«

»

Jul 10

Blogger Indonesia Adalah Petarung

Blogger Indonesia Adalah Petarung

Oleh : Hadi Winarto

Membaca sebuah karya tulis di Internet hasil karya para blogger Indonesia sungguh jiwa ini penuh dengan perasaan bangga. Saya membaca sebuah informasi yang menyatakan blogger dari Indonesia sangat disegani didunia. Saya jadi penasaran namun benarlah adanya banyak karya besar yang sudah tercipta dari blogger dari bumi pertiwi. Tentu mayoritas blogger profesional  sudah memiliki jam terbang tinggi. Jam terbang tinggi adalah manifestasi atau cermin bahwa sebuah karya dibidang apapun memerlukan perjuangan, kegigihan dan pertarungan.

Namun tidak sedikit juga jika melirik sebuah blog atau situs yang isinya belum memuaskan kita atau sebuah artikel terlihat kurang greget dan tidak memberikan informasi dengan lengkap. Dirunut kebawah lagi kita banyak menemukan sebuah tulisan hasil bajakan orang lain atau mengkopi karya orang lain. Saya enggan lagi disebut munafik,  awalnya saya memiliki 225 artikel di website ini, sekitar 60 buah hasil copas atau mengotak-atik bahasanya. Terus saya membaca sebuah nasihat bahwa nilai sekolah yang tinggi hasil dari menyontek atau jimat contekan membuat kita digolongkan sebagai orang-orang krisis percaya diri, didalam relung hati kita yang sebenarnya kita ini tidak akan bahagia, sebuah output yang didapat dari men-duplikasi kehebatan orang lain terus memaksakan orang lain untuk mengakui karya contekan adalah  potret rendahnya harga diri. Pesan tulisan itu terus mengalir mem-borbardir dengan bahasa penuh sayatan, kekayaan dari hasil korupsi, memasuki dunia kerja dengan sogokan adalah bentuk rendahnya harga diri. Jiwa yang kosong dan cengeng mendera orang-orang ini sepanjang hayat dikandung badan.

Saya tercekat, saya malu, saya gundah karena saya masuk dalam daftar kelompok ini. Segera saya menghapus sekitar 60 artikel palsu saya, tinggallah tulisan-tulisan saya hasil pekerjaan, observasi dan berdasarkan praktek dilapangan saja dan ini membanggakan karena ternyata karya saya hasil tercipta dari pengalaman pribadi dan pekerjaan sehari-hari.

Saya  lega, saya tanpa beban walaupun saya menerima resiko visitors domain saya berkurang. Trafiks menuju site yang banyak mendulang uangpun menurun. Namun sesaat kemudian hati saya gembira, dari sebuah saran ternyata artikel copas tidak akan bertahan lama, sebuah posting kopian bisa saja mengalahkan artikel aslinya, artikel original tetap akan bertahan. Artikel original anda adalah kekalahan yang tertunda. pengarang besar juga tidak bisa membuat artikel orisinil 100%, setidaknya kita tetap terjebak memplagiat karya ciptanya sendiri terdahulu. Tindakan bijaksana adalah selektif dalam menyusun dan membuat niche dikonten. Saya ingat sebuah kata bijak : Kebenaran selalu terdesak, namun tidak bisa dimusnahkan.

Terus ! bagaimana jika saya tidak memiliki waktu untuk membuat tulisan yang berbobot atau saya tidak bisa membuat untaikan kata yang indah dan terstruktur ?, demikian tentunya pertanyaan anda. Anda bisa membeli dan membayar jasa menulis artikel yang banyak ditawarkan diinternet bahkan banyak situs yang mengkhususkan diri menjual artikel. Yang harus diperhitungkan adalah kwalitas artikel dan budget anda. Jika anda tidak bisa memenuhi syarat ini, Yeah, masih banyak profesi dan posisi posisi lain untuk berbakti diluar menulis atau  membuat blog karena sebuah blog tidak ada kata lain yang ampuh selain kualitas artikel itu sendiri. Seperti yang banyak diajarkan oleh para master SEO : Konten adalah raja, the contents is the king.

Atau anda bisa membuat toko online untuk mendukung produk anda atau cukup beriklan di situs-situs iklan dan bergabung dengan komunitas sejenis di dunia maya atau mailing list yang banyak bertebaran. Kata ibuku : jadilah yang terbaik.

Diluar penilaian dalam SERP dan google atau SEO, namun substansi hakiki yang lebih dalam adalah bahagiakah anda memiliki karya jiplakan ? . Saya yakin anda akan tersiksa.

Thanks

Kunjungi juga

WEBSITE AGRO TERHEBAT

Gratis : Kiat memperoleh 1,953,125 backlink

Ebook, Bisnis Buku Masa Depan

Like dan keramahtamahan ala Indonesia

Cara Alami Terindex Di Google

Cara Mengelola Website / Blog

Ber Wira Usaha Secara Online

Heboh SEO di Mesin Pencari

Tercampak Dari Halaman Idaman Blogger

PP booster fish

Blogger Indonesia Adalah Petarung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>