«

»

Sep 25

Hormon, Asam Amino Dan Tiamina

Hormon, Asam Amino Dan Tiamina

Oleh Team Boosterfish

Sukabumi, 25 September 2015, Hormon, Asam Amino dan Tiamina.

Hormon

Hormone, zat kimia yang dihasilkan oleh kelenjar intern dan yang dicurahkan secara langsung kedalam aliran darah atau kedalam cairan limpa organisme serta dapat menimbulkan suatu reaksi faali (fisiologik) yang khas (karateristik) misalnya hormon adrenalin ialah hasil dari bagian tengah (medulla) glandula suprarenalis (ginjal tambahan) . Hormon ini merangsang hati untuk mencurahkan lebih banyak zat glukosa dalam darah, mempertinggi tekanan darah, mempercepat denyut jantung dan memperbesar daya kerja jantung. Ada beragam hormon, jumlahnya kecil tapi pengaruhnya besar bagi faal tubuh makhluk hidup. Kekurangan salah satu hormon bagi makhluk hidup akan menimbulkan gejala sakit yang pengobatannya juga dengan hormon tersebut. Jenis hormon terpenting adalah hormon pertumbuhan yang berperanan besar dalam pertumbuhan dan pembesaran. Hormon kelin, mengatur keseimbangan hidup, mengatur keturunan secara jasmani dn rohani. Hormon  insulin dan adrenalin mengatur kadar sakar dalam darah. penderita diabetes (penyakit gula) memerlukan hormon insulin melalui suntikan karena pembuatannya dalam pankreas tidak mencukupi. Hormon sudah dibuat dalam bentuk sintetis dan terbuat dari hewan yang disembelih.

Mengenal beberapa hormon penting bagi manusia

  • Testosteron

Hormon ini diproduksi di testis dan berfungsi sebagai hormon seks pria, merangsang pematangan organ seks lelaki, skrotum dan pertumbuhan rambut didagu (jenggot). Kelebihan hormon testoeteron menyebabkan libido berlebihan, kekurangan testosteron dapat menyebabkan kerusakan hipotalamus (kelenjar di bawah otak) atau testis yang menghambat sekresi hormon dan produksi testosteron (hipogonadisme). Kekurangan testosteron membuat kerutan di wajah, kehilangan otot tubuh, pinggang menggendut, kelelahan kronik, disfungsi seks (ereksi) dan kesulitan mencapai orgasme. (baca : Trik Membuat Hormon Metil Testosteron)

