«

»

Apr 16

Benih Lele Berkurang Saat Grading

Benih Lele Berkurang Saat Grading

Oleh Hadi Winarto

Tebar benih lele 10.000 ekor, saat grading, benih lele dihitung tidak sampai 2000 ekor, bahkan tinggal 1.000 ekor, ada yang tersisa 500 ekor bahkan saat di panen tinggal 100 ekor. Sungguh membingungkan, kolam sudah di pagar beton,tiap hari diawasi dan dihitung berapa jumlah benih yang mati. Anda pernah mengalami nya ya, kalau tidak anda sedang beruntung padahal ada ribuan peternak lele mengeluhkan situasi ini. Tuduhan pun mengarah pada ABK (anak buah kolam) menjual benih pada malam hari. Yang tidak punya ABK dan ditangani sendiri menuduh pelakunya adalah predator kaum omnivora darat. Ular dituduh, biawak dituduh, kucing air dituduh, larva capung, burung hantu, burung pemangsa bangkai, kadal yang herbivora pun jadi tersangka tanpa perspektif hukum pembuktian terbalik dan azaz praduga tak bersalah. Bahkan dulu sekali, saya (penulis) mengkait-kaitkan hal-hal gaib dan mistis tapi tidak sampai menuduh tetangga melakukan guna-guna.

Peternak yang bijak kenapa Benih Lele Berkurang Saat Grading membuat analisa bahwa mungkin banyak faktor dari bencana benih ini, kira-kira begini penyebabnya.

Benih lele yang dipindah dari lokasi A ke lokasi berarti merubah total keberadaan benih dikolam B. Ikan dan temperatur sebagai habitat barulele akan berubah termasuk semua mutu air didalamnya yang meliputi kadar DO, turbidity, suhu air, jumlah amoniak, jumlah bakteri, nitrat dan nitrit dan parameter lainnya.

Air baru dan suhu baru ada tiga hari pertama adalah pertaruhan ikan kuat atau tidak. Benih yang yang tidak kuat akan mati didasar kolam. Hari ke-4 akan terjadi penurunan mutu air terutama oksigen dan peningkatan jumlah amoniak dan jumlah bakteri pathogen. Hari ke-4 ikan mati didasar kolam akan makin banyak dan jadi santapan benih yang sehat. Sementara dipermukaan terlihat 10-50 ekor yang mati mengambang, ah tidak masalah, mortalitas hanya 0,2-0,5%. Aman dan terkendali 86, katanya.

Dalam waktu singkat kadar amoniak makin tinggi karena berbarengan terjadi tumpukan bangkai ikan, feses ikan dan jumlah sisa pakan yang tidak termakan. Karena diprediksi survival rate masih tinggi maka pemberian masih dianggap sesuai dengan jumlah benih. Pokoke aman terkendali, 87.

Air hujan juga akan memicu penurunan pH dan pH rendah akan mempercepat mutasi amoniak menjadi bakteri pathogen. Hari hari berikutnya amoniak akan terus meningkat karena setiap hari ada ribuan benih yang mati. Kasus kematian massal ini banyak terjadi dimusim hujan.

Kepadatan tinggi juga mengambil peran terhadap penurunan mutu air. Jika anda memiliki lahan yang cukup luas sebaiknya jangan mengikuti mahzab tebar padat. Tapi jika menginginkan juga tebar padat karena hanya punya lahan sempit tetapi harus tetap mengikuti pakem dan standard baku dan disesuaikan dengan mutu air minimum dalam hal ini mutu air memerlukan akurasi seperti jumlah DO, amoniak, bakteri dan pH air.

Persiapan kolam, persiapan kolam yang tidak memadai juga salah satu harus jadi perhatian. Persiapan kolam adalah proses pematangan air sesuai dengan standard mutu air yang disyaratkan. Ikan lele, nila, gurami dan lain lainnya memiliki paramater yang berbeda. Pematangan air bisa menggunakan pupuk air atau zoo-plankton mutiply, antibiotik dan menggunakan sistem budidaya yang cocok dengan jenis ikan atau dengan perangkat yang dimiliki.

Demikian sekilas topik ringan tentang Benih Lele Berkurang Saat Grading jika anda punya pandangan berbeda dengan konten ini misalnya tidak masalah dengan air hujan dan kepadatan tinggi sunguh mulia jika anda dengan ikhlas mengajarkannya kepada peternak yang membutuhkan pengetahuan ini.

Daerah daerah tertentu memang beruntung dianugerahi oleh Allah SWT lokasi budidaya lele yang tanpa memerlukan obat-obatan, vitamin, pupuk air, enzim dan antibiotik. Hanya Dengan berbekal pakan protein 23%, kepadatan 900 ekor per meter2, tanpa treatment apapun bisa dicapai FCR 0,5. Menakjubkan.

Jika berharap dengan kebaikan alam adalah mustahil, hal bijak yang harus kita lakukan adalah teruslah belajar. Sesudah ilmu pengetahuan didapat, bagikanlah.

Alat ukur DO meter

lamDO

Benih Lele Berkurang Saat Grading

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>