«

»

Jul 13

Atraktan Untuk Pakan Ikan

Atraktan Untuk Pakan Ikan

Keterbatasan tepung ikan sebagai sumber protein memaksa pabrik skala kecil utk mencari bahan pakan alternatif.
Info terbatas mengenai komponen nutrisi pakan dan pengaruhnya pada fisiologi ikan menyebabkan gagalnya bisnis pakan disebabkan rendahnya keterimaan (palatabilitas) dan kecernaan yang rendah
terhadap pakan hingga ikan tumbuh lambat. Kualitas pakan selain ditentukan oleh energi dan kandungan
nutrisi (protein, lemak, abu, serat, vitamin, mineral, lisin, metionin dll) serta dipengaruhi oleh beberapa unsur yang bisa menstimulasi ikan untuk merespon keberadaan pakan yaitu : Atraktan.

Atraktan merupakan bahan yang di mix dlm formula pakan untuk meningkatkan asupan
pakan (food intake).
Agar ikan merespon dan pencarian terhadpa pakan lebih efisien. Atraktan akan memindai sinyal pada ikan agar mengenali pelet sebagai sumber pakan. Penggunaan atraktan pada industri pakan ikan menjadi utama.
Berpedoman pada kebiasaan ikan, seperti rangsangan, maka penambahan atraktan pada pakan akan membuat ikan terpikat, hingga waktu ikan untuk makan lebih pendek dan nilai nutrisi yang masuk dalam lambung ikan. Riset ini menguak penambahan atraktan akan mempercepat waktu konsumsi pakan dan meningkatkan pertumbuhan ikan.
Penambahan atraktan yang ideal berfungsi sisa pakan berkurang hingga air sebagai habitat ikan lebih baik.
Ikan tertarik pada pakan adalah hal penting dalam formula pakan, misalnya larva ikan pada masa awal mengkonsumsi pakan buatan bisa mati hingga 80% walaupun diberikan pakan komersil, karena rendahnya respon larva terhadap pakan.
Konsumsi pakan dipengaruhi oleh palatabilitas pakan. Atraktan umumnya dihasilkan dari asam amino bebas.
Peran asam amino bebas adalah komponen untuk memacu pertumbuhan dan sebagai sumber
energi. Pemberian asam amino bebas campuran lebih efektif daripada asam amino tunggal dan yang kurang memberikan stimulus bagi ikan.
Kebiasaan makan ikan dipengaruhi sifat campuran bahan yg terdapat dlm pakan. Perilaku makan ikan mengidentifikasi bahwa indera penciuman (indra jarak jauh) dan indera perasa (indra jarak dekat) sensitif terhadap bahan makanan yang mirip dengan pakan ikan. Indra penciuman berperan dalam pemberian isyarat untuk mengendus makanan, sedangkan indra perasa pengambil keputusan menerima atau menolak.

Atraktan Untuk Pakan Ikan

Ini kata Dr. Wawan, adik iparku :
Ikan yang lapar lebih tajam mencium bau pakan yang berkadar senyawa atraktan 0,001 mg/L.
Senyawa seperti L-asam amino merupakan mekanisme tanggap ikan terhadap pakan. Respon
sistem penciuman lebih sensitif dibandingkan
sistem perasa. Riset menuturkan kedua indra ini menghasilkan senyawa L-alanin dan L-sistin.
Atraktan memperbaiki fungsi mata, otot dan otak. Atraktan mengurangi ketidak keterimaan ikan terhadap pakan bermutu rendah.
Juga, penambahan lesitin pd pakan dengan sumber protein tepung tulang juga mampu memicu palabilitas. Keuntungan penambahan senyawa lesitin terhadap pertumbuhan dibuktikan pada umumnya larva ikan.
Cumi, (salah satu) bahan atraktan, kadar protein 83%-90%, mengandung atraktan merangsang nafsu makan dan protein hewani memiliki tingkat kecernaan tinggi serta kaya akan asam amino.

Ini kata sahabat Ir. H. Darianto, Msc, Medan :

Selain atraktan dari protein hewani, bbrp jenis tanaman akuatik juga dapat digunakan sebagai atraktan nabati, khususnya untuk ikan herbivora. Alga merupakan bahan atraktan untuk pakan ikan herbivora, karena
memiliki kadar asam amino bebas dlm konsentrasi tinggi.
Penggunaan bahan alami ekstrak tanaman yg dijadikan sebagai atraktan pd pakan dan dicoba pada ikan dan udang menunjukkan kecenderungan spesies tertentu terhadap jenis atraktan.
Uji penggunaan ekstrak daun bawang putih sebagai atraktan dlm pakan ikan nila dapat meningkatkan
kecernaan protein dan energi, serta menurunkan level pencernaan terhadap lemak dan karbohidrat, index palatabilitas meningkat dan berkurangnya limbah pakan dari 33-45% jadi 8-10% dan diperoleh keuntungan yaitu biaya pembuatan pakan rendah dan keuntungan meningkat karena FCR dapat ditekan.
Penggunaan bahan aditif alami (natural feed additive) memiliki prospek bila dikembangkan dibandingkan bahan aditif kimiawi. Meningkatkan mutu pakan berbahan utama protein nabati diperlukan penambahan senyawa atraktan dalam jumlah ideal0,3%-1%. Ekstrak tanaman juga berpotensi sbg bahan atraktan pd pakan ikan herbivora sehingga sesuai sbg komponen formula
pakan berbahan baku protein nabati.

Nah, jika ikan anda tidak lulus uji organik ?
Pakan berbasis kimia dan pengawet kimia adalah salah satu sumber penyebabnya . Disamping 9 parameter air yg sudah pernah saya tulis.

Call share Hadi, 081224217112

Atraktan Untuk Pakan Ikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>