«

»

Nov 13

Cara Mengelola Website / Blog

Cara Mengelola Website / Blog

Oleh : Hadi Winarto

Tidak ada makan siang gratis, demikian istilah banyak orang saat ini sering diucapkan diberbagai forum atau kesempatan. Demikian juga dalam membangun sebuah website atau BLOG

Saya dan mungkin sebahagian anda bahwa salah satu tujuan membuat atau membangun sebuah website adalah agar mendapatkan penghasilan tambahan seperti cerita-cerita bombastis dan spektakuler tentang keberhasilan orang-orang yang sukses meraup rupiah dan dolar dengan membuat website. Namun sebanyak cerita yang sukses namun tidak sedikit berakhir dengan kekecewaan, ada yang menyerah ditengah jalan ada yang tetap maju tak gentar.

Saya lalu mendapatkan beberapa petunjuk dari beberapa teman pakar dan referensi dan saya rangkum dibawah ini.

  1. Langsung memulai (Action)

Mulai saja anda memilih domain dan daftarkan. Soal design, isi konten dan materi apa saja yang hendak ditampilkan anda akan mendapatkannya bahkan akan lebih hebat dari pada yang pernah anda fikirkan sebelumnya, anda tidak akan pernah menyangka anda akan bisa membuat konten yang hebat, disukai dan design serta pewarnaan yang top nantinya.

  1. Sabar dan telaten

Memang ada beberapa blog atau website yang sangat luar biasa dan disukai  semua orang dan dikunjungi jutaan orang hanya dalam waktu 60 hari. Namun jika anda tidak merasa tidak mungkin seperti mereka, gunakan saja jurus klasik warisan para sesepuh kita : sabar dan telaten, sabar dan telaten dengan cara membuat artikel atau konten buatan sendiri tanpa copas, gali terus topik-topik apa yang menarik. Sekali lagi tidak ada yang instan walaupan didunia online, justru katanya dunia online kompetisinya sangat berat karena tidak ada batas teritorial. Disegmen inilah kuncinya anda bisa bertahan atau angkat bendera putih, menyerah graak !

  1. Bertumbuh

Pelan dan pasti jika website anda kelola dengan baik, tentu akan tumbuh dan berkembang, pengunjung akan datang, seperti halnya warung atau mini market anda akan mendapatkan pengunjung berkala/tetap. Terus saja buat konten-konten, Upayakan membuat dan mem posting secara konsisten. Konsisten dan makin hari makin berkualitas yang disukai oleh mesin pencari. Periode ini waktunya bervariasi, antara 3 bulan hingga 12 bulan, agar tetap semangat, tetapkan satu orang musuh anda bahwa musuh terbesar anda adalah diri anda sendiri, andalah kompetitor yang sejati, blogger lain? Anggap saja mitra kerja anda, merekalah pemicu semangat anda, mereka sumber inspirasi anda.

  1. Berkembang

Periode ini sudah sedikit nyaman, pengunjung udah ribuan, jika 30.000 pengunjung perbulan beberapa  dari mereka pasti akan order produk anda, pundi-pundi keuangan anda sudah mulai terisi, gemerincing atau bertambah. Anda tidak boleh puas, 1 atau 2 konten harus anda buat. Ga boleh puas ya.

  1. Melayani

Ini periode penentuan, saya menganggap periode bak di kawah candradimuka. Why, Ya ialah, segmen ini kita akan mengetahui produk kita disukai apa tidak. Telepon anda sudah mulai berdering krang-kring setiap hari, namun seketika anda akan ditinggalkan jika anda malas mengangkat telepon, ogah-ogahan menjawab SMS atau Email seperti gembor-gembor anda saat ber promosi : melayani dengan bla … bla… bla. Tingkat keberhasilan sebuah produk yang anda jual melalui online justru bisa anda closing / menerima order saat anda melakukan follow-up, apa susahnya anda menelpon balik ? bukankah ini yang disebut sense of responsive ? pernahkah anda menghungi pemilik blog orang lain ketika anda berminat dengan produknya namun Hp nya mati rotal ? anda kecewa bukan ? Nah, kita bisa bercermin dari kejadian yang kita alami sendiri.

 

Link atau tautan yang terkait dengan artikel ini

CARA ALAMI TERINDEX DI GOOGLE

HEBOH SEO DI MESIN PENCARI 

GARA-GARA ALEXA

GOOGLE+, CARA SIMPEL TINGKATKAN VISITORS

cover IB

Terima kasih, Salam Blogger.

PP booster fish

Cara Mengelola Website / Blog

 

 

4 comments

Skip to comment form

  1. geodesic dome tent kit

    although sites we backlink to below are considerably not associated to ours, we feel they are in fact worth a go as a result of, so possess a look

  2. Walton Siwik

    Thanks for this excellent article. Yet another thing to mention is that many digital cameras come equipped with a new zoom lens that enables more or less of a scene being included by ‘zooming’ in and out. These kind of changes in focus length are usually reflected within the viewfinder and on significant display screen right on the back of the specific camera.

  3. Luigi Vanwie

    Your very own commitment to getting the message throughout came to be rather powerful and have consistently enabled employees just like me to arrive at their desired goals.

  4. Allyson Leiendecker

    Howdy, would you mind letting me know which web host you’re utilizing? I’ve loaded your blog in 3 completely different web browsers, and I must say this blog loads a lot quicker then most. Can you suggest a good internet hosting provider at a reasonable price?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>