«

»

Oct 08

Gemar Ikan itu Hebat

Gemar Ikan Itu Hebat

Oleh : Hadi Winarto

Gemar ikan itu Hebat. Dalam 40 tahun terakhir telah lahir ribuan jurnal kesehatan, artikel ilmiah, pernyataan dan testimoni dari puluhan  ilmuwan dan ahli gizi dunia yang membuktikan bahwa ikan sangat baik bagi kesehatan dan kecerdasan manusia. Beberapa kesimpulan dari peneliti yang mengangkat thema tentang manfaat ikan dapat dicatat sebagai berikut :

  • Mengandung protein yang mudah dicerna manusia
  • Ikan memiliki asam amino esensial seimbang
  • Ikan mengandung omega-3 yang sangat penting bagi perkembangan jaringan otak
  • Mencegah terjadinya penyakit jantung, darah tinggi dan stroke
  • Mencegah timbulnya penyakit inflamasi seperti : asma, colitis, arthritis, dermalitis, psoriasis.
  • Membantu menyembuhkan skizofrenia dan depresi
  • Menurunkan tingkat hiperaktif pada anak-anak
  • Dibeberapa negara yang penduduknya yang mengkonsumsi 100% ikan setiap harinya tidak ditemukan penyakit serangan jantung.
  • Penduduk yang mengkonsumsi ikan memiliki kecerdasan yang tinggi seperti di Jepang, Maladewa dan Israel.
  • Mencegah beberapa jenis alergi
  • Peneliti barat menyatakan bahwa minyak ikan memperlambat proses penyumbatan pembuluh nadi. Pembuluh nadi yang tersumbat mengakibatkan stroke dan serangan jantung.
  • Mengkonsumsi minyak ikan menunjukkan endapan lemak empat kali lebih sedikit bagi yang tidak mengkonsumsi minyak ikan.
  • Menurunkan tekanan darah
  • Meningkatkan high density lipoprotein (HDL) yang merupakan kolesterol baik yang menekan low density lipoprotein (LDL) yang merupakan kolesterol jahat yang bermuara pada timbulnya penyakit jantung.
  • Memperlebar saluran darah
  • Menurunkan lemak netral dalam cairan darah.
  • Menghambat pergeseran cairan darah atau menurunkan kekentalan cairan darah yang merusak fungsi jantung dan otak.
  • Mencegah obesitas (kegemukan) karena mengurangi bertambahnya sel-sel lemak pada tubuh.
  • Omega-3 pada ikan khususnya zat EPA (eicosapentaenoat) dan zat DHA (dekosaheksaenoat) ter identifikisai kuat berguna bagi kesehatan manusia.
  • EPA adalah kata lain yang dikenal dengan nama vitamin F, vitamin F adalah  aktivatorsel-sel otak.
  • Fungsi kerja DHA antara lain
  1. Mencegah penyakit kanker
  2. Pencegah pergeseran pembuluh darah
  3. Memperlambat proses penuaan
  4. Mencegah penyakit parkinson
  5. Penurun kepekatan kolesterol dalam cairan darah
  • Ikan kaya dan kompit akan zat-zat seperti :
  • Taurine : mencegah penyakit ginjal, pengerasan pembuluh darah, liver dan mencegah terhadap penurunan kualitas penglihatan
  • Vitamin B1 : Pembengkakan, stress, herpes, radang mulut dan lidah.
  • Niacine, Vitamin A, B1 dan B2 dan yodium : bau mulut, radang mulut, mencegah penyakit kulit, migrain, sakit perut dan penyakit gondok.

Demikian, makan ikan setiap hari secukupnya memberi multi fungsi bagi organ tubuh manusia seperti :

  1. Meningkatkan kesehatan dan stamina
  2. Sangat membantu perkembangan sel otak artinya ikan meningkatkan kecerdasan
  3. Ikan memiliki kandungan mineral, vitamin, unsur hara yang ideal dan secara otomatis meningkatkan vitalitas seksual

Bagaimana dengan gizi anda ?

