«

»

Jun 17

Ayam broiler panen umur 27 hari

Ayam broiler panen umur 27 hari

Oleh : Muhammad Ikhsan

Script Ayam broiler panen umur 27 hari ini ditulis oleh peternak di Bali yang sukses.

Peternak dibelahan dunia manapun pasti pernah melontarkan pertanyaan

  • Berapa kilogram pakan ayam dihabiskan untuk ayam broiler 1.000 ekor sampai panen?
  • Berapa kilogram daging ikan lele, nila, gurami yang dihasikan dari 1 karung ransum yang dikonsumsi?
  • Pakan 1kg akan menghasilkan daging bebek potong berapa kg?

Pertanyaan sederhana yang terhembus dalam nafas semua peternak. Pertanyaan ringan namun tidaklah ringan direalisasikan. Setiap pertanyaan berbentuk angka pasti sulit menjawabnya, tidak ada angka pasti dalam dunia agrobisnis. Klaim seseorang yang menyatakan bahwa 30 kg pakan ikan lele akan menghasilkan 30kg ikan lele tersebutlah dengan FCR 1. 1 kg pakan menghasilkan 1 kg daging lele.

Untuk ayam broiler mampukah dipanen pada usia 27 hari dengan bobot 1,8 kg ? dengan serapan FCR 1,5. perolehan angka ini disuatu tempat dan waktu tertentu serta dalam beberapa kasus ini memang bisa tercapai atau hasil dalam satu kandang ditemui bobot 1,8 umur 27 hari dengan jumlah pakan FCR 1,5 atau 2,3kg/ekor secara mayoritas ?.  Namun hasil umum masih situasional serta tidak merata dan itupun harus dipenuhi semua variabel standard budidaya seperti kualitas bibit, memanfaatkan keunggulan mesin ATM (agroculture treatment machine), cuaca, arah angin, managemen kandang, suplemen dan unsur lain-lain.

Bagaimana jika angka ini bisa dicapai secara simultan artinya peternak diuntungkan dengan :

  • Rotasi waktu dan jumlah dalam periode berbudidaya. (secara umum dihitung dalam kurun waktu 12 bulan)
  • Dalam hitungan neraca ekonomi keuntungan akan meningkat akibat biaya operasional dapat dikoreksi lebih hemat seperti gaji SDM, rekening air, rekening listrik, alat produksi dan maintenance kandang.

Marilah kita hitung, hari ke-27 bobot ayam 1,5kg dengan FCR 1,5 atau menghabiskan pakan ayam 2,25kg, jika harga pakan Rp.6.700/ekor maka biaya Rp.10.050. Lebih lanjut lagi bagi peternak profesional juga mampu memperhitungkan berbagai parameter, kapan memulai tebar bibit hingga memperoleh harga terbaik pada waktu panen.

Bagaimana mencapainya ? baiklah, kita bahas masalah vitamin atau suplemen terlebih dahulu.

Berapa Kebutuhan Vitamin Ayam Broiler ?

Amunisi apa yang ampuh agar ayam broilernya kuat, sehat, berbobot maksimal dan tentunya profit dari sisi bisnis.

Pembuatan ransum yang dibuat sendiri oleh peternak dengan tujuan lebih hemat, pengelompokannya dapat menjadi 2 bagian.

  • Bagian yang pertama adalah bahan baku utama (master) seperti Jagung, bekatul, gaplek, kopra, pollard dan banyak lagi.
  • Bahan yang kedua adalah disebut bahan penyangga (buffers)

Untuk bahan utama semua kita sudah memahaminya dan banyak dibahas dikanal-kanal agrobisnis. Sedangkan untuk bahan penyangga atau buffers terdapat beberapa jenis diantaranya adalah premix, mineral, amino, enzim dan vitamin.

Pemakaian ransum pakan ternak khususnya ayam pedaging atau ayam broiler salah satu buffers (penyangga) atau nutrisi vitamin yang digunakan adalah choline chlorida.  Fanatisme terhadap choline ini diyakini dan dipercaya oleh kalangan penggiat agroindustri pakan ternak  mampu meningkatkan performa ayam broiler disamping asupan beberapa enzim yang terlebih dahulu sudah dikenal oleh para peternak dan pemulia-biakan ayam broiler.

Apa sebenarnya choline chlorida itu ?

Dalam tata-bahasa Indonesia,  zat ini ditulis K O L I N  K LO R I D A termasuk dalam kategori vitamin dan dikelompokkan  kedalam vitamin B complex , kolin dapat berasal dari hewani dan nabati dan dapat dibuat (diproduksi oleh manusia) dan di produksi sebagai bentuk kimia organik. Kolin mudah larut dalam air dan rumusan molekulnya adalah  C 5 H 1 4 N C I O.

Apa kemanfaatan kolin terhadap ayam broiler ?

