«

»

Nov 16

Cara Memacu Pertumbuhan Larva

CARA MEMACU PERTUMBUHAN LARVA

(Segmen benih lele)

Oleh : Progo Farm Jogjakarta

kolam benih

Eksperimen kecil-kecilan, The Power of Darkness
“Jangan takut akan gelap
Karena gelap melindungi diri kita dari kelelahan”
(kutipan lagu Jangan Takut Gelap : Tasya Feat Duta Erros)

CARA MEMACU PERTUMBUHAN LARVA

Gelap pun punya manfaat termasuk dalam budidaya lele…eksperimen kecil sudah menampakkan hasil, skala usaha sedang dikerjakan…
(Hasil dari baca-baca publikasi ilmiah dan mencobanya)

Dari hasil baca-baca publikasi ilmiah tentang efek cahaya (photoperiods) pada pertumbuhan benih lele (clarias Gariepinus) dan percobaan sendiri skala kecil menunjukkan bahwa benih lele yang dipelihara dalam kondisi gelap terus menerus (0L:24D – 0 Light : 24 Dark) tumbuh lebih cepat daripada kondisi 12 jam terang 12 jam gelap mengikuti siklus siang malam. Selain itu mampu meningkatkan Survival Rate (SR) dan menurunkan tingkat saling serang (kanibalisme) Pada masa penetasan (hatching) bisa menggunakan 6 jam terang : 18 jam gelap untuk memperoleh tingkat penetasan (hatching rate) yang tinggi.

Tantangan pemeliharaan dalam kondisi gelap terus menerus adalah bagaimana menjaga parameter kualitas air tetap baik terutama :
– Suhu air dijaga dalam kondisi hangat dikisaran 26-30C, pada siang hari relatif tidak masalah namun pada malam hari, kami menutup seluruh bagian kolam sehingga tidak ada udara dingin yang masuk
– Oksigen terlarut : pada kondisi gelap kadar oksigen terlarut biasanya rendah, untuk itu diperlukan tambahan aerasi kecil namun merata. Agar dihindari pemberian aerasi yang menyebabkan arus yang berlebihan agar energi lele tidak habis untuk melawan arus.
– Penyediaan pakan secara ad libitum (selalu tersedia setiap saat) 2-10 hari setelah penetasan dengan pakan hidup (live diets : cacing sutra, artemia dll) dan setelah itu dengan pakan buatan (formulated diets) berbentuk bubuk (powder) disajikan dalam bentuk pasta (satiation). Ketersediaan pakan ini berperan penting untuk pertumbuhan benih lele ketika kita mengkondisikan lingkungan yang memungkinkan benih lele berenang aktif dan metabolisme yang tinggi. Penggunaan pakan alternatif lele buatan sendiri akan menghemat biaya pakan dan menjaga kualitas pakan, disarankan pemakaian bahan pelet dengan protein 37,19 %, yang sekarang banyak beredar dipasaran.

Hal diatas sebenarnya memanfaatkan sifat alami dari lele sebagai hewan nokturnal yang aktif mencari makan dalam kondisi gelap dan dengan menjaga suhu air dalam kondisi hangat akan menjaga tingkat metabolisme sehingga benih lele mampu bergerak lebih aktif dan makan lebih banyak yang dipercaya mampu memacu pertumbuhan lebih cepat…

Perlu diperhatikan untuk menjaga suhu. Kolam yg sdg kami bangun akan menerapkan teknik ini, tetap memanfaatkan panas dari sinar matahari namun tadi mangambil cahayanya. Ada bagian kolam dengan atap platik ultraviolet (UV) sementara air disirkulasi.

(Terima kasih Mas Progo Farm, semoga menjadi amal yang nyata dan bermanfaat untuk kita semua)

Fenomena menarik dilingkaran fase budidaya lele segmen pembenihan

***** Budidaya daphnia

Air bekas yang lama yg digunakan  untuk fase pendederan, bisa digunakan lagi, dipindah kolam benih sebelahnya dan ketika  benih hendak dijual tambahkan lagi probiotik mengandung lactobacillus dan kasih benih dhapnia dari kolam yangkosong lainnya, begitu seterusnya.

g12

Gambar daphnia

***** Jentik sebagai pakan larva

Jentik bisa digunakan sebagai pengganti pakan cacing sutra, caranya :

Buat kolam (ukuran bebas) buat naungan agar gelap, beri air cukup 30cm, berikan 1 buah telur rebus, dipecah jadi 2 atau 4, biarkan 48 jam. Setelah 48 jam akan muncul jentik-jentik sangat banyak diatas permukaan kolam, cara panennya gunakan serok dan langsung berikan ke benih. Insya Allah akan menghemat cacing sutra yang saat ini sulit dicari dan mahal.

***** Daun kelapa kering

Memijahkan indukan lele dengan menambahkan daun kelapa kering hasilnya cukup baik. Daun kelapa kering sebagai antibiotik alami. Bawang merah yang diparut atau jantung pisang yang berwarna putih ikut disertakan dalam pemijahan alami.

***** Spirulina plantesis

pemakaian algae spirulina jenis plantesis pada larva usia 3 hari akan mengurangi pemakaian pakan cacing sutra. Spirulina meningkatkan daya tahan tubuh larva, sebagai antiotik alami dan pakan alami pengganti cacing sutra terbaik.

Artikel-artikel yang berhubungan dengan konten diatas yang layak anda baca dibawah ini

Ulasan admin

Induk Lele cepat matang gonad & cara pemijahan lele dari Ponorogo Jatim

Pembenih lele GOES TOMO dari badegan Ponorogo

1.  Pakan yuyu atau kepiting parit seminggu 4 kali (kandungan Protein, lysine dan metionine)

2. probiotik khusus indukan setiap hari dengan jalan dibibis kepakan

3. Belatung atau maggot setiap hari pagi dan sore.

4. Bekicot atau Keong Mas (tidak menentu tergantung musim tanam padi)

Goes Tomo memelihara indukan strain Dumbo, masamo dan paithon. Keunggulan Goes Tomo sukses memijahkan terus menerus terletak dari

1. Menggunakan probiotik khusus indukan yang andal

2. Managemen kolam yang baik dan benar.

3. Managemen pakan dengan kadar protein range 37% sd 45%

4.Mempersiapkan kolam atau bak pendederan selepas pemberian cacing sutra. Umumnya peternak membuat kolam dengan ketinggian air 50cm-75cm oleh Goes Tomo tinggi air kolam pendederan dibuat 100cm-125cm.

5.Beberapa penyempurnaan dengan pemberian heater dan sistem water treatment yang saat ini dalam taraf uji lapangan yang akan kami dirilis dalam waktu dekat ini.

Demikian dan terimakasih

Kunjungi juga artikel dibawah ini

Fermentor pakan ternak tercepat

Pemijahan Hipofisa, Sebuah Solusi

Budidaya Lele Segmen Pembenihan

Pakan Alternatif Lele

Terimakasih

kolam benih

 

Kolam Progo farm Jogja

 

kolam goes

 

Kolam Goes Tomo Badegan, Ponorogo

CARA MEMACU PERTUMBUHAN LARVA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>