«

»

Aug 18

Budidaya Belatung Untung Melambung

Budidaya Belatung Untung Melambung

Oleh : Indra Trenggalek

Pengantar admin, naskah ini dikirim oleh mitra boosterfish.com dari Trenggalek, Indra, semoga naskah Budidaya Belatung Untung Melambung ini akan memberi inspirasi  dan pesan moral bagi kita bagaimana semua benda ciptaan Tuhan itu memberi faedah bagi umatnya. Belatung atau magot atau maggots, lalat, cacing tanah, cacing sutra, jentik, kutu air atau daphnia, artemia dan lain-lain  Allah punya alasan menciptakannya dan  manusia dituntut menggunakan akalnya dalam berkreasi.

Tata laksana budidaya belatung atau magot yang efektif  (kulturisasi)

  • Siapkan nampan besar atau wadah lain, slang, botol aqua, toples, pipa paralon, daun pisang kering.
  • Nampan besar sebagai wadah media
  • Slang untuk jalan hijrahnya maggot ke toples.
  • Botol aqua diiris untuk disambungkan ke slang yg juga berfungsi untuk hijrah nya maggot ke toples.
  • Pipa paralon untuk sambungan slang yg nanti untuk jalan nya maggot ke toples.
  • Daun pisang kering untuk penutup media,yg nantinya sebagai tempat bertelur lalat BSF,dan agar lalat BSF juga nyaman untuk bertelur.

mag1  mag2

mag3   mag4

mag5  mag6

Bahan Media :

  • Ampas tahu
  • Dedak (bekatul) Perbandingan ampas tahu dan dedak adalah 1: 0,5. Tiriskan ampas tahu didalam karung selama dua hari.setelah proses penirisan selesai, campurkan dengan dedak.
  • Lalu campur hingga merata dan masukan kedalam wadah yg telah dimodifikasi. Biarkan minimal selama 3 hari, akan mulai muncul maggot/lalat BSF kecil-kecil. Dan biasanya maggot kecil-kecil tersebut akan akan langsung hijrah kedalam slang yg sudah dibuat dan berakhir kedalam toples. Dengan begitu kita bisa panen maggot setiap hari dan siap dihidangkan belatung full gizi
  • Media budidaya diberi naungan apa saja asal tidak terkena sinar matahari langsung dan air hujan (air hujan menyebabkan pH pada media menjadi menurun)
  • Filosofi habitat belatung adalah binatang yang hidup, tumbuh dan berkembang di ekologi yang mudah busuk seperti limbah sayur dan kulit buah. Dan anda bisa menambahkan limbah ini serta sedikit tepung ikan tapi dengan memperhitungkan bau busuk tidak mencemari lingkungan yang berakibat demo massal dari pak RT beserta warga.

Itu slang buat jalanya maggot,diujung slang itu buatkan lebih luas dengan memakai botol air mineral bekas berukuran 1500 ml agar lebih banyak menampung maggot.

Nanti maggot dengan sendirinya akan menuruti jalanya slang dan akan berakhir ditoples.

Toples tempat menampung maggot yg hijrah.

Masukan campuran ampas tahu kewadah,dengan catatan botol air berada diatas media.

Lalu masukan BSF/maggot kalau ada untuk memancing BSF lainya kalau tidak ada juga enggak apa.

Kemudian tutup media dengan daun kering agar lalat BSF merasa nyaman untuk menaruh telurnya. Tinggal tunggu beberapa hari untuk memanennya.
Jadilah belatung sebagai pakan ikan lele, pakan organik, pakan alternatif, pakan ayam organik yang berprotein tinggi murah dan mudah membuatnya dan tujuan menekan FCR antara 0,1 sd 0,3 akan tercapai. Saat ini belatung masih digunakan sendiri alangkah eloknya jika anda menekuni bisnis membuat tepung belatung, sedikit sekali pelakunya bahkan tepung belatung harus di impor dari luar negeri. Membuatnya mudah, bahan penyangga (buffers) untuk penepungan ada disekitar kita.

Membuat tepung belatung

Belatung murni                   10 kg

Tepung beras ketan           14 kg

Tepung tapioka                      1kg

Kates mateng                        2 kg

Nenas mateng                      1 buah

pisang mateng                      5 buah

Lidah buaya                            1 kg

Air kelapa                                 3 liter

Mikroba 1300 strain               30 ml

Cara buat

Bahan yang berkulit kecuali lidah buaya kupas, ambil isinya,cuci bersih, blender bersama belatung. Masukkan mikroba dan air kelapa aduk hingga rata. Jemur matahari hingga kering, kadar air maksimum 12%. Jadilah tepung belatung atau maggots

Aplikasi

Tepung belatung 2-3 gram dibibiskan ke pakan ayam atau ke pakan ikan.

