«

»

Sep 20

Ber Wira Usaha secara Online

Ber Wira Usaha secara Online

oleh : Joko Mulyono

Sudahkah anda manfaatin internet agar sukses keuangan. Saya mulai aktif  ‘jualan’ di internet sejak 2007. Sebelum tahun itu memang saya ‘jualan’ dengan membuat blog dan web namun hasilnya mengecewakan dan membuat saya putus asa dan memutuskan tidak aktif di internet. Oleh teman, saya memperoleh beberapa trik :

  1. Daftarkan diri anda ke mailing list (milis)
  2. Gabung dengan group-group dengan komunitas yang sama di facebook
  3. Memanfaatkan iklan gratis dibeberapa media online
  4. Membuat web dan mempublish secara spartan.

Yes, saya tersadar dan segera saya berselancar lagi, sayapun mulai lagi dan mencoba mendaftar melalui milis dan web terkenal seperti agrosukses, forum tani indonesia.          Dahsyat, hanya dalam waktu 1 minggu saya menerima banyak SMS dan saya menerima 120 email yang nanyak2 produk. Walaupun hanya nanya-nanya doang tentang ‘jualan’ saya dan tidak berakhir dengan closing.

Saya tetap bersemangat mengirim email, update status, masuk ke suatu blog dan memberi komentar dan tidak lupa meninggalkan ‘virtual namecard’. Saya terus belajar,  belajar menguak berbagai rahasia penjualan diinternet, saya mengunjungi pemilik domain terkenal dan SKSD tentunya, Sok Kenal Sok Dekat. Bahkan saya nekad menawarkan diri menjadi pengasuh dirubrik portalnya. Nekadkan !

Inilah awal pengembaraan liar  saya di internet, setelah saya tanya pada klien perdana saya dia mengatakan produk saya diperoleh setelah online

Saya baru menyadari lagi kenapa dulu blog dan web saya gagal ‘menjual.’   Menurut logika saya : Percuma web kita dikunjungi katakanlah 500 views perhari, toh pengunjung datang dengan kepentingan beragam dan tidak sesuai dengan produk kita. Pebisnis alat olahraga paling paling hanya numpang lewat alias window shoping dan berkunjung hanya 3 detik terus kabur. Bandingkan jika kita  bergabung dikomunitas dengan produk yang sama.

Selanjutnya ini tips dan nasehat dari jago-jago pencari uang didunia maya :
Menjadi Blogger. Syarat menjadi blogger yang terkenal anda wajib gemar menulis atau mengarang artikel apa saja, cerpen, novel atau karya ilmiah, membuat biografi, tulisan yang bermutu membuat blog anda akan sering dikunjungi. Salah satu pendapatan dari ini anda bisa dibayar dengan mengikuti program dari situs yang terkenal seperti blogads, sitti, google adsense, bidvertiser, text link ads, blogads dll.
Menekuni jasa review. Segmen ini adalah jenis usaha diinternet dengan memanfaatkan keahlian anda membuat review sebuah produk. Jasa ini juga disebut produk review atau job review. Jika anda sudah terkenal perusahaan-perusahaan akan berduyun-duyun mendatangi anda meminta dibuatkan ulasan atau review.
Membuat newsletter atau, ebook atau etutor. Anda bisa membuat buku elektronik atau tutorial teknik mesin. Info detail soal ebook klik saja artikel ini EBOOK, BISNIS BUKU MASA DEPAN.
Upload foto. Hobby selfie dan tertarik dengan dunia foto menfoto juga bisa menghasilkan uang di internet. Daripada hanya diupload di status fesbuk mending tawarin juga karya anda ke situs yang meng-akomodasi anda yang seneng fotografi, dapat duit dengan cara menjual ke situs shutterstock dan fotolia dll.
Youtube. Hobby apa saja kamu buat videonya ya, durasinya pendek saja, apakah kamu anak band, pemain basket, bola, pendaki gunung, uploadlah videomu di Youtube. Jika video kamu di-monetize maka video yang kamu akan nongol iklan. Nah disini kamu juga bisa dapat fulus. Keren, beken dan terkenal, hobby tersalur, dapet duit lagi, uennak tenan!

Banyak, banyak lagi yang belum ditulis bagaimana cara menghasilkan uang diinternet, secara gratis anda bisa menjelajah dunia maya mencari info bagaimana caranya berbisnis dari kamar tidur.

SUKSES BERBISNIS VIA ONLINE ? WHY NOT !

Oleh : Hadi Winarto

Beberapa pertanyaan yang diajukan kepada saya bagaimana agar sukses berbisnis via online,

penanya terbanyak yang masuk kepada saya umumnya didominasi oleh anak-anak muda yang ingin memanfaatkan sosmed dan web/blog menjadi media yang efektif dalam mempromosikan produk yang kita miliki.

Barangkali catatan saya dibawah ini bisa membantu : (artikel tentang bisnis online ini adalah kali yang ketiga yang sudah saya update)

1.Survey terbesar pelaku bisnis online umumnya memiliki website/blog.
2.Beberapa pebisnis online juga sukses karena memiliki akun FB/Twitter dan lainnya.

3.Pelaku bisnis online yang sukses lainnya rajin promo di beberapa situs iklan yang sudah sangat banyak bermunculan.

Namun dari ketiga hal tersebut diatas pelaku bisnis yang sukses di media internet secara umum mereka memenuhi syarat mengapa mereka bisa sukses.

Inilah syarat-syarat agar sukses berbisnis  via internet

>Barang dagangan yang ditawarkan ditampilkan secara lengkap baik foto-foto, video, manfaat dari produk tersebut dan bahasa yang digunakan mampu menarik minat audiens

>Pelaku bisnis online harus aktif, responsif melayani setiap pertanyaan, bahkan pada saat konsumen sudah menstransfer uangnya dan menerima barang yang dipesan dia tetap menghubungi menanyakan kondisi barang, kualitas dan kepuasaan konsumen, cara ini sungguh membuat konsumen merasa dilayani bak raja dan biasanya pelanggan yang puas akan membuat “komen puas” di akun pribadinya dan hal ini akan cepat menjalar dan produk anda jadi buah bibir dalam waktu singkat.

>Media online yang disenangi konsumen jika dilengkapi dengan bermacam informasi yang membuat rasa aman calon konsumen anda seperti :
berbagai cara : Gunakan berbagai macam saluran komunikasi yang membuat konsumen bisa menghubungi Anda dengan mudah lewat da menyediakan alamat lengkap, no. hp, ruang tanya jawab, ruang testimoni dan anda menyediakan rekening beberapa Bank yang memudahkan konsumen melakukan transfer.

>Anda juga memberikan estimasi secara detail baik itu manfaat produk dan melengkapi dengan garansi, ketepatan waktu kirim, diskon yang diberikan.

>Anda harus jujur, terbuka terhadap kritik dan meminta saran perbaikan.
Secara umum deal transaksi biasanya terjadi pada fase follow-up.

>Anda harus mudah dihubungi dan hal yang paling penting : ANDA JUGA HARUS MENGHUBUNGI.

>Anda mungkin rugi jika harus mengganti barang yang rusak atau tidak sesuai dengan ekspektasi pelanggan tapi anda atau situs anda akan banyak yang suka jika dengan huruf kapital terpampang banner : GARANSI 3 TAHUN, DIJAMIN HALAL, BARANG TIDAK SESUAI UANG KEMBALI 100% dan lain-lain.

>Mintakan testimoni dari konsumen yang puas. Hal itu akan membuat lebih banyak orang percaya dengankredibilitas Anda.

Terima-kasih

PP booster fish

 

Ber Wira Usaha secara Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>