«

»

Aug 06

Haematococcus Pluvialis Penghasil Astaxanthin Tertinggi

Haematococcus Pluvialis Penghasil Astaxanthin Tertinggi

Oleh : Hadi Winarto

Apa itu haematococcus pluvialis (HP) ? …  Apa itu astaxanthin ?

Haematococcus pluvialis dan klasifikasi ilmiah nya (sumber : wikipedia)

  • Domain     :               Eukaryota
  • Kingdom   :               Viridiplantae
  • Filum         :               Chlorophyta
  • Kelas         :               Chlorophyceae
  • Ordo           :               Chlamydomonadales
  • Famili         :               Haematococcaceae
  • Genus        :               Haematococcus
  • Spesies     :               Haemacoccus pluvialis

Jika anda pernah melihat spirulina atau chlorella baik dalam bentuk cair maupun dalam bentuk bubuk atau sudah dikemas dibuat menjadi pil. Seperti itulah haematococcus. Sama sama algae atau ganggang bersel satu, berbiak dengan bantuan cahaya untuk ber- fotosintesis. Haemacoccus pluvialis masuk dalam kategori fitoplankton. Didunia ini ada ribuan jenis plankton, baik yang sudah ter-identifikasi maupun yang belum. Masing masing memiliki keunggulan.

HP adalah spesies ganggang hijau yang termasuk ke dalam filum Chlorophyta dan kelas chlorophyceae. HP menyebar disungai, danau dan air tawar. Spesies ini dikenal luas menghasilkan astaxanthin dengan persentase tertinggi. Di lingkungan yang optimal organisme ini bewarna hijau di perairan tawar.

HP adalah alga uniseluler, digunakan luas untuk fungsi farmasi, kosmetik, akuakultur, produk kuliner, pupuk pertanian, buffers bahan pengawet dan suplemen ternak. Dia diantara tanaman yang mengandung astaxanthin, haemacccocus memiliki kandungan astaxanthin tertinggi diantara makhluk hidup dibumi ini. (Penulis membudidayakan juga, termasuk chlorella pyrenoidosa dan spirulina, tiadalah sulit membudidayakannya)

Teknik Budidaya Hematococcus.
Hematococcus mudah dibiakkan. Lihat artikel-artikel saya yang membahas tentang spirulina dan chlorella. Cara budidaya nya sama persis baik itu kebutuhan media, suhu, kebutuhan oksigen, pupuk nya, cara panen, waktu panen dan infrastruktur yang dibutuhkan.

HP mengkonsentrasi astaxanthin hingga 3 % dari berat kering, paling berpotensi dibanding sumber daya alam lainnya. Astaxanthin adalah pigmen karotenoid dengan aktivitas antioksidan terbaik, efektif menurunkan tekanan darah arteri, plasma kadar trigliserida dan asam lemak non-esterifikasi.

Demikian sekilas info tentang haematococcus.

kunjungi link ini :

Membiakkan Spirulina Itu Mudah

Fungsi Chlorella Pada Budidaya Ikan

Chlorella : Alga Hijau Yang Fenomenal

Budidaya Fitoplankton, Untuk Apa ?

Apa itu astaxanthin

Astaxanthin adalah karotenoid (the king of carotenoid). Karotenoid merupakan pigmen alami yang menyebabkan makhluk hidup dan tanaman memiliki warna merah atau merah muda. Pigmen ini ditemukan pada ikan salmon, wortel, kepiting, udang, kerang dan lobster.

Sebagai antioksidan, untuk melawan efek radikal bebas, menjaga ketahanan tubuh. Sinar ultraviolet menyebabkan kerusakan sel kulit yang berakibat penuaan dini. Kulit membutuhkan antioksidan untuk menetralisir radikal bebas sehingga kulit terlindungi, merupakan antioksidan paling kuat untuk menutrisi kulit.

Jutaan kaum jetset di Amerika, Eropa, Jepang, Hongkong, China, Korea, Australia dan Canada fanatik mengkonsumsi astaxanthin dan jutaan wanita memburu suplemen ini untuk kebutuhan kesehatan mereka.

Manfaat astaxanthin

Meremajakan kulit

Ganggang laut yang mengandung astaxanthin dengan nama latin Haematococcus Pluvialis, kerap digunakan dalam produk kecantikan untuk menunda proses penuaan. Kandungan astaxanthin yang terdapat dalam berbagai makanan berwarna merah ini membantu melindungi sel tubuh dari paparan radikal bebas. Anti-ultraviolet radiasi, efektif dapat mencegah radiasi ultraviolet dan mengurangi kerusakan kulit yang disebabkan oleh radiasi ultraviolet. Astaxanthin melembabkan kulit, menjaga elastisitas kulit, serta bintik-bintik hitam pada kulit. Radikal bebas merusak jaringan sel, yang menjadi pendukung utama proses penuaan. Astaxanthin mampu mencegah proses penuaan dan melindunginya dari kerusakan.

Anti parasit, virus, jamur dan menjaga metabolisme tubuh

  • Pencegahan penyakit kardiovaskular
  • Mencegah terjadinya aterosklerosis.
  • Menghambat laju filtrasi glomerulus. Untuk menghindari terjadinya enterovirus acara pada penderita diabetes. Meningkatkan kekebalan tubuh dan mempengaruhi fungsi kekebalan tubuh.
  • Antigen astaxanthin signifikan dapat meningkatkan kemampuan limpa sel untuk menghasilkan antibodi
  • Merangsang produksi imunoglobulin di vivo, memiliki kemampuan kuat untuk menginduksi sel dan memainkan peran penting dalam regulasi kekebalan tubuh meningkatkan energy termetabolisme.
  • Menghambat Tumor, mencegah carcinoma dari aflatoksin, dan memiliki efek yang baik pada mengurangi jumlah dan volume aflatoksin akibat hepatoma sel.