Kolin berfungsi membentuk beberapa enzim terutama enzim metionin, kebaikan kolin yang lain adalah memperbaiki energi termetabolisme dan kalori.

Kita sudah memahami bahwa kalori atau energi termetabolisma yang minimum akan menghampat pertumbuhan ayam broiler terutama ditingkat starter, mengurangi kualitas daging baik warna dan rasa (taste).

Pengujian  yang telah dilakukan menempatkan kolin stara dengan pemakaian enzim lainnya seperti amilase, protease, selulose, lumbrokinase, premiks dan amino.

Berapa Kebutuhan Choline Ayam Broiler ?

Berdasarkan penelitian panjang yang dilakukan para akademisi dan laporan beberapa peternak profesional terdiri dari 2 pendapat dalam menentukan ambang batas penggunaan kolin.

  • Sebanyak 750mg-1000mg untuk setiap 1kg ransum pakan ayam, atau
  • Maksimum Sebanyak 1500mg untuk satu ekor ayam potong atau broiler hingga panen.

Pemberian suplemen kolin jika dibandingkan dengan  harga Rp.10.000 perkg cukup murah atau kebutuhan kolin tiap ekornya hanya Rp.15-Rp.20  saja hingga panen.

Demikian sekilas tentang kolin. Kembali ke khitahnya, budidaya apapun, kompleksitas komponen yang musti diperhatikan, bukan semata wayang bagaimana membuat pakan yang berkualitas. Pemilihan benih, managemen kandang, perlakuan harian dan memperhitungkan kembali kapan memulai beternak kembali yang diselaraskan waktu dan anomali cuaca.

Panen umur 27 hari ? bagaimana mencapainya ?

Diatas tadi sudah disebut, penuhi semua parameter budidayanya. Penggunaan suplemen, antibiotik, probiotik khusus ayam, vitamin, enzim, penggunaan mesin ATM. Info mesin ini klik link ini Agroculture Treatment Machine)

Mau tidak mau, suka tidak suka, agrobisnis tidak membutuhkan akademisi bersetifikat cum laude. Peternak sukses harus memiliki :

  • Kesukaan (hobby)
  • Membangun karakter yang kuat
  • Sabar dan telaten
  • Pengalaman
  • Gemar bertanya, gemar melakukan observasi dan benchmarking.

Terimakasih, salam ayam mania.

Keterangan.

Kebutuhan akan kolin ini kurang lebih sama terhadap strain ayam lainnya seperti ayam joper, cemani atau kedu, ayam aduan, ayam bangkok, ayam petelur dll.

Komunikasi cepat kontak langsung 081224217112, tidak SMS.

HOT NEWS

Kesaksian dari Aceh Bpk Elli, Hp.081311288181

Beliau meramu 60kg bungkil kedele + 40kg bekatul, setelah ditreatment dengan Enzima Star dan dilakukan pengujian labor diperoleh kadar protein 60%.

Analisa Labor

Dibawah ini adalah report analisa lab  kemampuan mesin ATM (Agroculture Treatment Machine) terhadap bakteri e-colli, salmonella dan colli form. Uji lab diambil sampel dua kolam  lele. Kolam pertama tidak dilakukan treatment dengan mesin ATM dan kolam yang kedua dilakukan treatment . Hasilnya  bacteri colliform  awalnya 460 cpu per 100 ml menjadi 93 cpu, salmonela dan e-colli menjadi negatif. Terjadi perubahan yang signifikan.  Disinilah terlihat tanpa bacteri pathogen membuat ikan lebih tumbuh antara 25%-40% lebih cepat. Dalam uji coba berikutnya sedang diteliti lebih lanjut akan kandungan nitrit, nitrat dan amoniak.

ujilab2

Hasil uji lab air minum ayam broiler milik I MADE DINDA di Gianyar Bali

labor bali

============================================================

Terkait dengan nutrisi unggul dan artikel tentang ayam, baca juga

Fermentor pakan ternak tercepat

Peternakan Dan Perikanan Sistem Modern

Pakan Alternatif Ayam joper

Bidikan jitu bisnis pakan ayam organik 

Budidaya Belatung Untung Melambung

tumpukan buku

Jual

Tepung tepung kering bermutu tinggi

Sudah melalui proses sterilisasi, hidrolisis, enzimatis dan fermentasi.

Tepung onggok protein 25%     Rp.1.800

Tepung jagung  protein 24%     Rp.3.200

Tepung gandum protein 25%   Rp.3.000

Tepung kedele protein 29%      Rp.3.500

Tepung jagung protein 18%      Rp.3.200

Jual pakan ayam organik           Rp.5.150

Minimal order 7 ton

Ayam broiler panen umur 27 hari

Keyword

pakan ayam

pakan organik

membuat pelet apung

pakan aleternatif

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>