Kemasan dalam wadah dobel plastik kedap udara. Tepung belatung ini mengandung protein 55-65% dan mengandung omega 3, vitamin lengkap, lysin, leusin, methionine dan dcarbonat phospor.

Bisnis

Bisa dijual dengan harga Rp.60.000 sd Rp.75.000 perkg.

————————————————————————————————–

Artikel dari admin

Trik Beternak belatung diatas kolam ikan

sssssssss

Foto diatas adalah kolam lele pembesaran . Ban bekas kami ikatkan kebambu.

Rongga yang ada ditengah ban dan ditiap ban kami taburi :

1. Ampas tahu                       0,5 kg

2. Sayur afkir dari pasar       0,5kg

3. Kulit nangka                       0,5kg

4. Kulit nenas                         0,5kg

5. Enzim                                   5 ml

6. Sejumput tepung ikan tebarkan diatas tumpukan bahan point 1 sd 5

(Adonan diatas bisa diganti dengan sayuran apa saja karena filosofinya belatung hidup dan tumbuh dari benda atau bahan yang mudah membusuk)

Tiap pagi antara jam 10-12 pagi disemprot dengan air sehingga temperatur dalam ban dalam keadaan tidak kering dan tidak basah (mamel) kadar air sekitar 50 sd 70%.

Dalam 24-36 jam akan lahir anak-anak belatung dalam jumlah yang sangat banyak. Dalam 2-3 hari belatung membesar dan berdesak-desakan. Tumpukan puluhan ribu belatung akhirnya jatuh merata diseluruh permukaan kolam. Hal ini berlangsung selama 24 jam.

Apa yang terjadi berikutnya…!!! dalam hitungan detik belatung yang terjun bebas disambar oleh lele.

Apa saja keuntungan berbudidaya lele pembesaran dengan cara ini, catat ya

1.    Mengurangi kanibalisme. Angka mortalitas menurun drastis karena lele tidak pernah kelaparan karena asupan pakan yang bergizi (belatung berprotein minimal 55%) atau 1kg belatung stara dengan 2,5 kali pakan komersial.

2.    Mengurangi biaya pakan ikan lele. Semakin banyak ditaruh ban, semakin berkurang biaya pakan.

3.    Dibanding pakan buatan belatung tidak menimbulkan aroma busuk.

4.    Tingkat kekeruhan air cenderung menurun.

5.    Ban juga memberi tempat berteduh saat udara panas siang hari menyengat.

6.    Tempat bermain (tebaran) lebih merata tidak disatu sudut saja dan kecenderungan ini juga turut berperan      menurunkan tingkat kanibalisme.

Cobalah sistem inspiratif dan excellent ini.

Anda harus hati-hati jika hendak menerapkan sistem ini dipemukiman padat penduduk karena aroma ampas tahu yang menyengat hidung. dan mengurangi bau ampas tahu dengan cara

1. Di treatment dengan mesin ATM (Agroculture Treatment Machine)

2.  Menambahkan  enzim adalah salah satu cara mengurangi bau kolam dan ampas tahu dan perhatikan fungsi sentral drain.

3. Sistem re-sirkulasi juga akan mengurangi bau, meningkatkan kadar oksigen terlarut, menurunkan kadar amoniak secara drastis dan lain-lain.

Hasil dari budidaya belatung dari sistem ban ini  berbeda dengan tulisa Mas Indra diatas. Belatung dalam ban berwarna putih ukurannya kecil-kecil sebesar nasi. Belatung ini bagi lele bergizi tinggi dengan kadar protein 55-65%.

Selamat mencoba, tanya jawab jika dirasa kurang jelas silahkan hubungi kami di 0812-2421-7112 (Free atau gratis. Kami melayani kontak via telepon langsung, tidak melayani SMS, BBM atau WA)

Potensi bisnis

Belatung sekarang sudah dibuat dalam bentuk tepung maggots, sangat disukai oleh peternak lele fase pembenihan, belatung berfungsi bukan sebagai pengenyang tapi efektifnya untuk mempercepat matang gonad indukan lele.

Dipasaran tepung maggots ternyata bermerk dan berasal dari luar negeri, salah satu alasan inilah penulis termotivasi menulis artikel ini dan berharap ada pengusaha yang segera terjun diceruk ini.

Uji lapangan

Fakta lapangan lain di Kecamatan Badegan Ponorogo, peternak bernama Goes Tomo disaat musim bediding atau cuaca ekstrim tetap bisa memijahkan dengan bantuan enzim dan pemberian belatung secara simultan setiap hari. Lebih dari 75 pembenih yang berada di kabupaten ponorogo gagal melakukan pemijahan namun Goes Tomo tetap sukses memproduksi larva lele dimusim anomali suhu yang menakutkan itu.
Solihin, seorang pembenih dari Pati Jateng pemilik 100 indukan strain sangkuriang sebangun dengan Goes Tomo, tidak pernah kuatir, musim penghujanpun  indukan lelenya tetap matang gonad dan memijah dengan baik. Belatung, cacing tanah dan probiotik milik Goes tomo meningkatkan kualitas seksual indukan jantan.