  • Hormon Melatonin
    Hormon ini hasil alami produksi tubuh di kelenjar pineal dan berfungsi sebagai antioksidan. Kelebihan hormon melatonin tubuh akan mengalami gangguan mata, hati, lesu, lelah, bingung, ngantuk, gemetar, sakit kepala dan pusing.
  • Progesteron
    Diproduksi di ovarium, kelenjar adrenal dan plasenta (saat wanita hamil). Hormon progesteron berfungsi menaikkan pertumbuhan epidermal, meningkatkan temperatur inti selama ovulasi, mengurangi kejang dan rileks otot polos (memperluas saluran pernapasan dan mengatur lendir), anti-inflamasi, , menormalkan darah dan pembekuan pembuluh darah. Progesterone membantu fungsi tiroid, pertumbuhan tulang, tulang, gigi, gusi, tendon, ligamen dan kulit. Penyembuhan dengan mengatur fungsi kolagen saraf dan mielin, mencegah kanker endometrium dengan mengatur efek estrogen.
  • Sedangkan defisiensinya adalah mengakibatkan insomnia, pembesaran prostat, depresi, siklus haid tidak teratur, sindrom pre-menstruasi, mata terkena katarak, kolesterol dan hipertensi.
  • Hormon Serotonin
    Hormon serotonin mengontrol mood, nafsu makan, diproduksi di saluran pencernaan. Kelebihan hormon serotonin mengakibatkan gelisah, bingung, peningkatan denyut jantung, berkeringat, diare, sakit kepala, mual, , kejang, demam dan hilang
    Kekurangan serotonin menyebabkan tertekan, fobia, pesimistis, mudah marah , sakit kepala dan sakit punggung.
  • Hormon pertumbuhan
    Hormon ini diproduksi di pituitari anterior, dan berfungsi merangsang pertumbuhan dan reproduksi sel. Kelebihan hormon ini menyebabkan tumor hipofisis jinak dan tumbuh secara pelan, sakit kepala, gangguan penglihatan, tekanan saraf optik, lemah otot, resistensi insulin, diabetes dan nafsu seksual menurun. Kekurangan hormon ini menyebabkan obesitas, dan berkurangnya energy.
  • Hormon Insulin
    Hormon ini diproduksi di pankreas dan berfungsi untuk pengambilan glukosa, glikogenesis dan glikolisis di hati dan otot dari darah. Kelebihan insulin dapat menyebabkan kadar gula darah rendah, detak jantung tidak teratur, mudah berkeringat,mudah lapar dan menyebabkan gula darah rendah. Kekurangan insulin dapat menyebabkan hiperglisemia (peningkatan kadar gula darah) dan muncul diabetes mellitus.
  • Hormon Tiroid
    Hormon tiroid diproduksi di kelenjar tiroid. Hormon ini berfungsi meningkatkan metabolisme basal sintesis protein.
    Kelebihan hormon tiroid dapat menyebabkan diare, denyut jantung tidak teratur, sakit kepala, , kejang perut, demam, sakit dada dan sulit
    Kekurangan hormon tiroid menyebabkan lelah, sembelit, nyeri otot, kuku rapuh, frigit, tekanan, hipertensi, menyebabkan depresi dan gangguan jiwa.
  • Hormon Adrenalin
    Hormon adrenalin diproduksi di medula adrenalin, berfungsi untuk meningkatkan pasokan oksigen dan glukosa ke otak dan otot, meningkatkan katalisis dari glikogen dalam hati, kerusakan lipid dalam sel lemak dan menekan sistem kekebalan.
    Kekurangan hormon ini pusing dan penurunan berat badan, gangguan usus, peningkatan pigmentasi kulit, depresi, nyeri otot dan sakit pinggang akut.
  • Hormon Dopamin
    Diproduksi diginjal dan hipotalamus, berfungsi meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah.
    Kelebihan dopamin menyebabkan mual, muntah, sakit kepala, detak jantung tidak teratur, sakit dada, kesulitan bernapas, perubahan jumlah urin dan perubahan warna kulit.
    Kekurangan dopamin menyebabkan tertekan, motivasi rendah, impotensi, dan mengalami gangguan tidur. Kekurangan progesteron membuat, sulit tidur, gelisah dan kekurangan cairan.

Hormon dalam pertanian.

Hormon-hormon saat ini sudah diperjualbelikan dengan berbagai merk dagang baik dalam bentuk tepung (flour) maupun cair, sintetis maupun alami. Hormon untuk kegiatan sambung pucuk pada tanaman dengan dosis ideal bisa menggunakan air kelapa yang mengandung giberelin, sitokinin dan auksin. Tiga hormon ini digunakan pada tanaman padi dan umbi-umbian untuk merangsang tunas tanaman, mempertebal buah, memperkecil biji buah dengan hasil panen yang signifikan seperti semangka, melon, singkong, temulawak, jamur, kunyit, kencur, kentang dan lain-lain.

Asam Amino

Asam amino, golongan senyawa organik sederhana yang mengandung karbon, hidrogen, oksigen, nitrogen dan sedikit belerang jika terikat dalam rantai membentuk protein. Molekul protein terikat oleh suatu deret ikatan peptida antara asam-asam amino yang berdampingan. Dalam metabolisme ikatan peptida ini dibentuk oleh enzim-enzim digunakan untuk pertumbuhan dan perbaikan.

Asam amino penting

  • Leusin 

Merupakan asam amino paling umum dijumpai pada protein. Mutlak diperlukan dalam pertumbuhan anak-anak dan dalam keseimbangan orang dewasa. leusin menjaga pembentukan protein otot. Asam amino esensial bagi manusia.

  • Lisin 

Asam amino penyusun protein yang dalam pelarut air bersifat basa, seperti juga histidin. Lisin tergolong esensial bagi manusia. Lisin menjadi kerangka bagi niasin (vitamin B1).. Lisin dilibatkan dalam pengobatan penyakit herpes. Biji polong-polongan kaya akan lisin.

  • Methionine

Asam amino ini penting dalam sintesis protein. Asam amino ini bagi manusia bersifat esensial, sehingga harus dipasok dari bahan pangan. Sumber utama metionina adalah buah-buahan, ayam, sapi, ikan, susu keju, kentang, bayam, bawang, jagung, kapri, kacang mete, kacang merah dan kedele.

  • Asam aspartat 

Asam aspartat merupakan penyusun protein. Asparagin merupakan asam amino. Asam aspartat bersifat asam, dan dapat digolongkan sebagan asam karboksilat. Bagi mamalia aspartat tidaklah esensial. Fungsinya diketahui sebagai pembangkit neurotransmisi di otak dan saraf otot. aspartat berperan untuk daya tahan tubuh.

