«

»

Nov 14

Buanglah Amarah Anda

Buanglah Amarah Anda

Oleh : Hadi Winarto

Emosi dapat terlihat langsung dari kondisi fisik atau tubuh, emosi yang berat dapat dilihat dari wajah seseorang, bola mata memerah, bibir mengatup, tangan mengepal bahkan bergetar dan suara makin berat dari biasanya. Akibat dari penggambaran tadi, akan terjadi perubahan terhadap sirkulasi darah, gejolak keinginan melontarkan kata-kata dengan suara meninggi akan meningkat dan hasrat ingin mengajak bertengkar dengan orang lain makin menjadi-jadi. Akibat akhir setelah itu anda akan mengalami kejang perut, kecepatan denyut jantung meningkat, nyeri hebat dipersendian dan mata berkunang-kunang. Beberapa orang yang fisiknya lemah akan mudah mengalami stroke atau menimbulkan oklusi jantung dan akhirnya meninggal.

Amarah bukanlah suatu penyakit atau gejala penyakit namun akibat serius dari peristiwa yang ditimbulkan seperti kematian, amarah bisa saja dianggap sebuah penyakit. Namun lebih jauh dari itu seseorang yang mudah melampiaskan amarah akan mengalami berbagai akibat sosial seperti yang dialami seseorang :

Pak Hanafi, warga sebuah didesa saya memiliki karakter yang mudah tersinggung, hal kecil saja bisa membuat Pak Hanafi meradang saat tanaman dihalaman rumah daunnya tidak sengaja dipetik anak-anak. Dia mudah stress, mengumpat dan berteriak jika ada hal yang membuatnya tidak enak hati. Membesar-besarkan persoalan yang kecil menjadi hambatan bagi pergaulan sosial Pak Hanafi sendiri.

Akibat terburuk dari amarah bukanlah akibat yang ditimbulkan menjadi tubuh menjadi sakit-sakitan. Yang lebih menyedihkan adalah akibat sosial dilingkungan pergaulan kita. Pak Hanafi dilingkungannya memang tetap diperlakukan warga lain seperti biasa namun yang tidak diketahui adalah penolakan orang lain yang tersembunyi. Sementara teman-teman sebayanya meraih sukses dalam hal karier, pergaulan maupun bisnisnya akibat perilaku yang kurang baik Pak Hanafi karena dia tidak menerima informasi baik dari segi informasi sosial atau bisnis karena mereka lebih memilih bicara hati-hati takut Pak Hanafi tersinggung.

Nah, Ternyata amarah bukan saja mencederai kita sendiri tapi amarah menjauhkan rezeki, pergaulan dan informasi dari kita. Jika selama ini anda cenderung gampang marah bahkan sepertinya beberapa diantara kita justru bangga memiliki amarah, saat ini : Buanglah amarah anda.

Jika anda sudah bisa mengurangi kebiasaan buruk ini akan memperoleh manfaat diantaranya :

  • Anda tidak akan memiliki musuh lagi
  • Anda akan disenangi oleh semua orang
  • Anda akan dihormati orang
  • Anda akan dipuji dan makin disayangi orang lain
  • Anda akan heran sendiri orang-orang akan mudah mengulurkan bantuan kepada anda
  • Anda seakan memiliki kekuatan baru dan makin bersemangat menjalani kehidupan ini
  • Anda akan makin dikenang dan keluarga anda menerima imbas pribadi positif anda
  • Anda makin lama makin dianggap orang penting bagi mereka

Apa saja cara memperibaiki agar sikap amarah hilang didiri kita.

  • Jangan mengkritik orang lain.
  • Mulailah melakukan pujian.
  • Jangan menuduh.
  • Belajarlah jadi pendengar yang baik.
  • Menerima apa adanya lingkungan kita.
  • Memintalah pendapat kepada seseorang.

Anda tidak perlu mengeluarkan biaya apapun atas ke-6 cara ini, obral pujian, obral senyuman lebih baik daripada anda cemberut dengan dahi mengkerut. Pujian lebih mulia dari pada mengkritik, ingat ! salah satu kebutuhan pokok manusia adalah : “semua makhluk hidup didunia ini ingin disanjung atas apa yang dia kerjakan.” Semua orang ingin dikatakan hasil karyanya hebat, maka pujilah dia.

Pujian dan senyuman yang tulus berarti anda telah melakukan pekerjaan hebat, pekerjaan anda seperti efek bola salju yang menggelinding ke antero muka bumi ini bagai mengajak semua orang menikmati indahnya kehidupan ini.

Jika melakukan kritikan, lakukan pada waktu dan tempat yang tepat, susunlah kalimat yang lembut agar tidak dianggap menuduh.

Meminta pendapat kepada seseorang berati anda telah menempatkan dia sebagai orang yang penting. Sumbangsih ide-ide yang anda hormati membalikkan kenyataan andalah sebenarnya orang yang dia hormati. Dan apa yang terjadi : Dia, orang yang anda hargai ide-ide nya menempatkan anda orang yang baik hati dimatanya.

Sekali lagi :

Buanglah amarah anda

Terimakasih

Stigma gampang marah yang menempel didiri seseorang oleh para psikolog diyakini sebagai faktor penyumbat dalam pergaulan, karier, bisnis dan networking. Konten pelengkap penambah wawasan kita dapat dibuka links dibawah ini

=FENOMENA MISTERI FIKIRAN BAWAH SADAR

=RAHASIA CINTA ABADI

160 artikel lebih terdiri dari berbagai disiplin ilmu dapat pengunjung nikmati, semoga memperkaya khasanah jurnalistik, science & knowledge, semua kami persembahkan secara gratis, alias free.

Salam hangat dari segenap crew Booster Fish Farm.

 

PP booster fish

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>