«

»

Sep 14

Budidaya Pepaya Atau Kates

Budidaya Pepaya Atau Kates

Oleh : Happyati

Naskah Budidaya Pepaya Atau Kates ini semoga memberi manfaat bagi yang ingin bercocok tanam tumbuhan pepaya. Tetumbuhan atau anaman yang berjuluk latin Carica papaya L atau acap digelari  juga dengan nama kates juga betik ini adalah tumbuhan yang berasal dari Amerika latin, Meksiko. Di negeri kita indonesia juga banyak para petani yang menanamnya dengan berbagai tujuan baik sebagai hiburan, memanfaatkan lahan yang kosong maupunsebagai mata pencaharian sehari-hari.

Dan pada dikesempatan kali ini kita akan membahas tentang budidaya pohon pepaya dengan cara sederhana :
1. Persiapan Lahan

Langkah permulaan  dalam menanam atau membiakkan pepaya baik dalam skala kecil atau industri adalah mempersiapkan media berupa lahan tanam dimana kegiatan ini meliputi membuat bedengan kemudian pembuatan lubang tanam (pembolongan mulsa) tepat di tengah bedengan dgn jarak tanam ideal 2,50m-2,75m dengan sistem zigzag.

Sistem pelubangan  zigzag bertujuan untuk menjaga kelembaban diantara bedengan, terutama saat musim penghujan dimana genangan air akan membahayakan tanaman kates terutama pada saat benih muda (bibit). Lubangi plastik mulsa dgn panjang 40cm-45cm dan lebar 35cm-40cm atau bisa juga berbentuk bulat berdiameter 50 cm, kemudian dilakukan pembuatan lubang tanam dengan panjang 25cm-30cm, lebar 25-30cm, dan kedalaman 25cm-30cm.

2. Persiapan pembibitan  dan teknik Penanamannya.
Pada fase ini dibutuhkan media yang menaungi (sungkup) pembibitan untukk melindungi bibit yg masih muda terhadap kemungkinan rusak atau mati oleh hujan dan hewan serta hama.Kemudian menyediakan media semai dgn komposisi 20 liter tanah, 10 liter pupuk kandang, dan pupuk organik buatan sendiri.
Campurkan semua media hingga merata kemudian dimasukkan ke dalam polybag semai berukuran 10cmx10cm. Benih disemai ke dalam media sebanyak 1 butir/media. untuk mempercepat perkecambahan benih taruh di dalam ruangan gelapdan untuk mempercepat germisasi siramkan parutan 3 siung bawang putih yang sudah diaduk dengan air dan semprotkan ke benih yang sedang disemai, sungkup bisa diberi penutup sehingga cahaya matahari tidak bisa masuk atau dengan cara permukaan media ditutup dgn kain karung / goni / sarlon / paranet / terpal atau bisa juga menggunakan mulsa  kemudian yang utama dijaga kelembabannya. Hidari bibiut terkena sinar matahari langsung dan hujan.
3. Cara tanam pohon pepaya yang baik dan benar
Buka polybag semai yang sudah berumur 30-40hari kemudian masukan kedalam lobang yang telah disiapkan 15 hari sebelumnya kemudian padatkan tanah, ini dimaksudkan supaya tanah yang tadinya dalam polybag dan tanah di bedengan cepat menyatu dan akan lebih cepat akar-akar pada benih pepaya  merayap secara horizontal.

Pemupukan

Pupuk terbaik dapat digunakan dengan menggunakan

1. Ambil 500ml air kolam ikan (bisa lele, nila atau ikan apapun) lalu beri 2 ml enzima star.

Siramkan kepohon pepaya sebanyak 4 pohon. Lakukan setiap 3 hari sekali. Hasil dari pemupukan dengan menggunakan air kolam ikan dan enzima star ini mempercepat 1 -1,5 bulan lebih cepat dari jadwal panen perdana dan meningkatkan buah sebanyak 20-30%.

Demikian artikel sederhana Budidaya pepaya Atau kates ini,

Terimakasih.

Artikel lainnya

Probiotik, Peluang Bisnis Menggairahkan

Catatan admin

Happyyati adalah team kreatif boosterfisdh.com berdomisili di Banyuwangi

 

PP booster fish

link

pakan organik

pakan alternatif

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>