«

»

Oct 09

Bekicot Untuk Pakan Larva Ikan

Bekicot Untuk Pakan Larva Ikan

Oleh : Hadi Winarto

(Naskah ini disadur dari sebuah postingan di group Facebook BOOSTERFISH INDONESIA  ( https://www.facebook.com/groups/923320667790832/?multi_permalinks=1387513351371559&notif_id=1507528598509586&notif_t=like )

Pada bulan juni 2015, saya membaca sebuah artikel di intetnet bahwa lendir bekicot bagus banget untuk kesehatan wajah agar tetap kincling dan kinclong, kencang dan membuat awet muda. Dan sebuah perusahaan pengolahan bekicot di Venezuela menyebutkan bahwa semua tangan para karyawannya lebih lembut dan sehat karena setiap hari memegang bekicot.

Bekicot jadi menu eksklusif di restoran di Perancis yg disebut escargot. Kemudian otak nakal saya bekerja, segera saya membuat uji coba. Iseng melakukan uji coba (di Banyuwangi) memberi pakan bekicot pada larva lele yang baru 3 hari menetas.  Saya buat di dua kolam untuk meletakkan larva. Seperti pemijahan alami lainnya larva yang baru saya kasih makan setelah 3 hari menetas. Kolam A saya beri pakan cacing sutra Kolam B saya beri lendir bekicot,  25 hari kemudian saya perhatian dan terlihat ada sedikit perbedaan, kolam B ternyata sedikit lebih besar dan sehat. (inget ya … cuma lendirnya bekicot. Caranya ! dibagian buntut cangkang bekicot dipatahkan lalu akan menetes lendirnya, mengalir lendirnya, itu yang diberikan ke larva. tebarkan begitu saja kekolam. Ga ribet.

Percobaan ini kurang serius sebenarnya karena pada saat bersamaan saya sedang membuat uji lapangan untuk membuat pakan berprotein rendah (protein 16%) pada ikan nila dengan enzim. Juga karena  hari itu benih lele ini ada orderan benih lele dan dijual. Maka penelitian ini terhenti sampai disitu dan tidak membuahkan kesimpulan lebih akurat. Hingga hari ini (10 Oktober 2017) belum sempat membuat riset lagi.

Saya sedang plan kan re-riset lagi tentang lendir ini lagi. Berharap juga para senior yang berkutat disegmen pembenihan ikut lakukan observasi tentang lendir bekicot yang kaya dengan albumin ini seperti Mas Kesit Sukabumi, Arafat Bogor, Mas Joko sang insinyur elektro yang hobby lele di Magelang, Mas Tomo di  Ponorogo dan teman2 lain dimana saja berada. Atau silahkan kalau ada yang minat membudidayakannya dengan lebih serius.

Ada beberapa produk turunan bekicot yang bisa menjadikan potensi keluarga :

1. Lendirnya untuk pakan larva ikan semua jenis ikan.

2. Lendir di combine dengan cacing sutra ditambah formula lainnya dijual dalam bentuk jel untuk pakan larva. Bikin kemasan yang bagus dan dijual. Pembenih lele, nila, gurame, bawal, patin, udang, ikan hias jumlahnya ratusan ribu di Indonesia dan pakan larva dari bekicot tidak menutup peluang sebagai komoditi ekspor mengingat pasokan cacing sutra tak pernah tercukupi.

3. Dibuat tepung, misal promo nya kayak gini : DIJUAL TEPUNG BEKICOT PROTEIN 80%, COCOK UNTUK RANSUM PAKAN TERNAK ANDA. Cara meningkatkan TEPUNG BEKICOT protein hingga 80% ntar saya ajarkan.

4. Cangkangnya dijadikan tepung tulang sebagai sumber kalsium.

5. Daging bekicot untuk pakan lele ???

Ya kemahalan lah ! Daging bekicot olahan diekspor ke Perancis,  saat ini dihargai Rp.110.000/kg. Yg minat cara membuat  bekicot olahan ntar juga bisa saya training, free.

6. Krupuk, sate, pepes bekicot dan banyak lagi.

Begitulah sobat-sobat agro sedunia.

Gumpalan awan dicakrawala tidak hanya membentuk hujan belaka. Niscaya karya Allah SWT ini adalah kehidupan hakiki. Barisan awan ditingkahi pendar pelangi membentuk mendung akhirnya mengairi sawah, menghidupi ilalang dan rumput gajah yang bermanfaat sebagai pakan ternak ruminansia. Embun-embun menggelayut dibibir eceng gondok diantara derik hewan malam yang memekakkan telinga. Kok jadi romantis sih… !

Klik artikel teranyar disini,

Budidaya Lele Dengan Arang Aktif

margono

Resirkulasi sederhana milik Masrufin

Share and info, kontak langsung (no WA, no SMS) ke 0812-2421-7112 Hadi Winarto

Bekicot Untuk Pakan Larva Ikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>