  • Sistein 

Sistein merupakan asam amino bukan esensial. bersama-sama dengan metionin.  Sisteina dan metionin pada protein juga berperan dalam menentukan konformasi protein karena adanya ikatan hidrogen pada gugus tiol. Sistein terdapat pada cabe, bawang, bawang bombay, brokoli dan bulir gandum.

  • Glutamin disingkat : Gln

Glutamin bagian penting dari asimilasi nitrogen yang berlangsung pada tumbuhan. Amonia yang diserap tumbuhan atau hasil reduksi nitrit diikat oleh asam glutamat menjadi glutamin dengan bantuan enzim glutamin sintetase. Glutamina dijadikan suplemen atlet binaraga untuk mengganti kerusakan otot.

  • Asam glutamate 

Asam glutamat dapat diproduksi sendiri oleh tubuh manusia sehingga tidak tergolong esensial. Ion glutamat merangsang beberapa tipe saraf yang ada di lidah manusia. Sifat ini dimanfaatkan dalam industri penyedap. Garam turunan dari asam glutamat, yang dikenal sebagai mononatrium glutamat  dikenal juga sebagai monosodium glutamat.

  • Glisin 

Atau asam aminoetanoat adalah asam amino alami paling sederhana. Glisina merupakan asam amino yang mudah menyesuaikan dengan berbagai situasi karena ber-struktur sederhana. Secara umum protein tidak banyak mengandung glisin. Glisin merupakan asam amino non-esensial. Tubuh manusia memproduksi glisin dalam jumlah cukup.

  • Histidin 

Merupakan satu dari 20 asam amino dasar yang ada dalam protein. Bagi manusia histidin merupakan asam amino yang esensial bagi anak kecil dan remaja. Fungsi Histidin menjadi prekursor histamin, suatu amina yang berperan dalam sistem saraf, dan karnosin, suatu asam amino.

  • Isoleusin 

Isoleusin adalah satu dari asam amino penyusun protein, tidak larut dalam air dan esensial bagi manusia. tetapi susunan atom-atomnya berbeda.

  • Fenilalanin

Asam amino penting, fenilalanin bersama taurin dan triptofan merupakan senyawa yang berfungsi sebagai penghantar (neurotransmitter) pada sistem saraf otak. Dalam keadaan normal, fenilalanin diubah menjadi tirosin dan dibuang dari tubuh (tubuh tidak mampu menghasilkan enzim pengolah asam amino fenilalanin) sehingga menyebabkan kadar fenilalanin yang tinggi di dalam darah, berbahaya bagi tubuh.

  • Prolin 

Fungsi terpenting prolin adalah sebagai komponen protein.. Prolin bukan merupakan asam amino esensial bagi manusia.

  • Serin 

Serin merupakan asam amino penyusun protein yang umum ditemukan pada protein hewan. Serin bukan asam amino esensial bagi manusia. Namanya diambil dari bahasa Latin, sericum (berarti sutera) karena pertama kali diisolasi dari protein serat sutera. Serina penting bagi metabolisme karena terlibat dalam biosintesis senyawa-senyawa purin dan pirimidin, sistein, triptofan (pada bakteria), dan sejumlah besar metabolisme lain. Sebagai penyusun enzim, serin berperan dalam fungsi katalisator enzim. Diketahui berada pada bagian aktif kimotripsin, tripsin, dan banyak enzim lainnya.

  • Treonin 

Treonin merupakan asam amino penyusun protein. Bagi manusia, treonin bersifat esensial. Tubuh manusia tidak memiliki enzim pembentuk treonin namun manusia memerlukannya,. Treonin banyak terkandung pada dari susu, daging, ikan dan wijen.

  • Tritofan 

Triptofan merupakan asam amino penyusun protein yang bersifat esensial. Bentuk yang umum pada mamalia adalah, seperti asam amino lainnya, L-triptofan. Meskipun demikian D-triptofan ditemukan pula di alam (contohnya adalah pada bisa ular laut kontrifan). Triptofan adalah prekursor melatonin (hormon perangsang tidur), serotonin (suatu transmiter pada sistem saraf) dan niasin.