GIZI

Kata gizi merupakan terjemahan dari bahasa Arab, berasal dari kata gizai yang arti bebasnya berarti makanan yang menyehatkan, lebih lanjut kedepannya diartikan hubungan antara makanan dan kesehatan. Gizi kemudian dibagi menjadi 3 bagian.

  • Kelebihan gizi (over nutrition)
  • Kecukupan gizi (wellnourished)
  • Kekurangan gizi (under nutrition)

Di Indonesia, pada awal tahun 1970 an dilakukan penelitian dan ditemukan 4 hal masalah yang berkenaan dengan gizi.

  • Kekurangan kalori.
  • Kekurangan protein (terutama yang bersumber dari protein hewani)
  • Kekurangan Vitamin (terbesar kekurangan vitamin A)
  • Tingginya penyakit gondok endemis.

Penyebab dari kekurangan kalori, protein dan Vitamin A di indonesia adalah dikarenakan masalah ekonomi, penderita terbanyak diderita ibu-ibu hamil dan menyusui dan anak-anak pra sekolah. Kekurangan dari ke-3 problem itu terdapat secara merata diseluruh Indonesia, pada anak-anak seusia pra-sekolah dibutuhkan kalori, zat kapur dan protein yang seharusnya cukup, konsumsi makanan yang minimum mempengaruhi kecerdasan dan daya tahan tubuh anak.

Sedangkan penyakit gondok endemis disebabkan kekurangan yodium. Penyakit gondok yang terbanyak diketahui terutama didaerah pegunungan. Dalam hal kekurangan yodium disebabkan pola makanan dan pengetahuan yang kurang memadai dan sosialisasi tentang kesehatan yang masih rendah.

Dikemukakan bahwa kekurangan gizi pada anak-anak atau defisiensi kalori mengakibatkan anak kurus kering, mudah terluka dan berujung pada gerakan melemah dan apatis. Pada kondisi kekurangan gizi yang ekstrim akan terjadi penyakit busung lapar. Kelak setelah pada usia senja pada orang dewasa akan mengakibatkan mudah terserang penyakit diabetes, jantung dan rapuh tulang.

Pihak-pihak terkait dan lembaga yang bertanggung jawab dan para ahli gizi merumuskan akan kebutuhan gizi untuk orang Indonesia dan digambarkan dalam bahan makanan ialah :

Beras 300 gram, sayur sayuran 40 gram, daging 20 gram, ikan 60 gram, telor 5 gram, susu 5 gram, buah-buahan 200 gram, lemak 20 gram, gula 25 gram, ubi-ubian 150 gram dan lain-lain.

PENGERTIAN/DEFINISI

Kalori

Satuan ukuran panas, dalam ilmu gizi adalah satuan yang menyatakan jumlah kekuatan panas yang dihasilkan makanan. Kalorimeter adalah alat pengukur jumlah kalori yang dikeluarkan oleh suatu reaksi kimia.

Protein

Sangat penting bagi sumber kehidupan baik manusia dan hewan, sebagai sumber pembentukan sel/jaringan, sumber tenaga, sumber nitrogen. Protein terdiri dari molekul-molekul asam amino. 

Vitamin

Jika manusia atau hewan hanya menerima asupan protein, karbohidrat, lemak dan mineral niscaya hal ini akan menghasilkan pertumbuhan yang tidak sempurna. Disamping zat-zat tersebut diperlukan yang disebut vitamin, vitamin terdapat pada makanan alami, vitamin tidak dapat diproduksi oleh diri sendiri.

Beberapa vitamin penting yang dibutuhkan manusia dan hewan dibuat dan diberi penggolongan seperti vitamin A, B, C, D, E, K,  ini vitamin terpenting. Penggolongan didasarkan dengan sifatnya seperti vitamin B complex karena larut dalam air dan yang larut lemak adalah vitamin A, D, E dan K.

Vitamin A, banyak terdapat pada makanan hati, ginjal dan paru-paru dan jaringan lemak hewan, sayuran dan wortel. Kekurangan vitamin A mengakibatkan kebutaan.