Sejatinya naskah Budidaya Belatung Untung Melambung kiriman dari Trenggalek ini hendaknya berguna.

Akhirul Kalam

Juga para pengunjung bisa mengikuti training atau seminar langsung di trenggalek.dan langsung melihat langsung ujud kolam kolam budidaya belatung dan cacing sutra kami.

Menyediakan cacing sutra 2000 kg atau 2 ton sebulan, harga berdasarkan kondisi dan fluktuasi.

—————————————————————————————————————————————

UJI COBA MESIN ATM (AGROCULTURE TREATMENT MACHINE) pada kolam indukan lele

Team boosterfish.com melakukan ujicoba terhadap 2 buah kolam indukan lele dengan data sbb

Data masing-masing kolam :

Luas kolam               :       2,5m x 1,5m x 0,9m

Jumlah induk            :       30 ekor per kolam

Strain                          :       Jantan Afrika, Betina Masamo

Air                                :       Tidak diganti selama 20 hari

Kolam 1 Ditreatment dengan mesin ATM (baca artikel Agroculture Treatment Machine) selama 1jam pagi hari dan 1 jam sore hari

Kolam 2 Tidak ditreatment (kolam berwarna pekat, berbau dan kental, gerakan induk lambat dan malas)

7 (tujuh) unsur parameter mikrobiologi yang kami uji adalah :

1.   Bacteri e-colli

2.   Bacteri salmonella

3.   Bacteri colli form

4.   Nitrit

5.   Nitrat

6.   Amoniak

7.   Kadar oksigen terlarut (DO)

Hasil uji lab ini bisa dilihat pada report yang kami lampirkan dibawah ini. Data labor menunjukkan perubahan yang siginifikan baik terhadap kesehatan indukan lele, jumlah larva maupun SR (survival rate) benih.

labor atm-k

Colli form                 dari  240 cfu/100ml       menjadi  23 cfu/100ml

E-colli                       dari  1200 cfu/100ml     menjadi  100 cfu/100ml

Salmonella              dari  1500 cfu/100ml     menjadi  200 cfu/100ml

Nitrat                         dari  1717 ppm                menjadi  1613 ppm

Nitrit                          dari  0,064 ppm               menjadi   0,255 ppm

Amoniak                   dari  3%                            menjadi   1%

DO                             dari  2 ppm                       menjadi   4 ppm

Jika anda bermasalah dalam menyelenggarakan budidaya disegmen pembenihan lele, referensi kami adalah melakukan treatment air dengan mesin Agroculture Treatment Machine (ATM) pada perhatian utama pada mutu air. Baik mutu air dikolam pemeliharaan induk, air kolam pemijahan, air kolam penyimpanan benih dan persiapan air pada kolam pendederan. (baca artikel menarik ini : Air Ideal Untuk Habitat ikan)

Mesin ini juga sudah bertebaran diseluruh propinsi di Indonesia. Banyak diaplikasikan ke budidaya ayam pedaging, ayam petelor, bebek, kalkun, nila, patin, gurame, ikan hias, ruminansia, pengawetan daging, ikan dan sayur, udang, dan marak digunakan di komunitas kicau mania dan burung-burung kontes dan mempercepat proses fermentasi. Semoga berguna. (info, kontak langsung 081224217112. Tidak SMS)

Hasil uji lab mesin ATM untuk produksi pengolahan lele asap organik (silahkan telusuri link warna biru ini)

Ransum tempe gembus untuk lele

Ditengah pro-kontra tentang pendapat bahwa penggunaan pakan alternatif lele adalah sebuah kemunduran atau pemberian pakan alternatif lele justru merugikan peternak itu sendiri namun pendapat lain mengatakan bahwa pakan pabrik yang mahal  akan membuat peternak kewalahan untuk memperoleh profit dibawah ini kami coba memberi solusi dengan pakan berupa tempe dengan bahan dan mutu yang tidak kalah dengan pakan pabrik, berbiaya murah dan proses pembuatannya tidak memerlukan mesin-mesin yang mahal.

gembus2  gembus1

Foto diatas adalah pembuatan tempe gembus untuk lele

Ramuan pakan olahan ini mengadopsi pembuatan tempe gembus. pakan  tetap mengapung diatas air, tidak mencemari air, murah dan mudah membuatnya.

Tempe gembus ini diberikan untuk  lele kecil mulai tebar 1cm-2cm.

