«

»

Jun 06

Ayam, Cacing, Alfalfa dan Azolla

Ayam, Cacing, Alfalfa dan Azolla

Kemuliaan Agrobisnis Indonesia Dikancah Agrobisnis Dunia
Oleh : AS. Rini (Mba Rien adalah kontributor Boosterfish.com, berdomisili di Cibubur Jaktim)

Ayam, Cacing, Alfalfa dan Azolla

Pamor cacing lumbricus saat ini melambung dicakrawala, turunan dari produk inipun seketika bermunculan berbagai produk farmasi, pakan ayam, pakan ikan lele, pakan organik dan pupuk alternatif.

Permintaan bibit cacing, permintaan kursus dan pelatihan tentang bagaimana teknik budidaya cacing melebihi kelas. Probiotik berbasis ekstrak cacing digadang-gadang sebagai fermentor terbaik masa depan. Enzim lumbrokinase dan puluhan enzim yang bersemayam ditubuh cacing menjadi kiblat dari semua teknik pemberian pakan disegmen hewan ternak, ikan dan pemupukan tanaman. Pemerhati agro menyatakan Enzima Star sebagai vitamin yang komplet dan powerfull.

Enzima Star seolah tampil sendirian, single fighter dan secara elegan sebagai probiotik No.1 dan yang pertama di Indonesia dan membentuk mata rantai agroindustri lainnya baik yang konvensional maupun modern. Dibeberapa tempat tumbuh industri-industri :
Pakan ayam berbasis ekstrak cacing
• Fermentasi Azolla sebagai pakan alternatif ikan dan ternak
• Kascing sebagai media berbagai tanaman
• Bio-Ring, media pupuk berbasis kascing dan ekstrak cacing untuk sayur dan buah.
• Fermentor tanaman alfalfa untuk pakan sapi dan kambing.
• Tumbuh para agen-agen penjualan, reseller dan distro yang turut menikmati manisnya bisnis ini.

Pakan ayam berbasis ekstrak cacing sudah menembus pasar lokal di Bondowoso, Tegal, Malang, Jember dan banyuwangi. Untuk tumbuhan Azolla para peternak ayam melakukan dengan cara :
1. Pakan ayam berbasis ekstrak cacing ditambah azolla kering dengan perbandingan 80% : 20% diperoleh biaya harga pakan Rp.5.000 x 80% atau hanya Rp.4.000, azolla berbiaya nol karena dibudidayakan sendiri.
2. Azolla kering difermentasi dengan Enzima Star dimasukkan dalam wadah tertutup (kedap udara) selama 72 jam, diberikan kepada ayam pada sebanyak 30% dari biomassa pakan perhari
3. Tumbuhan Alfalfa difermentasi selama 3-4 hari dengan Enzima Star diberikan kepada Sapi dan kambing, pertumbuhan sapi bertambah menjadi 1,5-,18 kg, pertumbuhan standard sapi secara umum berkisar 0,6-09 kg perhari.
4. Budidaya cacing memunculkan limbah cacing berupa kascing. Kascing di fermentasi bersama Enzima Star dimasukkan kedalam wadah berupa  diuji-cobakan ke tomat, alfalfa, cabe merah, cabe rawit, terong, cabe jamu, melon, semangka, pepaya menghasilkan tanaman cepat membesar.

Probiotik Enzima Star mampu menahan gempuran sporadis jamur aeromonas pada ikan, para peternak ikan pasti mengetahui apabila jamur aeromonas berkunjung kekolam ikan alamat seisi kolam akan binasa meskipun beberapa hari lagi hajatan panen raya ikan sudah dipersiapkan.

Disisi lain ketakutan akan terjadi overload di budidaya cacing oleh para pengamat diramalkan tidak akan terjadi atau akan bertahan dalam waktu lama karena cacing sekarang sudah menjadi semua komoditi perniagaan misalnya industri farmasi dan kosmetik yang peruntukannya untuk manusia, di agrobisnis dan agronomi cacing menjadi tumpuan harapan peningkatan hasil terutama sebagai asupan pakan dan pupuk organik.
Cacing adalah umpan pancing warisan tradisi nenek moyang dalam memancing ikan sejak dahulu kala, inilah fase pertama kegunaan cacing, fase kedua adalah cacing dicari, dicangkul di lahan yang dingin dan lembab lalu ditebarkan oleh pak tani dilahan sebagai pupuk organik, fase berikutnya secara simultan pangkat cacing naik menjadi bahan industri untuk pemenuhan kebutuhan manusia. dinegara yang pertaniannya lebih maju cacing dan kascing tampil di barikade terdepan kemajuan dunia agrobisnis dan menolak hegemoni berbasis zat-zat kimia.

