«

»

May 20

Ebook, bisnis buku Masa Depan

Ebook, bisnis buku Masa Depan

Oleh : Hadi Winarto

Tahun 2005 yang lalu teman saya seorang penerbit lokal (daerah) berkata :  Sebentar lagi saya harus siap-siap, kalau tidak mau gulung tikar atau segera mencari solusi bagaimana caranya menjual buku menghadapi era digital, sekarang jutaan judul buku dalam bentuk ebook bertebaran didunia maya.

Awalnya saya menilai teman saya itu lebai namun tanpa sadar tahun 2013 saya kaget sendiri membaca sebuah postingan bahwa bisnis ebook di kanal internet menduduki peringkat 4 ditilik dari nilai transaksinya, mencapai ratusan triliun rupiah. Teman saya itu ternyata benar ! Atas inspirasi ini, maka terbitlah tulisan : Ebook, Bisnis Buku Masa Depan ini.

Saya terus menelusur dan mendapati seorang blogger mampu menjual 15.000-30.000 eksemplar ebook bahkan ada yang mencapai omset ratusan juta rupiah. Whoah.

Ebook, adalah buku elektronik, yang lain juga menyebut etutor atau newsletter ini memang dalam hal permodalan relatif lebih murah, tanpa biaya produksi (kertas) dulu kita mengenal jika sebuah buku terjadi best seller maka dibuatlah cetakan ke-2, ke-3, ke-4 dan seterusnya, jika ada revisi atau tambahan materi tentu akan ada tambahan biaya produksi, ebook tidak begitu, ebook  tidak ada biaya produksi lagi paling-paling revisi dengan menghapus dalam waktu singkat dikerjakan oleh tuts delete di keyboard komputer pengarangnya. Terus kita berperan sebagai pengarang sekaligus penerbit. Benefit effect lain bermunculan jasa pembuatan ebook, design cover ebook, website jasa penjualan ebook, jasa review ebook,  Asyik… syik.

Begitu mudahnya bisnis ini, jika anda memiliki ide atau materi untuk dibuat buku namun merasa kurang piawai diinternet jangan cemas, berjubel jasa pembuatan ebook dan tarifnya murah-murah. Desainer juga bisa kita upah untuk membuat sampul buku yang cantik.

Anda juga minat ! begini caranya :

  • Diferensial (berbeda), Langkah awal ini carilah ide unik lain dari yang lain. 7 milyard penduduk didunia ini memiliki keinginan berbeda,  yakinkan ide yang hendak anda jadikan ebook akan banyak peminatnya. Tumpahkan seluruh ide anda, anda tidak perlu menguber-uber sebuah inovasi atau penemuan, ini akan memakan waktu lama, buatlah manuskrip yang sederhana misalnya bagaimana membuat lilin atau lampu aromaterapi atau teknik bercocok tanam cabe rawit atau cara membuat pupuk organik. Buatlah dengan bahasa yang menarik ga boleh boong, ga boleh tipu-tipu, bombastis dan PHP.
  • Obyek (topik), Buatlah materi yang benar-benar anda kuasai, karena kelak jika ebook anda sudah ada yang membeli biasanya mereka akan bertanya lebih lanjut perihal materi pada waktu mempraktekkannya.
  • Cover (sampul buku), buatlah cover etutor atau ebook anda semenarik mungkin, cover adalah manager marketing andalan anda. Anda juga bisa menyewa jasa cover design.
  • Isi materi, lengkapi buku elektronik anda dengan foto-foto, fakta, testimoni, uji produk dan kalibrasi yang menggambarkan isi buku anda.
  • Costumer satisfaction, Ketikan naskah yang populer saat ini menggunakan file ekstension pdf. Menggunakan word juga engga apa-apa yang penting substansinya. Buatlah pembeli puas dan ebook yang anda jual bermanfaat bagi dunia dan disamping anda menerima rezeki secara finansial siapa tahu karya anda menjadi buah bibir. Kali aja anda newsletter anda menjadi trending topic dunia.

Cara menjualnya,

  • Bermacam cara dan kalau perlu sikat semua teknik yang banyak diajarkan oleh para blogger kita yang banyak memberi inspirasi. (blogger Indonesia disegani lho didunia ini)
  • Buatlah blog atau website untuk media penjualan karya anda. Anda bisa beriklan di blog-blog terkenal, mendaftarkan diri ke mailing list. Jangan lupa membuat akun di medsos di fesbuk, twitter, instagram, google+ dan lain-lain. Teman saya yang saya sebutkan diatas melakukan ini semua bahkan beriklan dimedia offline, koran dan majalah, membuat beberapa situs dan membayar jasa review.
  • Tetap saja, anda harus fokus, tekun dan penuh semangat, penuh gairah, sama halnya berbisnis lainnya. Tidak ada makan siang gratis.
  • Anda bisa beriklan di situs-situs yang khusus melayani iklan penjualan ebook, masukilah forum-forum jual beli online.

Okey gan !, hal-hal lain anda harus mempersiapkan data profil anda, alamat lengkap, nomor kontak, rekening Bank dan lain yang dirasa perlu. Standby kan ponsel anda karena sekali anda tidak bisa dihubungi calon pembeli, dia akan beralih mencari ebook dengan materi kurang lebih sama. Konyolnya calon pembeli yang kecewa and marah menulis dikolom komentar atas pelayanan anda.

Kurang lebih begitu aja naskah yang saya beri judul Ebook, bisnis buku masa depan, ini.

Siapa tahu anda bisa menjadi marketer ebook yang hebat. Siapa nyana setiap jam anda membaca SMS berbunyi kring kring :

“Ane sudah transfer gan !, mohon dicek, thx“.

Berarti pundi-pundi uang sudah masuk kerekening anda, rekening anda juga bisa gendut. Enaknya lagi terjun di bisnis ini kita ga perlu cari lokasi yang strategis, malah disaat kita sedang tidur, dikutub bumi terjauhpun ada seseorang sedang membaca advertensi ebook yang anda tawarkan. Pembuat ebook bisa disejajarkan dengan profesi seorang motivator. Dia bekerja untuk memberi pengetahuan buat orang lain. Laku syukur ga laku belum mujur.

Pelajaran berharga.

Penulis pada pertengahan tahun 2012 juga pernah mencoba peruntungan dengan membuat ebook, materi cukup bagus, cover dan informasi lain juga bagus, kata teman-teman. Sayangnya penulis hanya beriklan gratis di situs iklan (pelit). Akhirnya penjualan tidak begitu baik. Namun kelak setelah tidak sibuk lagi ngurusi kolam dan ayam penulis akan back to laptopall-out bertarung mengadu untung dibelantara virtual ini.

Thank you & best of luck

Kepada para blogger silahkan naskah ini atau naskah lainnya diadaptasi untuk kepentingan blog anda, Ebook, bisnis buku Masa Depan ini, sesungguhnya hak cipta hanya milik Allah.

tumpukan buku       cover IB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>