«

»

Jun 17

Budidaya Ayam Broiler Sistem Longyam

Budidaya Ayam Broiler Sistem Longyam

Oleh : Hadi Winarto

Sistem Budidaya Ayam Broiler Sistem Longyam dalam beternak ayam bagi mayoritas peternak adalah impian karena hasilnya sudah diketahui lebih baik. Longyam adalah sebuah teknik integrasi berbudadaya 2 atau lebih jenis usaha.

Kendala lahan adalah alasan utamanya, impian yang banyak orang tidak bisa melaksanakannya. Teknik ini dalam pertanian kurang lebih mirip yang dikenal dengan sistem tumpang sari.

Prinsip teknologi longyam cukup sederhana yaitu hanya menempatkan kandang diatas kolam ikan, ikan yang ditebar bebas memilih jenis apa saja namun yang terbaik tidak memelihara jenis ikan yang membutuhkan grading atau sortir.

Inilah keuntungan memilih cara longyam itu, misalnya beternak ayam dan ikan gurame.

  • Komoditi yang diharapkan menghasilkan uang menjadi beberapa jenis daging ayam, daging ikan, pupuk kandang, pupuk cair air kolam gurame, bulu ayam untuk pembuatan tepung bulu.
  • Kotoran ayam mengurangi biaya pakan ikan hingga 50-75%.
  • Lalat sebagai pembawa hama penyakit akan berkurang.
  • Peternak yang kreatif lalat ditangkap dan sebagai suplemen tambahan bagi ikan.
  • Memudahkan membersihkan atau membuang limbah atau feses ayam dan bau akan berkurang secara drastis.
  • Konversi pakan ayam bisa ditekan hingga 10-120%
  • Pada lokasi yang bersuhu panas sistem ini sangat direkomendasikan karena air akan menstabilkan disparitas suhu udara di lingkungan kandang. Disuhu udara yang panas atau ekstrim kandang ayam sebagai tempat naungan ikan.
  • Sortiran ikan yang tidak layak jual bisa menggantikan tepung ikan 7,5-10%

Cara pembuatan kandang sistem longyam.

  • Jarak antara lantai atau dasar kandang dengan permukaan air minimum 150 cm.
  • Luas kolam tergantung lahan yang ada, jika menggunakan ikan nila bisa dibuat sekat dikolam untuk ditanami azolla. Azolla berprotein tinggi (23,14%) bisa sebagai tambahan ransum pakan ayam hingga 10-20%. (fermentasi kohe ayam, Azolla, singkong rebus dan tambahan enzim mempercepat ikan nila ukuran 7-9 ekor perkg dalam waktu singkat 60-75 hari.
  • Kolam wajib memiliki pintu masuk dan keluar air. Debit air minimum 2-5 liter permenit untuk ukuran kolam 10m -5m dan 5-7 liter air permenit untuk kolam 20m-5m.
  • Kolam wajib menggunakan sistem central drain untuk meminimalisir pertumbuhan amoniak pada air kolam. Amoniak yang berlebihan kualitas air akan menurun.

Demikian, klaim beberapa peternak yang sudah mengunakan teknik ini secara berpuluh tahun memotivasi tulisan ini dibuat dan menghasilkan keuntungan finansial yang tidak sedikit.

Artikel terkait Monokultur polikultur monosex dan integrated system

Mengatasi Gempuran lalat, kutu dan tikus.

Sistem longyam adalah solusi cerdas mengatasi sijahat lalat, populasi lalat yang berlebihan dikandang menimbulkan rasa jijik bagi karyawan pengelola langsung, lebih dari itu lalat mempengaruhi standard performance ayam, lalat pengantar vektor hama terlebih dimusim penghujan lalat mempengaruhi daya tumbuh ayam serta juga bisa membawa penyakit untuk manusia. Lalat menyukai suasana lembab dan becek.

Jenis penyakit yang ditularkan dari lalat

Gangguan pernafasan, pilek banyak ditularkan ke ayam akibat virus yang dibawa oleh lalat seperti AI (avian influenza) ND  (Newcastle Diseases), Coryza dan Coccidiosis. Dibandingkan kutu (frenki) lalat lebih berbahaya karena ayam siklus berbudidaya jangka pendek (27-38 hari) kecepatan berbiak lalat sangat tinggi.(baca judul, Lalat, Mengapa Tuhan menciptakannya)

Penanganan

lalat bisa dibasmi dengan racun lalat, (merk dagang fly tox cukup ampuh menjerat lalat)  yang banyak dijual ditoko pertanian atau linimasa bisnis di internet.

