«

»

Jan 20

Enzim Pengganti Era Probiotik ?

Enzim Pengganti Era Probiotik ?

Oleh Hadi Winarto

Enzim Pengganti Era Probiotik ?

Industri agrokultur terutama pada hewan ternak dan ikan saat ini sedang gegap gempita, menggelinding bak bola salju liar, berupa pemanfaatan enzim atau enzima bagi pertumbuhan hewan ternak, bermunculanlah merk-merk dagang dengan berbagai klaim keberhasilan mereka. Seperti biasa untuk mengukur sebuah obyektifitas dan merasa ikut bertanggung jawab penulis ikut menyikapi fenomena ini dengan serius.

Gemuruh beralihnya pemakaian probiotik ke enzim memaksa kami ikut membeli semua produk yang meng-atasnamakan dan kami lakukan riset lapangan, promo enzim mampu secara signifikan meningkatkan pertumbuhan, bobot, daya tahan tubuh (stamina) pada hewan ternak seperti ayam, itik, sapi, kelinci, babi dan ikan bahkan ratusan testimoni atau kesaksian membawa penulis larut dan penasaran, selama berbulan-bulan melakukan uji coba lapangan semua produk yang banyak muncul di toko online, toko pertanian dan pakan ternak.

Lantas apa hasil kesimpulan akhir ?, ini pertanyaan yang timbul dari semua kolega saya baik secara online maupun offline. Tak beretika rasanya membicarakan sebuah merk produk dagang mana yang unggul dan mana yang tidak (ntar disangka pesan sponsor) namun benar jua memang ada kategori  produk sangat unggul, unggul dan atau unggul disatu item dan ada juga yang jelek sekali, yang jelek ini biasanya adalah produk petualang bisnis yang tidak ada welas asih dan telah merugian konsumen. produk buruk akan memperburuk nasib petani dan peternak.

Dan pertanyaan terbanyak berikutnya yang mampir di virtual desk kepada penulis adalah setujukah gembar-gembor enzim sebagai salah satu komponen yang bisa meningkatkan kinerja ber agro-ria ?  penulis tegas menyatakan setuju. Enzim dan dengan berbagai jenis dan turunannya adalah solusi yang mampu meningkatkan sistem kinerja metabolisme hewan ternak, meningkatkan daya tahan tubuh, memerpendek usia panen. Dasar dari jawaban ini adalah hasil uji lapangan ini dilakukan berkali kali dari berbagai jenis hewan, waktu uji coba (iklim) tempat uji coba (lokasi) takaran atau ukuran (dosis) dan metodologi uji coba yang penulis praktekkan dan yang kedua adalah testimoni atau kesaksian dari teman-teman penulis pemilik farm, peternak dan petani yang tersebar diseluruh Indonsia.

Artikel ini sebenarnya turut menyudutkan produk probiotik yang kami miliki sendiri sementara produk enzim penulis tidak (belum) membuatnya. Sejatinya penulis harus obyektif dan berkata sesungguhnya meskipun resiko produk probiotik akan ditinggalkan, cepat atau lambat.

Pemakaian enzim diberbagai farm, peternakan, pertanian dan agroindustri telah menumbuhkan fanatisme nya sendiri. Teman penulis, Mas Syamsul di Malang Jawa Timur memperlihatkan penampakan sebotol enzim yang baru dibelinya dan mengaku ga beli probiotik lagi, dia yang menyatakan era probiotik akan segera tamat dan pernyataannya beliau inilah yang menggoda saya dan mengapa tercipta judul artikel ini. Ups, gitu ya.

Hasil  pengujian memiliki banyak perbedaan hasil,  tiap-tiap produk enzim seperti yang dicatat sebuah merk memang bagus untuk ayam, dalam kurun waktu 35 hari bobotnya lebih berat 3-5 ons dibandingkan ayam yang tidak diberi enzim dan kotoran (feses) kandang ayam tidak berbau padahal peternakan ayamnya berada dipemukiman padat. Enzim merk lain memiliki keunggulan yang berbeda, jika diberikan ke ikan sebuah merk cukup bagus pada semua tanaman namun terhadap  hewan ternak tidak memberikan efek bagus.

Sekian dulu artikel tentang enzim ini, penulis sedang mengumpulkan berbagai literatur dan pengujian-pengujian lebih lanjut agar menghasilkan akurasi informasi tentang enzim dan manfaatnya bagi insan agro. Beberapa hari kedepan pembaca akan menerima lebih detail laporan dari kami tentang enzim secara komplit. Ditunggu ya brow.

Dan seperti sedia kala, kami akan meluangkan waktu diskusi, share tentang enzim agar semakin meningkatkan wawasan kita dibidang ini dan sebagai progres perbaikan dalam ilmu pengetahuan tentang makhluk hidup.

Tanya lebih lanjut, akankah enzim akan berhasil guna, berdaya guna, bermanfaat, mampu meningkatkan taraf hidup  bagi semua penggiat agrobisnis dan komunitas agrobisnis diseluruh dunia ??? Akankah pamor enzim akan benar-benar bisa menggantikan probiotik yang terlebih dahulu berkibar di dunia agrokultur, agrobisnis, agroindustri ???

Wait and see, you can see.

Terimakasih

Share, contact langsung, 081224217112 No SMS)

Artikel yang berkaitan dengan ENZIM  dapat di klik link warna biru dibawah ini

Apa itu Fermentasi

Kascing pupuk terbaik didunia

Teknologi ENZIM yang paling dicari

tumpukan buku

Enzim Pengganti Era Probiotik ?

Kata kunci

enzim dan ozonizer # membuat pelet apungpakan organik #

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>