«

»

Sep 20

Enzim Untuk Ayam Organik

Enzim Untuk Ayam Organik

Oleh : Hadi Winarto

Pengertian

Enzim adalah
Dalam tubuh semua makhluk hidup memerlukan piranti (ware) dan bahan-bahan itu terdiri dari 3 serangkai yang saling terkait yaitu
(1)ENZIM

(2)MAKANAN

(3)HORMON

Enzim diibaratkan sebagai alat pekerja dan enzim inilah sebenarnya pekerja yang bertugas mengatur metabolisme dalam raga kita atau diraga lele, ayam, kuda, harimau. Pokoknya  makhluk yang bernyawa dech. Enzim yang membuat rancang bangun yang bahan baku nya disebut MAKANAN atau MATERIAL, makanan ini terdiri dari dan bernama vitamin, lemak, karbohidrat dan protein.

Enzim yang membangun tubuh dengan bahan baku dari protein, karbohidrat, vitamin dan lemak, material inilah yang diaduk-aduk, diramu, diracik oleh sang pekerja alias ENZIM. Oke kan, jika makanan ada tapi enzim tidak ada bagaikan calon rumah yang sudah ada paku, semen, batubata, cat, seng tapi si tukang absen atau minta izin cuti.

(baca : Sejenak Dengan Enzim)

Hidrolisa adalah Hidrolisa adalah proses dimana air adalah penyebab penguraian persenyawaan air, sedangkan air sendiri juga terurai. Hidrolisa juga bekerja sebagai pemecah protein, perubahan gula, saponifikasi lemak dan pembuatan dekstrin serta dekstrosa dari kanji.(baca : Karbohidrat dan Hidrolisa )

Polisakarida adalah

Polisakarida (beberapa molekul-molekul gula) misalnya selulose, chitin, glikogen dan pektin.

Monosakarida adalah Monosakarida (satu molekul gula tunggal / sederhana) misalnya glukosa

Ayam Organik

Mendengungkan, memasyarakatkan  atau mensosialisasikan agar mengkonsumsi ayam organik yang lebih sehat, tidak kontaminan, higienis dan taste lebih gurih adalah mission imposibel, ini kata teman saya yang seolah frustrasi dengan kondisi yang ada dimasyarakat. Ayam broiler yang dikenal ayam yang cepat besar, cepat panen mengakibatkan bisnis unggas hasil rekayasa genetika ini seolah melupakan semua jenis ayam konsumsi, demikian sinyalemen teman saya yang ilmuwan unggas sekaligus praktisi atau pelaku pemulia-biakan ayam hias dan ayam tradisional. (Baca : Kendala Sosialisasi Ayam Organik)

Baiklah, lupakan saja keputus-asaan teman saya diatas. Bagaimanapun, kelak, masa depan tetap berpihak kepada kesehatan. Kesehatan manusia salah satunya ditentukan oleh yang dikonsumsi oleh masyarakat itu sendiri. Disamping faktor-faktor lain seperti keseimbangan alam (balancing of life) dan gaya hidup (life style)

Strategi utama dalam keberhasilan menjalankan budidaya ayam organik adalah kemampuan dalam penghematan komponen biaya pakan.

Seperti judul diatas Enzim Untuk Ayam Organik, menjelaskan secara singkat tentang

aplikasi enzim terhadap  ransum pakan. Enzim digunakan untuk meningkatkan nilai nutrisi (gizi) dan tentu saja akan mengurangi biaya produksi.

Pada makhluk hidup enzim bertindak sebagai katalisator. Enzim bekerja mempercepat reaksi dan meningkatkan kualitas senyawa organik.

Semua hewan dan manusia secara alamiah dalam batas tertentu sudah memiliki enzim yang dapat mencerna ransum makanan dalam perangkat pencernaan dan diperlukan enzim tambahan untuk meningkatkannya.

Untuk ayam, bebek dan burung (unggas) enzim dominan yang paling dibutuhkan adalah Enzim glukanase, selulose, silanase, protease dan multi enzim-enzim ini yang meng-hidrolisa polisakarida menjadi monosakarida. Semakin banyak enzim yang diberikan akan semakin baik.

Batas toleransi atau syarat ayam organik

 

   Kolesterol                                                   : 80 – 100 mg per-100 gram.

   Fat                                                                : 21 – 25 %

   Protein                                                         : 17 %

   Jumlah kuman                                           : 1.000.

   Kanamicin (antibiotik)                               : 0,05 mg per-kg.

 

   Kandungan bakteri e-colli                       : Negatif

   Salmonela                                                   : 80 – 100 mg per-100 gram

   Kandungan Pestisida                               : Negatif

   Desinfektan kimia                                      : Negatif

   Logam, amoniak dan zat kontaminan    : Negatif

 

Uji lapangan menemukan yang kami lakukan pada ayam broiler di Ketapang Banyuwangi mendapatkan catatan pentingnya enzim :

 

             Object     Kandang 1     Kandang 2     Kandang 3
Jenis DOC Ayam broiler Ayam broiler Ayam broiler
Waktu 21 hari 21 hari 21 hari
Jumlah ayam 30 ekor 30 ekor 30 ekor
Pakan Organik Organik Organik
Enzim lumbrokinase Tidak diberikan 5 gram 10 gram
FCR 1,1 0,92 0,93
Hasil atau bobot 775 gram 930 gram 936 gram

Angka-angka pengujian diperoleh kesimpulan pada kandang 2 lebih baik, jumlah enzim lebih hemat dan kandang 3 FCR lebih baik.

Hasil uji coba pada ayam kampung didapatkan cangkang telur lebih keras dan kuning telor berwarna lebih cerah dan secara mutual konsep penggunaan enzim akan menekan biaya pakan lebih murah, sehat, kuat dan panen lebih cepat. Penelitian secara luas saat ini enzim banyak digunakan oleh pabrikan dan dapat diaplikasikan kepada binatang peliharaan yang sifatnya hewan konsumsi yang bernilai produksi (bisnis) ayam, bebek, udang dan ikan. (baca : Bidikan Jitu Bisnis pakan Ayam Organik)

 

Bacaan asyik silahkan klik ini

Ayam Organik : Standard Dan Syaratnya

 

Info silahkan kontak 081224217112 (no SMS)

tumpukan buku

Jual

Tepung tepung kering bermutu tinggi

Sudah melalui proses sterilisasi, hidrolisis, enzimatis dan fermentasi.

Tepung onggok protein 25%     Rp.1.800

Tepung jagung  protein 24%     Rp.3.200

Tepung gandum protein 25%   Rp.3.000

Tepung Kedele protein 29%     Rp.3.500

Minimal order 7 ton

kata penelusuran

pakan ayam

pakan organik

jual pakan ayam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>