«

»

Mar 11

Asam fitat, Penjahat Pencuri nutrisi Pakan

Asam fitat, Penjahat Pencuri Nutrisi Pakan

Dan korelasi nya dengan mutu pakan ikan dan ternak

Asam fitat merupakan merupakan asam lemak jenuh pada padi, jagung dan kedelai atau kacang-kacangan lainnya.
Asam fitat merupakan molekul organik yg digunakan tumbuhan untuk menyimpan cadangan fosfornya.
Asam fitat merugikan bila dikonsumsi. Menurunkan daya cerna. Jika daya cerna hanya 50% saja amoniak dlm kolam akan mengotori kolam, harus segera ganti air, ganti air memaksa ikan beradaptasi dengan air baru.
Udara un-steril memunculkan pathogen, e-colli, vibrio, salmonela, colli-form, virus dan jamur. Membuat lingkungan kandang puyuh/ayam/bebek polutan tinggi, tetangga protes, produksi anjlok akibat pakan hanya jadi feses.

Asam fitat tidak dapat dicerna karena tidak memiliki enzim fitase. Karena tidak tercerna, asam fitat akan keluar bersama kotoran dan tidak diserap ke dalam tubuh. Hewan ruminansia memiliki bakteri pencerna dan lambungnya yg membantu mencerna asam fitat sehingga dapat diserap ke dalam tubuhnya.

Asam fitat adalah molekul anti-nutrisi, karena asam fitat mampu mengikat mg, Ca, Zn, Fe sehingga mineral tersebut gagal diserap sistem pencernaan. Makanan yang banyak mengandung asam fitat meningkatkan resiko defisiensi.

Asam fitat memiliki daya ikat yang kuat terhadap mineral tsb. Gara gara asam fitat sulit larut sehingga mineral tdk dapat diserap dan mengganggu proses metabolisme tubuh.

Kadar asam fitat dapat dikurangi dengan pemanasan, fermentasi, ozonisasi, enzimasi.
Kedelai jadi tempe kacang ijo jadi toge. untuk indukan lele toge mempercepat matang gonad dan mengurangi kadar asam fitat. Defisiensi mineral terjadi karena kadar asam fitat meninggi.

Asam fitat, Penjahat Pencuri Nutrisi Pakan

Pak, lele saya kok tidak bisa besar padahal proteinnya sudah saya takar 42%.

Stigma yang melekat diantara kita adalah pakan bermutu tinggi karena protein yang tinggi. Sesungguhnya protein adalah sebahagian dari nutrisi bukan nutrisi ajaib.
Formula pakan lele protein 42% jika sumber pakan anda dari kulit rajungan yang kadar abunya 61% ya jelaslah terdakwa penyebab gagal panen adalah kadar abu.

Pedoman sederhana gini >

Jika untuk pakan ikan perhatikan :
PROTEIN DAN LEUSIN

Jika untuk ruminansia perhatikan :
PROTEIN DAN TDN (Total digestible Nutrient)

Jika untuk unggas perhatikan :
Protein dan energi termetabolisme

Jika bahan baku dari kacang kedele, kacang ijo, jagung tidak diproses terlebih dahulu asam fitat adalah bottle neck (penghambat). Juga berlaku juga terhadap ransum gizi manusia dan makhluk hidup lainnya.

Rumit juga ya mengolah pakan !!!

a-tutorial

Baca juga 3 artikel terbaru ini

Membangun Pabrik Pakan Didalam Kolam

Fungsi Chlorella Pada Budidaya Ikan

Chlorella : Alga Hijau Yang Fenomenal

Asam fitat, Penjahat Pencuri Nutrisi Pakan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>