Vitamin B-Complex, larut dalam air, pemisahan sebutannya menjadi Vitamin B1, B2, B6, B12. Kekurangan vitamin B menyebabkan gangguan syaraf, anemia dan lambung.

Vitamin C atau asam askorbat, larut dalam air, manusia dan hewan mampu membuatnya dalam proses didalam dirinya sendiri. Kekurangan vitamin C memudahkan terjadi pendarahan, mudah lemah, gusi berdarah, nyeri sendi dan anemia. Sumber vitamin yang kaya C sayuran segar dan buah-buahan.

Vitamin D,  Cahaya dari sinar ultra violet salah satu provitamin yang disebut zat esgorterol mampu diubah menjadi vitamin D, minyak ikan banyak mengandung vitamin D dan mencegah penyakit rhachitis yang pada anak-anak merapuhnya tulang-tulang dan lemah. Vitamin D mempermudah penyerapan fosfor dan kalsium dari saluran pencernaan. Memakan ikan adalah solusi terbaik menghindari kekurarangan vitamin ini.

Vitamin E, pada tikus kekurangan vitamin ini akan terjadi kemandulan pada jantannya, untuk yang diakibatkan manusia perlu pembuktian ilmiah lebih lanjut. Vitamin E lebih luas mampu menurunkan gejala penyakit katarak hingga 20-30%, vitamin E banyak terdapat pada wortel, brokoli, bayam, kerang, kacang-kacangan, minyak zaitun dan alpukat. Tidak salah vitamin didaulat sebagai vitamin awet mudah pencegah ketuaan. Nah sekarang, masukkan vitamin E ini kedalam menu harian anda.

Vitamin K, larut dalam lemak, sayuran hijau banyak mengandung vitamin ini, salah satu hal penting adalah pembentukan protombin dalam hati. Kekurangan vitamin K adalah menyebabkan diabetes karena darah terhambat oleh proses pembekuan. Saluran empedu akan tersumbat oleh batu empedu maka penyerapan lemak dan vitamin K akan terganggu.

Biotin, adalah nama lain dari vitamin H, sebagai penyusun vitamin B complex. Biotin terdapat pada hewani dan nabati.

Seputar ikan asin dan Jeruk nipis :

Kita heran saat melihat ikan asin dipasar ikan, yang namanya ikan mustinya amis dan dikerubungi lalat tapi dipasar-pasar tradisinal ikan-ikan bisa awet selama berhari-hari, Dengan kasat mata saja inilah sinyalir awal jika ikan asin diawetkan dengan bahan kimia borax atau formalin. Lihatlah udang, cumi, ayam, daging kambing, daging sapi, ikan air laut dan ikan air tawar. Anda mesti extra hati-hati dan kenali fisik ikan.

Trik menghilangkan atau meminimalisir kandungan berbahaya itu :

Cuci ikan asin dengan air bersih 3 kali, sampai airnya kelihatan bening,  tanda-tanda kotoran yang lengket hilang. Lalu ikan asin direndam lagi dan beri perasan jeruk nipis sebanyak 0,25 buah atau 0,125 buah, biarkan 10-15 menit.

Nah, setelah 10-15 menit ikan asin siap diolah jadi kuliner yang menggugah selera. Cara ini mengurai rasa asin di ikan, meningkatkan citarasa ikan asin sekaligus menekan jumlah kandungan formalin dan zat kimia bahaya lainnya.

Berjuta keunggulan jeruk sudah banyak di rilis di berbagai media. Teknik mendapatkan ikan asin yang sehat ini semoga berguna. Yang penggemar ikan asin tetap sehat dan tidak menghentikan hobi ikan asin. Terimakasih.

Selamat mencoba.

Terimakasih

Gemar Ikan Itu Hebat. Dari berbagai literatur dan jurnal kesehatan dunia

Baca juga

Trik Membuat Hormon Metil Testosteron

Organik Untuk Kehidupan

Kendala Sosialisasi Ayam Organik

Istilah Kimia, Botani dan Biologi

Sejenak Dengan Enzim

Probiotik, Peluang Bisnis Menggairahkan

tuna patinlele1

GEMAR IKAN ITU HEBAT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>