  • Tirosin 

Tirosin (bahasa Yunani, artinya keju, ditemukan pertama kali dari keju) merupakan asam amino penyusun protein. Enzim ini hanya membuat para-tirosin.. Bagi manusia, tirosin merupakan prekursor hormon tiroksin dan triiodotironin yang dibentuk di kelenjar tiroid, pigmen kulit melanin, dan dopamin, norepinefrin dan epinefrin. Tirosin tidak bersifat esensial bagi manusia. Tanaman opium menggunakan tirosin sebagai bahan baku untuk menghasilkan morfin..

  • Valin

Valin adalah asam amino penyusun protein. Dalam ilmu gizi, valin termasuk kelompok asam amino esensial. Namanya berasal dari nama tumbuhan valerian. Sifat valin dalam air adalah hidrofobik (takut air) karena ia tidak bermuatan. Valin menggantikan posisi asam glutamat, asam amino lain yang hidrofilik (‘suka air’), pada hemoglobin. Akibatnya bentuk sel berubah dan kehilangan kemampuan mengikat oksigen secara efektif. Valin diproduksi dengan menggunakan treonin sebagai bahan baku. Sumber valin pada daging, telur, susu, keju, kacang tanah dan wijen.

  • Alanin 

Merupakan salah satu asam amino bukan esensial. berperan dalam pengenalan substrat, khususnya dalam interaksi dengan atom nonreaktif seperti karbon. Dalam proses pembentukan glukosa dari protein, alanin berperan dalam daur alanin.

  • Arginin 

Arginin memiliki kecenderungan basa yang tinggi akibat eksesi dua gugus amina pada gugus residunya. Asam amino ini tergolong setengah esensial bagi manusia dan mamalia lainnya, tergantung pada tingkat perkembangan atau kondisi kesehatan. Terdapat pada daging, susu, telur, cokelat dan kacang tanah.

  • Asparagin 

Asparagin merupakan asam amino pertama yang berhasil diisolasi. Namanya diambil karena pertama kali diperoleh dari jus asparagus.Fungsi biologi: Asparagin diperlukan oleh sistem saraf untuk menjaga kesetimbangan dan dalam transformasi asam amino. Terdapat pada daging  telur, dan susu.

Tiamina

Tiamina, vitamin b1, aneurin dan vitamin anti beri-beri, vitamin yang pertama-tama dikenal sebagai zat yang diperlukan disamping karbohidrat, protein, lemak dan mineral dalam makanan guna melancarkan berbagai reaksi kimia dalam jasad hidup. Juga vitamin yang pertama-tama dalam keadaan murni dan disintesa. Dalam jasad hidup vitamin ini terdapat dalam bentuk tiamina, difosfat dan memegang peranan penting dalam menyelenggarakan reaksi kimia yang melepaskan gugusan karboksil daripada bermacam persenyawaan kimia, hasil metabolisme karbohidrat. Jikalau badan kekurangan vitamin ini dinamai avitaminosis b1 atau defisiensi tiamina, terjadilah kelainan pada sistem saraf, terjadi nyeri otot dan betis. Gejala ini mendadak timbulnya atau penyakit ini dikenal penyakit beri-beri. Defisiensi tiamina juga merugikan sistem jantung pembuluh darah (kardio vaskuler) dan saluran pencernaan (gastro intestinal). Defisiensi yang menimpa anak-anak menghambat pertumbuhan badannya. Tiamina terbuat dari tumbuhan dalam golongan gandum (cereal grains) pemusatan vitamin ini dijumpai pada benih bertunas. Bahan makanan berasal dari hewan seperti susu, telur hati dan daging. Badan hewan dan manusia tidak bisa menyerap dan menimbun vitamin ini dalam jumlah besar, karena itu susunan makanan dengan cukup banyak tiamina sangat perlu untuk memelihara kesehatan tubuh.  Jumlah tiamina yang diperlukan setiap hari oleh badan ikut ditentukan oleh banyaknya karbohidrat yang dimakan oleh vitamin ini berkhasiat khusus terhadap metabolisme karbohidrat untuk setiap 1000 kalori (1kalori = 1000 kalori) makanan dianjurkan supaya disertai 0,5mg tiamina.

Hormon, Asam Amino Dan Tiamina

Thank you, have a nice read

Bacaan lainnya

Istilah Kimia, Botani Dan Biologi

Gelatin, Kalori, protein plasma dan Hameoglobin

Mutiara

Gambar-gambar 

Jamur Tiram Raksasa Berkat Hormon

hormon2

Tanaman yang disuntik Hormon

muklis2

Produk Peningkat Protein berbasis Hormon, Enzim dan Asam Amino

soft organic

Industri Jamur Tiram

inkubasi

link

enzim dan ozonizer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>