Tambahan Info :

Tentang Alfalfa

Alfalfa adalah tumbuhan yang dinobatkan para peternak sebagai ratu tanaman sejagat, kandungan protein 32% menjadi alasan itu, nutrisi dikelas protein nabati alfalfa pantas dijadikan pilhan utama dan dikampanyekan untuk ditanam massal di bumi pertiwi, bersama rumput gajah tanaman alfalfa saat ini incaran peternak sapi dan kambing.

Tentang Azolla

Untuk ransum ayam, itik dan bebek tanaman azolla adalah nutrisi masa depan yang murah, budidaya azolla jika dilakukan penanganan dan perawatan yang maksimal akan menghasilkan pertumbuhan azolla 36-40% dalam 1 hari. Kualitas ransum ayam, bebek dan itik berbahan baku tanaman azolla dimungkinkan menjadi nutrisi masa depan yang murah.

Tentang media budidaya cacing

Banyak pilihan media budidaya cacing dan manakah yang terbaik :
1. Apakah nampan
2. Apakah terpal
3. Apakah kolam semen

Jawabnya semen.

Di Malang Jatim telah terjadi alih fungsi massal. Kolam-kolam yang nganggur alias bangkrut dan mangkrak saat ini digunakan untuk beternak cacing. Media semen lebih tinggi hasil produktifitasnya karena kolam semen lebih dingin pada siang hari dibanding dengan suhu udara dikolam terpal dan media nampan lebih cepat panas.
Apakah makanan terbaik cacing :
Pakan cacing adalah benda yang bisa membusuk namun hasilnya akan maksimal jika diberi ampas tahu, kulit buah nangka, nenas, pisang dan banyak lainnya.

 

Jenis-Jenis Ayam

  • Ayam Ketawa
  • ayam Batik Itali / Kanada
  • Ayam Lingnan atau ayam peking
  • Ayam Kukuk Balenggek
  • Ayam Broiler
  • Ayam Super atau ayam joper
  • Ayam Cemani atau Ayam Hitam
  • Ayam Kedu
  • Ayam Hutan
  • Ayam Bekisar
  • Ayam Kalkun
  • Ayam Kate atau ayam kerdil
  • Ayam Kapas
  • Ayam Merjo
  • Ayam Onagadori
  • Ayam phoenik
  • Ayam Bangkok
  • Ayam Dong Tao
  • Ayam pelung
  • Ayam Saigon atau ayam burma
  • Ayam poland
  • Ayam Serama

Membutuhkan ayam secara periodik

Sebuah komunitas ayam di Banyuwangi Jatim secara periodik selalu membutuhkan ayam birma atau burma, burung onta dan ayam lingnan (dibutuhkan pemasok yang jujur dan kredibel). pembaca yang memiliki stok ke-3 jenis ini dan hendak menjual ayam nya silahkan melakukan penawaran dengan menghubungi kami langsung 081224217112.

Masih ada ratusan Jenis ayam lainnya, dan artikel Ayam, Cacing, Alfalfa dan Azolla ini

akan segera bisa kami lengkapi.

Hubungi kami komunikasi kontak langsung 081224217112, tidak SMS.

Terima kasih

tumpukan buku

HOT NEWS

Kami tak menduga, dari 200 Artikel yang kami rilis, ada sebuah naskah yang terbaik dan dianggap paling memberikan pencerahan oleh peternak di seluruh Indonesia bahkan diapresiasi oleh para pengunjung dari Amerika, Australia, negara-negara Asia dan benua Eropa. Jika para pembaca belum membacanya silahkan klik judul ini TRIK MENINGKATKAN KWALITAS NUTRISI PAKAN

Ingin mengetahui harga ayam hari ini klik Harga Ayam Hari Ini

Baca artikel

Mengenal Azolla

Petunjuk Budidaya Cacing Tanah

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>