«

»

Nov 05

Heboh SEO di Mesin Pencari

Heboh SEO di Mesin Pencari

Oleh : Hadi Winarto

angger gunung 

Heboh SEO di Mesin Pencari

Background saya adalah agrobisnis dan usaha yang saya geluti keseharian juga tidak jauh dari latar belakang saya ini terutama beternak ikan lele dan mendalami pengetahuan budidaya air tawar (aquaculture) dan menjadi pemateri diberbagai pelatihan di seluruh Indonesia, membuat suplemen, probiotik dan menjadi konsultan di beberapa farm.
Lalu agar terlihat keren dan mengikuti trend saya membuat blog di media maya yang sudah dikerjakan terlebih dahulu oleh kawan-kawan seprofesi. Peristiwa ini terjadi sekitar 5 tahun yang lalu atau pada tahun 2008.
Kayaknya gaul nich disebutblogger, begitu dalam hati saya dan berharap sukses berbisnis melalui media virtual ini. Dengan semangat 45 saya serius melahap semua informasi agar sukses, berbagai literatur saya kumpulkan. Namun apa yang terjadi ? Singkat kisah, blog saya tetap sepi pengunjung. Saya sedih, saya mencari penyebab atas semua ini dan jawaban nya ternyata saya “gagap tekhnologi”, terutama SEO. Tidak sampai 2 tahun Lantas blog saya itu saya tinggalkan begitu saja, saya patah arang, patah hati. Cape dech.
Sekitar bulan Juni 2014, saya tidak sengaja membaca kalimat menarik disebuah situs, bunyinya begini :“Content is the King” dan dan kalimat

“Konten adalah panglima tertinggi,”

saya terkaget-kaget sekaligus penasaran, dunia online yang sudah lama tinggalkan eh saya menemukan untaian kata-kata yang menggugah hati saya yang sudah tidak antusias lagi internetan. Saya terpikat kembali, berselancarlah saya dari blog ke blog lain, berkunjung keberbagai website. Saya juga mendatangi beberapa teman-teman offline yang akrab dengan dunia internet. Facebook saya aktifkan, saya membuat akun Google+. Teman saya webmaker malah membuat catatan lisan mengapa sebuah web/blog dikunjungi banyak orang dan mencontohkan beberapa orang sukses berbisnis online. Ini catatannya :
1. Saat ini mbah gugel sangat menghargai konten yang menarik dan orisinil, pada awalnya keahlian SEO dibutuhkan 100%, sehingga bermunculan gelar MASTER SEO, PAKAR SEO dan AHLI SEO, dan saat ini faktor dominan dari sebuah web/blog yang sukses jika berisi konten yang baik, bermutu dan bermanfaat bagi orang banyak.
(menurut penulis : cara yang terbaik adalah konten yang bermutu disertai dengan pengetahuan SEO yang cukup dan yang tidak kalah penting adalah ketulusan dalam berkarya)
2. Situs yang banyak digeluti banyak orang baik sebagai profesi maupun sebagai hobby.
3. Misi, artikel, design, lay-out dan pewarnaan menunjukkan “kasta” sebuah website.
4. Situs tentang games, saat ini bukan anak-anak yang suka, para orang-tua banyak yang menghabiskan waktu bermain games seperti poker dan sejenisnya.
5. Situs yang kontroversial juga cukup disenangi, situs yang membuat kegiatan negatif juga banyak di klik orang. Situs-situs porno termasuk dalam kategori ini. Yang ini memang wadah yang tepat bagi yang ber-otak ngeres, penjahat kelamin pasti suka yang gituan ya.
6. Jika anda ketahuan mem “paste” artikel orang lain mesin pencari google akan “mencampakkan” kita meskipun anda sudah melakukan teknik SEO dengan baik.
7. Jika anda ketahuan mem “paste” artikel orang lain mesin pencari google akan menaikkan rangking situs yang anda bajak.
(Wah apa iya ya, jika demikian biarkan karya anda diplagiat orang lain dengan harapan ketahuan sama google, jika tidak ketahuan hitung-hitung sebagai amal aja. Karya jenius membuat dunia menghargai anda. Beberapa artikel saya cukup banyak dijadikan referensi diberbagai pelatihan, nah, sampaikanlah walau 1 ayat, asyikkan)
Berbekal dari kalimat “Konten adalah panglima tertinggi,” ini saya mencoba kembali bangkit membuat sebuah website. Kalimat menarik ini membuat saya berfikir : “Bukankah saya sudah banyak menulis, ratusan artikel sudah saya buat, bisa saya publish di web saya dan siapa tahu bisa berfaedah, terutama berguna bagi insan agrobisnis.”
Manstab lah hati saya, agar tidak kecewa kedua kali, saya tidak lagi peduli apa itu peringkat dan berapa pengunjung yang akan datang (tentu jika saja bisa nangkring di halaman pertama google, siapa yang engga suka).
Mulailah saya mencari-cari nama domain, membuat motto, membuat design gambar, brand product dan logo agar menarik. Dan tentu saja melengkapi banner-banner produk saya yang akan ditawarkan di internet. Lalu saya mencari webmaker yang bisa membuat saya website apik.
Dan, sekitar 45 hari sejak website dibuat saya sepertinya saya sudah tidak kecewa lagi, terlihat pengunjung perhari sudah bergerak dinamis diatas 100 orang, memang tidak fenomenal dan mendunia namun bagi orang gaptek informasi tekhnologi (IT) dan tidak mengerti otak-atik SEO seperti saya ini sudah membuat saya happy. Dan lagi saya sudah bisa membebaskan ambisi diri saya apakah situs saya ini disenangi. Saya hanya menugasi diri untuk menjadi seorang pengarang saja, pembuat artikel saja, jika memang benar “Content is the king” syarat penting sebuah website, barangkali artikel-artikel yang sebelumnya dibuat untuk pelatihan, materi seminar dan kelas penyuluhan agrobisnis akan menjadi berkah buat saya. And yes !, Amin ya robbil alamin.
Terima-kasih.

PP booster fish
Jika Anda membutuhkan website yang berkualitas dan bergaransi ? klik www.aanwebsoft.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>