Menghitung kadar protein

Ampas tahu                                    45 kg kadar protein 17,14% :  45 x 17,14% = 7,71%

Cacing lumbrikus                            5 kg kadar protein 76%       :  5 x 76%         = 3,80%

Tepung ikan                                   10 kg  kadar protein  52%      :   10 x 52%     = 5,20%

tepung kulit                                     20 kg kadar protein  38%      :    20 x 38%     = 7,60%

Tepung singkong                          20 kg kadar protein     2%      :    20 x 2%      =  0,40%

Total protein                                                                                                                =  25,71%

Enzima Star  0,1%

penggunaan enzima Star peningkatan protein menjadi 31%

Mengitung Biaya

Ampas tahu            45 kg      x Rp.   500         =   Rp. 22.500.

Cacing lumbrikus    5 kg                                  =   Rp.     –   (ternak sendiri)

Tepung ikan            10 kg      x Rp.7.500        =   Rp.  75.000.

tepung kulit              20 kg      x Rp.6.000        =  Rp.120.000.

Tepung singkong   20 kg       x Rp.3.500       =   Rp. 70.000.

Enzima Star               0,1%                                =    Rp.  2.500.

Biaya tak terduga dan biaya lain-lain (bbm, transport, plastik, ragi, penyusutan)

=    Rp.30.000

Total biaya                                                          =   Rp.320.000

Bobot setelah proses pembuatan menjadi  56kg

Jumlah modal Rp.320.000 dibagi 56kg = Rp.5.714 per kg

INFO TERKINI

Beberapa analisa laboratorium yang dilakukan team boosterfish baik pemanfaatan mesin ATM, pengujian mutu enzima star milik boosterfish maupun analisa laboratorium pakan ayam organik, bisa dilihat banner nya dibawah ini :

Analisa labor air minum sapi penggemukan milik Pt. Pasir Tengah Cianjur Jabar

labor cianjur asli

Analisa labor air minum ayam broiler milik Bapak I Made Dinda di Pulau Bali

labor cianjur

Analisa labor mutu Enzima Star milik boosterfish

labor enzima

Analisa labor pemanfaatan enzim dan mesin ATM terhadap lele asap. Lele asap ini disebut Lele asap organik

lele endah labor

Hasil uji lab enzim terhadap onggok (limbah tepung tapioka)

LHU_P

Hasil uji lab mesin ATM terhadap kolam pembesaran lele

Dibawah ini adalah report analisa lab  kemampuan mesin ATM (Agroculture Treatment Machine) terhadap bakteri e-colli, salmonella dan colli form. Uji lab diambil sampel dua kolam  lele. Kolam pertama tidak dilakukan treatment dengan mesin ATM dan kolam yang kedua dilakukan treatment . Hasilnya  bacteri colliform  awalnya 460 cpu per 100 ml menjadi 93 cpu, salmonela dan e-colli menjadi negatif. Terjadi perubahan yang signifikan.  Disinilah terlihat tanpa bacteri pathogen membuat ikan lebih tumbuh antara 25%-40% lebih cepat. Dalam uji coba berikutnya sedang diteliti lebih lanjut akan kandungan nitrit, nitrat dan amoniak.

ujilab2

Artikel lain dan korelasi dengan belatung dan nutrisi ternak silahkan dibaca

Pelatihan Membuat Pelet Apung

Fermentor pakan ternak tercepat

Peternakan Dan Perikanan Sistem Modern

Agroculture Treatment Machine

———————————————————————————————

Jual

Tepung tepung kering bermutu tinggi

Sudah melalui proses sterilisasi, hidrolisis, enzimatis dan fermentasi.

Tepung onggok protein 25%     Rp.2.800

Tepung jagung  protein 24%     Rp.3.800

Tepung gandum protein 25%   Rp.3.000

Tepung Kedele protein 29%     Rp.5.500
Tepung Jagung protein 18%     Rp.3.000

Minimal order 7 ton

HOT NEWS

(Kesaksian dari Aceh Bpk Eddy, Hp.081332412900 (WA), Beliau meramu 60kg bungkil kedele + 40kg bekatul, setelah ditreatment dengan Enzima Star dan dilakukan pengujian labor diperoleh kadar protein 60%)

Artikel kami rilis, sebuah artikel yang banyak yang dianggap paling memberikan pencerahan oleh peternak Indonesia. Jika Audiens belum membacanya silahkan klik judul ini Air Ideal Untuk Habitat Ikan

Salam sukses ber-agrobisnis

tumpukan buku

Source :

pakan ayam

pakan ikan lele

pakan organik

pakan alternatif

membuat pelet apung

enzim dan ozonizer

jual pakan ayam

jual pakan ikan

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>