Agar tikus lari tunggang langgang dari kandang

Tikus dinyatakan hampir oleh semua orang adalah musuh bersama, sumber berbagai penyakit, tikus merusak perangkat rumah tangga, tikus mengerat apa saja yang berada didepannya, terungkap rahasia kenapa tikus digelari sebagai binatang pengerat, ternyata tikus jika tidak menggosok-gosokkan ke suatu benda setiap harinya gigi-gigi dan taring tikus akan bertambah beberapa milimeter. Nah, jangan salahkan tikus harus menggigit kabel televisi, kulkas dan seisi rumah karena tikus harus mengasah taringnya agar tidak semakin panjang.

Bagi peternak ayam yang jengah dengan perilaku tikus yang tidak ada bagus-bagusnya ini bahkan melakukan teror dikandang ayam disamping tikus sambil menggigit, ribut mencicit dia juga membawa penyakit  bentol warna putih dan cacar  pada ayam. Inilah kesadisan tikus terhadap ayam.

Resep mengusir tikus caranya sederhana kok.

Siapkan alat-alat ini.

  • Buah buah pace atau mengkudu masak pohon 1 buah
  • Botol air mineral boleh yang 700ml 1 buah
  • Siapkan tali pengikat, rafia atau kabel secukup 

Caranya

  • Blender pace atau buah mengkudu atau diparut, masukkan kedalam botol dan beri air hampir penuh dibotol. Lalu tutup botol dan jemur di terik matahari dan biarkan air mengkudu tersebut keluar bergelembung, selama 6-12 jam.
  • Mengkudu yang sudah dijemur tadi akan muncularoma menyengat. Sesudah itu beri 2 or 4 lobang di leher botol . ikat mulut botol dengan tali rafia lalu gantung dalam kandang ayam. Kaum tikus ini akan tunggang langgang kabuuuur.
  • Langkah berikut yaitu, rebus 2-3 buah mengkudu, ambil airnya, airnya adalah ekstrak saripati multivitamin yang terdapat pada mengkudu, setelah dingin campurkan keair minum ayam,b bisa anda tambahkan airkelapa, kunyit, daun kelor, daun sambiloto. Ayam ayam akan makin sehat.

Memberantas kutu pada pakan

Kumbang atau kutu ini memiliki nama keren frenki, kulit tubuhnya tebal dan keras, bersayap berbentuk bulat, hidup mengandalkan pakan  dari bungkil, susu powder, casein, semua jenis tepung-tepung dan biji-bijian. Frenki ini berperan menurunkan kualitas pakan. Habitat hewan dengan nama latin alphitobius diaperinus ini menyukai lingkungan kumuh seperti dikolong kandang, gudang yang ventilasinya buruk dan berbiak bersama kotoran ayam. Kutu ini tumbuh mulai dari larva hingga besar berumur 15-20 hari. Maka dari itu pengendalian terbaik dari hama ini adalah membuat properti kandang sedemikian rupa agar kutu tidak mudah menjangkau hewan peliharaan, kandang harus dalam kondisi bersih terus menerus. Ayam yang mematuk frenki alamat ayam akan mudah terjangkit penyakit terutama cacing pita, e-coli, salmonella  dan penyakit lainnya.

Kutu menyebabkan kerusakan lantai kandang.

Penanganan

  • Memberikan desinfektan cukup ampuh mengusir frenki.
  • Design kandang agar terbebas dari kutu.
  • Kebersihan lingkungan.

Lihat dan hitunglah, jika anda abai terhadap lalat, frenki dan tikus ini, berapa banyak kerugian materi yang akan ditanggung.

Cara kutu berbiak 

Kutu frenki mampu hidup selama 3 bulan dan memiliki survival rate yang tinggi, tahan terhadap segala cuaca dan cepat berkembang biak, daya tetas frenki mampu bertelur 150 butir. Bergerak dan beraktifitas ditempat gelap dan malam hari (nocturnal).

Beberapa pedagang pakan mengusir dan membasmi frenki dalam sekejap melakukan dengan jalan fumigasi, berhubung belum ada penelitian yang komprehensif terhadap tingkat mutu pakan akibat teknik fumigasi, penulis tidak meromendasikan cara ini.

Finally, see you next contents, Thanks

Catatan tambahan

Formula pakan ayam ditingkat layer

Tepung kulit sapi               10kg

Bungkil kedele                    10kg

Jagung                                10kg
Dedak                                  10kg

Gaplek                                 50kg

Kopra                                   10kg

Bahan buffers
Metionin                              100 gram
threonin                              100 gram
Mcp                                      200 gram
sodium bicarbonat           200 gram
Antitoksin                             20 gram
Customix layer                  300 gram
Garam                                 100 gram
bioplex                                   50 gram

 

Ciamis Jawa Barat, Rabu 17 Juni 2015.

kutu

lalat

tikus

Gambar Kutu, lalat dan tikus hasil download di gugel

Ingin tahu harga ayam hari ini klik link ini Harga Ayam Hari Ini

Baca juga Pakan Alternatif Ayam Broiler

Budidaya Ayam Broiler Sistem Longyam

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>