanya kolam yang sesudah diguyur hujan segera diganti minimal 50%. Kualitas bisa dipilah menjadi 2 bagian yaitu air yang baik dan air yang buruk atau air yang subur atau air yang mandul. Air yang pH nya rendah akan menyerap fosfat dan menurunkan mutu air. Nah pH tester akan membantu anda dalam menganalisa derajat keasaman air.

Salinitas

Alat ukurnya disebut Salinity Meter, harganya kurang lebih sama dengan pH Tester.

Salinitas yaitu total kandungan garam terlarut dalam air. Satuan ukuran salinitas dinyatakan part per thousand (ppt). Tiap ikan memiliki kandungan garam yang berbeda. Air menurut typenya dapat dibagi air tawar (aquacultutre), air payau (setengah asin) dan air asin (laut)

Dissolved Oxygen (kadar oksigen)

Alat ukurnya disebut DO Meter, harganya berkisar Rp.300 ribu sd Rp.1,5 juta.

Ikan sama halnya dengan makhluk hidup lainnya membutuhkan oksigen, ikan untuk mendapatkan oksigen dengan dua cara yaitu oksigen yang terlarut dalam air dan oksigen yang diperoleh dari udara. Oksigen digunakan untuk menghasilkan energi dan energi digunakan untuk melakukan reproduksi, pertumbuhan dan melakukan aktifitas (gerak). Jumlah oksigen yang terlarut dalam air satuan pengukurannya dinyatakan dengan part per million (ppm), besaran ideal dissolved oxygen untuk ikan pada angka 4 ppm-7,5 ppm, potensi DO bisa berasal dari udara, proses fotosintesa tumbuhan dalam air seperti ganggang, algae, plankton, spirulina, kadar mineral . Jumlah oksigen yang ada dalam air bisa ditentukan oleh suhu air (temperatur) oleh suhu udara dan besaran arah angin.

Cara meningkatkan kadar oksigen dengan berbagai cara :

–  Untuk siang hari kadar oksigen diperoleh dari sinar matahari.

–  Membuat aliran air (air bergerak terus menerus dengan membuat pintu masuk air dan pintu keluar air)

–  Membuat kincir air.

Alkalinitas (alkaline)

Alkalinitas, alat ukurnya disebut Turbidity Meter, harganya sama halnya denga pH Tester.

Alkalinitas adalah kapasitas air untuk menetralkan setiap penambahan asam tanpa menurunkan pH dan berfungsi sebagai penyangga (buffers) terhadap pengaruh tingkat keasaman.

Alkalinitas disebabkan ion bikarbonat (HCO3-), karbonat (CO32-), hidroksida (OH) dan ion lain dengan  jumlah sedikit.

Kekeruhan Air

Level kekeruhan air bisa dilihat dari populasi plankton dalam air, diukur dengan menggunakan alat yang dinamakan secci disk atau Turbidity Meter . Kecerahan terbaik antara 30 – 40 cm, karena pada ketinggian itu populasi plankton dan merupakan pakan alami bagi ikan. Tingkat kekeruhan bisa diatur dengan cara mengganti sebagian air maupun kesemuanya.

Suhu, alat ukurnya Termometer, harganya murah, termahal Rp.75.000.

Kedalaman air, mengetahui kedalaman air sangat penting bahkan super penting karena sering terjadi kesalahan dalam cara menghitung tebar padat hanya berpedoman terhadap luas kolam dan menghitung panjang x lebar tanpa menghitung kedalaman air. Perhitungan tebar ikan yang benar adalah jumlah volume air (liter) bukan luas kolam.

Suhu

Suhu air berperan terhadap kehidupan biota air atau jasad renik (mikroorganisme). Suhu yang berubah-rubah atau tidak tetap, perubahan yang drastis (fluktuatif) dan verbedaan suhu malam dan siang yang berbeda jauh (disparitas) mempengaruhi kehidupan hewan air baik ikan konsumsi apalagi ikan ditingkat larva.

Kedalaman air.

Berdasarkan penelitian panjang kedalaman air ideal ditingkat pembesaran lele misalnya yaitu antara 10cm – 120 cm. Air dangkal (cetek) mengakibatkan suhu air mudah berubah-rubah.

Fisika, kimia dan biologi

Air dilihat dari sudut pandang keilmuan, secara ringkas bisa dibuat rangkumannya

  • Sudut ilmu fisika

Air adalah areal atau lokasi biota air.

  • Sudut ilmu kimia

Air adalah sebagai wadah pembiakan pakan alami, unsur hara, suplemen bagi makhluk air.

  • Sudut ilmu biologi

Air bertindak sebagai infrastruktur terciptanya bahan organik (kehidupan)

Demikian, cerita tentang air bisa banyak yang dibahas, sekiranya segini dulu kelak akan saya sambung lebih luas dan detail lagi.

Terimakasih

Baca jua
Revolusi Mental Agrobisnis

sssssssss

Alat Ukur Air Untuk Budidaya Ikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>