Untuk kesehatan mata

Astaxanthin membantu mengatasi retinopati diabetik, ketegangan pada mata. Molekul lipofilik dan hidrifilik yang terdapat dalam astaxanthin merukan molekul yang dapat menjangkau seluruh sel dalam tubuh, sehingga molekul-molekul ini dapat membersihkannya.

Mengurangi nyeri dan peradangan
Bekerja sebagai analgesik yaitu sebagai pereda nyeri dan peradangan tanpa resiko kecanduan.

Kelebihan Astaxantin dibandingkan tetumbuhan dan zat lain (sumber : www.suara.com)

  • Vitamin yang 6000x lebih baik dari Vitamin C
  • 110x lebih baik dari Vitamin E
  • 54x lebih baik dari Beta Carotene
  • 550x lebih dari Green tea Catechins
  • 800x lebih kuat dari co-Q10
  • 75x lebih kuat dari Alpha Lipoic Acid
  • 17x lebih kuat dari Grape Seed

Astaxanthin memberi warna merah dan larut dalam lemak. Riset menunjukkan konsumsi 6 mg Astaxanthin dalam bentuk suplemen setara dengan 30.000 mg antioksidan lainnya, konsumsi Astaxanthin 4-6 mg sehari akan meningkatkan stamina, menjaga kesehatan jantung, mengatasi peradangan, mencegah komplikasi pada pasien diabetes, meningkatkan kesuburan pria dan wanita.

Segera konsumsi Astaxanthin :

Astaxanthin banyak terdapat pada wortel , ikan salmon, kaviar, ikan laut lainnya dan algae bersel satu lainnya namun dibutuhkan dalam jumlah besar dan akan mahal harganya. Astaxanthin bekerja secara mutual yaitu tatkala kita menginginkan kesehatan mata meningkat dalam proses selanjutnya antaxanthin akan bekerja memperbaiki kesehatan kulit dan organ tubuh lainnya. Cara ideal adalah mengkonsumsi haematococcus secara spartan cukup dalam jumlah kecil 4mg-40mg perhari atau dalam bentuk minuman cair 250ml-500ml perhari. Efektif dan murah. Haemacoccus bersama spirulina dan chlorella menjadi pilihan utama sebagai suplemen yang paling dicari. Mutu astaxanthin terbaik itu terkandung dalam ganggang HP. Pada awalnya ia berwarna hijau, namun mengubah warna menjadi warna merah tua setelah kontak yang terlalu lama dengan sinar matahari. Hal tersebut terjadi ketika ganggang HP menghasilkan Astaxanthin untuk melindungi diri terhadap proses oksidasi akibat paparan sinar ultraviolet dari matahari. Astaxanthin adalah organik,  tidak menimbulkan efek samping bahkan bagi yang alergi sea food.

Astaxanthin  menjaga kesehatan mata, jantung, kulit, mengurangi peradangan pada tubuh. Bagi wanita, ‘musuh utama’ kulit ini dijumpai di lingkungan terbuka,akibat sinar matahari dan polusi. salah satu mempercepat timbulnya penuaan.

Riset menyatakan bahwa konsumi astaxanthin memberi manfaat :

Memiliki fungsi metabolisme seperti meningkatkan penglihatan, melindungi terhadap oksidasi asam lemak tak jenuh, terhadap efek radiasi UV, memiliki anti-kanker, anti-inflamasi, mencegah kerusakan saraf, mengobati sindrom parkinson.

Akumulasi dari kegiatan mengkonsumsi astaxanthin memberi efek meningkatkan kesehatan tubuh. Tubuh yang sehat dan jarang sakit menghambat penuaan dini. Jarang sakit adalah polarisasi kondisi tubuh yang kebal terhadap penyakit dan secara otomatis dan astaxanthin yang terkandung dalam haematococcus pada spesies pluvialis layak dinobatkan sebagai suplemen awet muda.

Namun …, tak satu jalan ke Roma, anti aging, terapi awet muda banyak trik nya, jutaan orang punya kiatnya masing-masing. Beribadah, pola makan dengan dosis ideal, berfikir positif, olah-raga teratur, menjalin hubungan baik dengan semua orang, berkebun, beternak anda akan sehat.

Sehat, anda akan awet muda.

Foto budidaya skala labor

Haematococcus pluvialis, spirulina plantesis, chlorella pyrenoidosa

bddy chlor

Semua algae bisa dibudidayakan di kolam beton, fiber, galon, botol aqua dan gentong seperti foto dibawah ini. Ada 2 sistem, indoor dan outdoor. Mulailah membudidayakan nya agar biaya kesehatan dan kecantikan makin murah.

Jangan mau lagi dibodohi orang barat. Membaca merk barat lantas serta merta membeli.Sesungguhnya ramuan herbal dari barat berserakan ada di Indonesia. Kulit manggis, ekstrak mengkudu, daun sirsak, kelor, sambiloto, curcuma (kunyit), jahe (ginger).

Algae justru tumbuh lebih subur di Indonesia, oleh orang barat dijual muahaal di Indonesia, marketernya membuai kita dengan bahasa bombastis, kita terpikat, kita terperdaya. MIRIS.COM

gentong

Haematococcus Pluvialis Penghasil Astaxanthin Tertinggi

1 comment

  1. cat hat

    Hi to all, how is the whole thing, I think every one is getting more from this web
    page, and your views are nice in favor of new people.

    Also visit my blog post :: cat hat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>