«

»

Dec 07

Idaman Peternak: Induk Lele Matang Gonad

Idaman Peternak: Induk Lele Matang Gonad

Oleh Hadi Winarto

(Matang gonad berarti janin induk kuat dan sehat, larva yang dihasilkan banyak, daya tetas tinggi, mortalitas larva rendah, benih tahan terhadap suhu dan serbuan penyakit)

Memijahkan lele itu mudah, yang susah itu bagaimana induk lele segera matang gonad.
Banyak syarat agar indukan lele matang gonad, namun ada 5 hal yang paling sensitif, yaitu :

  1. Galur atau strain induk
  2. Mutu air
  3. Suplemen atau nutrisi
  4. Maintenance induk
  5. Managemen air

Ke-5 hal ini sudah saya bahas di artikel lain sebelumnya. Di sessi ini saya akan kupas sekali lagi tentang nutrisi indukan lele agar cepat matang gonad.

Asupan zat gizi yang lengkap terdiri dari protein, lemak, karbohidrat, vitamin, lisin, metionin, leusin dan mineral serta energi. Sebanyak apa jumlah gizi yang dibutuhkan juga tergantung kepada jenis, ukuran, ekologi dan kesehatan alat reproduksi.

Energi ?

Energi digunakan untuk survival life induk. Energi menjaga alat reproduksi induk.

Protein ?

Berperan memelihara tubuh dan pergantian sel-sel tubuh yang rusak.
Pakan merupakan komponen penting dalam proses pematangan gonad, proses vitelogenesis membutuhkan gizi ideal. Kwalitas telur ditentukan oleh kandungan gizi yang ada dalam pakan, baik kualitas maupun kuantitasnya. Dalam hal ini ransum induk lele dibutuhkan akurasi zat protein, lemak, karbohidrat, vitamin, mineral, dan asam amino. Indukan lele tidak lagi sebagai masa pertumbuhan tapi tetap terjaga bobot tubuh dan kesehatannya dan terus menerus memproduksi telur (hamil)

Vitamin E ?

Pematangan gonad unsur vitamin yang dibutuhkan adalah :

vitamin E, Zinc, Selenium, dan Asam Amino.
Riset memperlihatkan bahwa vitamin, selenium dan asam amino pada ransum indukan lele menentukan kualitas benih yang dihasilkan. Memoengaruhi kematangan gonad, fekunditas, derajat tetas telur dan survival rate larva.
Vitamin E (α-tocopherol) bekerja untuk proses reproduksi ikan. Peran lain Vitamin E antioksidan, mencegah oksidasi asam lemak tidak jenuh pada sel. Asam lemak tidak jenuh terutama kelompok asam lemak linoleat dan linolenat. Keberadaan asam lemak tersebut pada membran sel akan mempengaruhi sifat fluiditas membran sel dam akan berpengaruh pada aktivitas enzim-enzim pada membran.
Dosis vitamin E pada pakan indukan akan mempengaruhi proses embriogenesis. Kebutuhan vitamin E indukan lele terus dikaji oleh para ahli dan penggiat pemulia-biakan lele. Penelitian kebutuhan vitamin E Salah satu hasil penelitian menyatakan bahwa derajat tetas lebih tinggi pada telur yang berasal dari induk yang diberi vitamin E dengan kadar 250 mg/kg pakan.

Sumber alami vitamin E

Kacang ijo, brokoli, daun kelor, kates, pisang, alpukat, margarin, minyak jagung, tomat, minyak nabati, minyak kelapa, minyak zaitun, telor, biji wijen, biji labu atau biji bunga matahari, bayam, bayam adalah vitamin E dan zat besi, demikian ahli gizi menobatkan sayur bayam.
Kates mempunyai fungsi ganda, sebagai penghasil vitamin E juga penghasil enzim protease terbanyak

Konten yang berhubungan dengan artikel ini silahkan klik ini

Kacang Ijo Untuk Indukan Lele

Cara Membuat Enzim Protease

Selain vitamin E, induk lele membutuhkan selenium. Darimana sumber selenium

Bawang putih, mengandung selenium yang tinggi, bawang putih bertindak sebagai legiun penggempurberbagai jenis bakteri dan jamur. Jika anda mendengar ikan KOI yang sedang sakit terus mati karena diberi bawang putih itu disebabkan bawang utih tidak diolah terlebih dahulu dan dan overdosis. Treatment tepat ntk bawang putih terlebih dahulu dihaluskan, di rebus, di keringkan jadi tepung dan dosis pemberian pada pakan adalah 1150-200mg perkg pakan ikan KOI. Bawang putih juga mengandung potasium, kalsium, mangaan, vitamin B dan zat besi, bayam, semangka juga bisa diandalkan sebagai penghasil selenium.

Zinc ?

Zinc dibutuhkan untuk mempercepat kematangan gonad. Sumbernya

Kuning telur, biji wijen, tiram, jamur dan juga bawang putih.

Asam amino dasar dari semua kegiatan metabolisme tubuh indukan lele, asam amino mencetak vitamin, hormon, reaksi enzimatis dan asam nukleat.

Asam amino sebagai penyusun protein, penyusun enzim-enzim. Dalam sistem metabolisme dalam tubuh

Hello gan, kasih contoh yang sederhana aja gimana membuat formula pakan indukan lele ? yang ga pake njlimet gan ? Okey, gini nih

  • Tepung bekicot atau keong mas 1 kg
  • Toge 0,5kg
  • Telor rebus 1 bh
  • Kates 2,5%
  • Pisang 1 buah
  • Dedak halus 1 kg
  • Kanji 25 gram
  • Enzim 10 ml

Semua nya dikukus, dinginkan, dikepal, dibentuk pelet atau bikin seperti bakso. Berikan ke induk cukup seminggu kali.

Banyak kombinasi, berbagai variasi untuk membuat ransum induk, berbagai informasi di internet akan banyak membantu dan semua ini positif dibandingkan anda hanya membiarkan induk dipelihara asal-asalan, terlalu padat, tidak jelas mutu airnya, air kolam berbau busuk.

Jika anda ingin membuat pakan ikan terapung dengan sederhana tanpa bantuan mesin silahkan klik link video kami ini

https://youtu.be/674yW0mC65A

Terima kasih

goesinduk

Idaman Peternak: Induk Lele Matang Gonad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>