«

»

Dec 10

Budidaya Lele pendederan

Budidaya lele Pendederan

Oleh : Firman Al Habib

Silahkan dibagikan, dishare konten Budidaya lele Pendederan ini.

Sebagian literatur dari artikel ini adalah hasil pengalaman dan dari berbagai literatur, konten dan foto/gambar dari Facebook nya Mas Progo Farm dan editing oleh Bapak Hadi Winarto. Semoga semakin menyemarakkan jagat kepustakaan online Indonesia. Terima kasih Pak Hadi dan Mas Progo Farm.

Berikut dibawah ini kami muat postingan dari akun Facebook Progo Farm https://www.facebook.com/upr.progomandiri?fref=ts dan hasil  dialog di Progo Farm dan membernya pada tanggal 8 Desember 2014.

(beberapa kata yang disingkat kami edit untuk menyesuaian pada saat ‘foreign views’ hendak menterjemahkan kedalam bahasa asing dengan tidak mengurangi materi)

Efek cahaya

Memanfaatkan efek cahaya pada budidaya lele segmen pendederan ditujukan untuk menjaga kualitas dan stabilitas air. Lele yang dikenal sebagai hewan nocturnal atau hewan malam dan hewan yang menyukai air hangat atau warm water tentu identik dengan kegelapan dan pengaturan efek cahaya memberikan hasil yang meningkatkan kinerja metabolisme tubuh ikan lele.

Media kolam dapat ditutup penuh. Sebaiknya pembuatan kolam diatur agar penutup dapat digeser (buka/tutup)

Kolam yang bisa digeser berguna disaat dibutuhkan suhu panas dikala musim dingin atau suhu air rendah. Disiapkan perangkat aerator dan sirkulator air, pemakaiannya bisa digunakan bersamaan atau bergantian (situasional)

Aerasi dan sirkulasi air pada kolam pendederan berfungsi untuk mendapat kualitas dengan ukuran yang tepat.

Perihal tinggi air dan managemen kolamnya seperti kadar oksigen, Ph air, kekeruhan tetap menggunakan standard budidaya lele yang baik dan benar.

 

deder  deder2

Penampakan kolam pendederan

Memanfaatkan efek cahaya / photoperiods. Perlu ditambahkan perlengkapan untuk menjaga kualitas air – (Flow Through Aquaculture) dan uji coba stabilitas suhu air pada siang dan malam hari,

Nol Siji           :           Berarti dtutup full mas yah, suplly oxyigen aerator atau aliran air mas?

Progo Farm :            Betul, penutup bisa digeser untuk memasukkan panas bila diperlukan.

Progo Farm :            Dua-duanya disiapkan, aerasi & sirkulasi, dipakai bersamaan atau bergantian tergantung situasi agar bisa mendapatkan parameter kualitas air yg optimal

Chairul Umam :       Ok, terimakasih, bos

Laman Ahmadi :      Kedalaman kolam berapa om progo.

Progo Farm      :       Tinggi kolam 50cm  tinggi air sekitar 30-35cm

Laman Ahmadi :      Filter airnya mana om kok tidak ikut di gambar

Progo Farm       :      Belum dipasang

Sabdo Pandito :        Kerreeennn,,,mantaapp

Yudi Swa           :       Bentuk kolamnya memanjang apa bentuk U ?

Progo Farm   :           Letter U

Progo Farm :            Masih banyak yang perlu dilengkapi, tujuan : kondisi gelap, suhu air, Kadar DO cukup, hangat, pH normal, DO. Tidak  mudah membalikkan tangan.

Ifan Saleem :  Huuffttt melihat kolam pannjenengan jadi ngileeeeer,  sukses Pak.

Bamz Fansrocks : Ikut tanya gan !,biar suhu air sesuai untuk lele di kasih apa ?

Syahru Ramadhan AB : Kolam saya juga harus gitu seperti nya pak, soal nya udah 3x mijah

kondisi air di kolam pijah selalu bening sampe minggu ke-2. Karena saya pasang terpal di atasnya. Beda sama dikolam penetasan lainnya. Air cepat hjau karena cuma pakai paranet di atasnya. Tiap malam larva berenang gaya punggung . Waktu pagi larvanya normal lagi.

Progo Farm   :  Suhu optimum untuk penetasan dan larva adalah 30’C untuk memastikan

sebaiknya punya termometer analog (harga Rp.10.000) Andai diperlukan pada penetasan bisa memakai heater (harga Rp.50.000) untuk menjaga stabilitas suhu pada tingkat 30’C. Untuk pendederan dengan kolam yang lebih luas pemakaian heater tentu boros. Cara lain dengan memanfaatkan sumber panas alami : matahari dengan membuat efek rumah kaca, panas bisa masuk tetapi tidak bisa keluar atau greenhouse. Hal tersebut dilakukan jika cuaca tidak mendukung

Progo Farm :  Kami pakai aplikasi air bening karena kolam indoor dan plankton tidak

berkembang karenanya kami menjaga parameter kualitas air dengan sistem RAS / Recirculating Aquaculture System, sederhana,  air hijau karena plankton berkembang. Pada malam hari plankton sebagai tumbuhan tidak ada aktivitas fotosintesa dan memerlukan oxygen untuk pernapasan (respiration) sehingga bersaing dengan benih lele. Terkadang benih lele kalah bersaing dengan plankton/lumut dalam mendapatkan oxygen sehingga harus sering sering ke permukaan mengambil oxygen. Pada siang hari plankton/lumut berfotosintesa dan menghasilkan oksigen dan bisa menyegarkan kolam. Pada aplikasi air hijau, pada malam hari dapat diberi perangkat aerasi untuk supply oxygen.

Terima kasih.

Ingin mengetahui harga lele hari ini klik   Harga Ayam Hari Ini

PP booster fish

link

pakan ikan lele

pakan organik

membuat pelet apung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>