«

»

Oct 03

Budidaya Lele Dengan Arang Aktif

Budidaya Lele Dengan Arang Aktif

Oleh : Krisna Sanjaya

Lumajang, 3 Oktober 2017

Sejauh mana kegunaan arang aktif atau karbon aktif untuk peternakan ikan dan udang. Penebaran arang aktif, disebut juga karbon aktif ini berfungsi :

 

  1. Menyerap semua partikel kasar yang bergerak didalam air seperti amoniak hasil dari feses ikan. Limbah pakan yang tidak terserap oleh ikan akibat kwalitas pakan yang buruk atau tidak sesuai dengan kebutuhan ikan. Zat-zat yang dipindahkan keair oleh hewan lain, sampah dari biota lain. Menyerap endapan sisa bahan organik.
  2. Penebaran karbon aktif ke dalam empang, tambak atau kolam dapat menghilangkan bau lumpur pada ikan dan udang secara drastis.
  3. Meningkatkan stamina atau daya tahan tubuh makhluk hidup dalam air.
  4. Mengeliminir gumpalan partikel logam berat timbal, merkuri, plumbum (Pb), kadmium (Cd) yang ada dalam air. Partikel-partikel ini penyebab menurunnya survival rate pada ikan terlebih ikan ditingkat larva dan benih.
  5. Untuk proses absorbsi, yaitu proses penyerapan zat-zat seperti CaCO3 yang menyebabkan air menjadi sadah atau air yang mengandung ion kalsium (Ca) dan Magnesium (Mg).
  6. Berguna untuk proses penghilangan bau dan rasa terutama rasa anyir dan lumpur.
  7. Daya serap yang baik dari arang aktif memberi efek pengurangan virus, lumut, bakteri pathogen seperti e-colli, salmonella, vibrio dan colli-form.
  8. Daya serap arang aktif terhadap gumpalan gumpalan dalam air mampu memecah air dan secara otomatis kadar oksigen terlarut dalam air akan meningkat.
  9. Oksigen yang meningkat dan pemberian arang aktif pada sistem resirculation agriculture system (RAS) menjadikan budidaya tanpa pergantian air hingga panen atau hanya ada penambahan air karena penguapan air.
  10. Secara garis besar arang aktif membantu menekan FCR dan mengurangi mortalitas.

Bentuk arang aktif berwarna gelap (hitam), tawar, tidak berbau dan tidak berasa. Cara menggunakan serbuk karbon aktif bisa langsung ditaburkan ke dalam air, dicampurkan ke dalam pakan ikan dan udang, namun secara meluas saat ini cara penggunaannya ditaruh pada wadah sistem resirkulasi, cara ini sangat efektif karena bisa menghemat jumlah penggunaan karbon aktif dan mudah dibersihkan. Berkhasiat menyerap sisa bahan organik terlarut dalam kolam yang dapat memperbaiki kualitas air.

 

Judul naskah ini dipilih, Budidaya Lele Dengan Arang Aktif, karena kami sedang melakukan uji coba arang aktif dikombinasikan sistem dan media lain pada ikan lele segmen pembesaran. Ikan lele konsumsi dihargai murah. Konsentrasi utama semua peternak lele ada pada penekanan FCR.

Teknologi semakin membaik, saat ini dalam budidaya perikanan terutama ikan air tawar (aquaculture) sudah dilakukan berbagai sistem dan berbagai kombinasi. Beberapa penggiat budidaya ikan lele sudah mempelopori kombinasi budidaya dalam 1 sistem sekaligus

  1. Recirculation Agriculture system (RAS)
  2. Ozonizer dengan mesin

    Agroculture Treatment Machine

    (ATM)

  3. Pemberian enzim pada pakan
  4. Pemberian pupuk kolam khusus pada persiapan kolam dan sesudah grading
  5. Penggunaan alat peningkat kadar oksigen terlarut dalam air yang disebut Big Oxygent Machine (BOM)
  6. Pemberian batu zeolit,
  7. Pemberian atau karbon aktif.

Ujicoba dengan 7 cara ini sedang berlangsung dibeberapa tempat dan dalam tempo paling lama 60 hari dari sekarang (hari ini Selasa, 3 oktober 2017) akan kami share hasilnya ke publik.

Terima kasih

Tambahan dari admin :

Arang aktif untuk kesehatan manusia.

  1. Membersihkan tubuh dari berbagai racun dan zat-zat berbahaya.
  2. Sebagai pengikat dan penawar racun dalam tubuh.
  3. Obat pelancar pencernaan.
  4. Sebagai pemutih gigi.
  5. Mengatasi masuk angin
  6. Meredakan penyakit gusi.
  7. Mengatasi perut kembung.
  8. Mengikat zat-zat yang bisa menghasilkan gas berlebih dalam sistem pencernaan
  9. Penawar racun kimia
  10. Mengatasi bau badan
  11. Membantu mengatasi jerawat.
  12. Mengobati gigitan serangga.
  13. Membersihkan saluran pencernaan.
  14. Membantu mengatasi alergi
  15. Mencegah penuaan dini, arang aktif mampu menyerap partikel pathogen diudara, asap rokok, bau dari pembuangan sampah, toilet dan lain-lain.

Dan banyak lagi fungsi arang aktif dibidang lain (industri, kimia, pertanian)

Bacaan terpopuler yang terkait dengan artikel ini, klik tulisan warna biru dibawah ini

Lele Organik Dengan Enzim Dan Ozonizer

Trik Meningkatkan kwalitas Nutrisi Pakan

Air Ideal Untuk Habitat Ikan

Agroculture Treatment Machine

Bioteknologi, Apa Itu Fermentasi

Terima kasih

Konsultasi gratis tentang agrobisnis bisa kontak langsung ke Hadi Winarto 0812.2421.7112 (kami tidak melayani chat WA, SMS disebabkan akan banyak memakan waktu dan mengirim pertanyaan ber-ulang)

tumpukan buku

Karbon Atau Arang Aktif Untuk Ikan

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>