«

»

Dec 19

Iklan murah untuk bisnis pemula

Iklan murah untuk bisnis pemula

Oleh Hadi Winarto

Jika anda sedang menapaki bisnis kecil-kecilan,  salah satu komponen usaha yang  perlu difikirkan adalah pemasaran (marketing). Sub pemasaran nya adalah ber-iklan atau advertensi.

Dunia iklan saat ini membagi dalam 2 aktifitas.

  1. Iklan online system

  2. Iklan offline system

Agan agan dan sista yang baik,

Jika nge-trik iklan offline system pasti sudah banyak yang mengetahui bahkan menguasainya seperti membuat cindera mata, kalender pada akhir tahun, souvenir, banner, brosur, spanduk, memperluas pergaulan, menyelenggarakan seminar produk, ikut pameran, ikut komunitas yang disesuaikan dengan produk, membuat surat penawaran ke instansi dan institusi, membuat jaringan via sales, door to door, mengikuti seminar motivasi, kursus kepribadian dan banyak trik serta teknik dalam menggapai sukses.

Artikel ini diperuntukkan untuk anda yang belum familiar dengan kanal maya, dunia internet atau dunia virtual. Bagi anda yang sudah jago  beriklan memanfaatkan dunia online, para pakar dan para master bisnis online urun rembug ya disini, mohon tambahan informasi dan mohon koreksi agar rekan-rekan pebisnis yang merasa dirinya gaptek (gagap tekhnologi) ber online-ria, makin meningkatkan kinerja atas penjualan produknya, sesuai dengan tujuan materi ini dibuat. Berbagi itu indah. ya ya ya, suit, suiit.

Langkah awal, mindset anda yang mesti dirubah, maksudnya mempelajari hal-hal tentang internet apalagi hanya untuk kebutuhan berpromosi tidaklah sulit, jangan gemetar duluan dech, misalnya anda hendak beriklan di berniaga dot com, biasanya situs iklan lainnya meminta foto-foto produk atau banner, nah anda kalau males mempelajari cara membuat banner dengan menggunakan program corel draw anda tinggal meminta tolong sama yang bisa bikin e-banner, ditiap kota pasti ada jasa pembuatan design ini. Situs iklan juga meminta alamat e-mail, jika ga bisa buat minta tolong anak, keponakan atau tetangga. Jika hendak beriklan ke situs iklan masih ga bisa atau bingung untuk pertama kali anda bisa belajar sebentar paling lama 30 menit sesudah itu 100% anda pasti bisa.

Untuk selanjutnya anda bisa kerjakan sendiri jika mau posting ke situs iklan lain yang jumlahnya ratusan dan tinggal memilih gratis maupun berbayar. (yang berbayar saya belum  pernah coba tuh). Sampai disini anda akan merasakan manfaatnya situs-situs itu bagi barang dagangannya, syukur-syukur penjualan naik berlipat-lipat.

Cara-cara ampuh lainnya anda minta buatkan akun fesbuk, situs pertemanan ini efektif merangkul pergaulan, teman virtual saya Asih Tri Lestari hanya memanfaatkan FB cukup sukses berjualan benih-benih cabe yang paling pedas didunia, sahabat saya Kang Dayat sukses beriklan di situs iklan terkenal jualan mobil bekas di Bandung, awalnya menjual antara 3-5 unit mobil perbulan sekarang mampu menjual mobil bekas 25 hingga 40 unit, wow 100-150 juta rupiah bersih keuntungan dikeruk. Difesbuk anda bisa melakukan berbagai kreatifitas dengan membuat group dengan jumlah anggota tanpa batas, membuat fan-page yang meng-akomodasi brosur produk yang anda miliki, free.

Yok lanjut ya, anda buat akun google plus, gratis, modalnya Cuma harus punya akun email (juga gratis) google+ sama seperti Fesbuk media pergaulan online namun memiliki kelebihan tersendiri. Jika anda sudah punya blog atau web, google plus akan berguna. Perihal  google plus anda bisa baca artikel teman saya ahli SEO Fachri Arif Gubali (https://www.boosterfish.com/google-cara-simpel-tingkatkan-visitors/

Anda masuk dan daftar dimilis-milis yang disesuaikan dengan produk anda, cara kerja milis diantaranya seperti ini > Saya bisa mengirim email dan masuk kesemua anggota milis yang terdaftar. Milis yang saya daftar berjumlah 23.000 member, saat saya kirim e-mail akan masuk ke 23.000 member dalam 1 kali klik, juga demikian setiap harinya  saya menerima ratusan bahkan ribuan email perharinya dari berbagai penawaran produk dan merek, nah kita bisa menjalankan droshipping melalui infomasi milis ini, enak lagi nih, menjual produk orang lain, tanpa modal toh, tambah lagi core bisnis kita.

Jika anda membaca sebuah promosi begini > iklan gratis, atau iklan massal murah tidak perlu memiliki dan repot mengelola website sendiri. Ini juga baik, anda tinggal beriklan murah di situs yang bisa membuat akses keribuan website (biayanya berkisar 5-50 ribu perbulan) anda memang tidak perlu memiliki blog sendiri.

Namun saya memilih membuat website sendiri, apalagi jika punya hobby menulis, nah website atau blog bisa menjadi ajang mengeluarkan uneg-uneg, topik bisa anda pilih terserah anda, ya memang terserah kita karena webblog yang punya anda sendiri, jika anda bergabung dan memiliki akun twitter, instagram dan lain-lain situs itu milik orang lain, akun fesbuk yang anda gunakan milik Mark Elliot Zuckerberg yang kaya raya itu. Website atas nama domain yang anda buat itu anda bebas berpromosi atau sebagai pengejawantahan jati diri anda sendiri> mengelola web milik pribadi tidaklah susah, domain, hosting dan design anda bisa bayar kepada web maker, perjalanan selanjutnya  anda akan diajarkan bagaimana menginput data, merubah, mengganti, input foto, video, menjawab komentar, mencantumkan no.hp, no.rekening bank, alamat, visi-misi perusahaan anda dan lain-lain.

Tambahan kreatifitas lain> Jika anda rajin mengunjungi blog orang lain, memberi komentar positif dan meninggalkan link tautan blog anda, blog anda juga mungkin akan dikunjungi orang lain. Ini berguna untuk meningkatkan views situs anda sekaligus memperkaya khasanah pergaulan anda, bukankah syarat lain pebisnis yang sukses memiliki sahabat yang banyak, juga anda yang sedang membaca tulisan ini, bersediakah anda berkawan dengan saya.

Jika anda bertanya, apa saya melaksanakan apa yg saya tulis ini, jawabannya, benar. Awalnya saya gaptek juga, maklum saya hanya peternak ikan bukan lulusan IT yang seperti diduga tema-teman baru saya. Saya berusaha menghilangkan syndrome ketakutan bahwa internet itu adalah high-tech, rumit dan bikin kepala nyat-nyut. Saya mencoba berfikir taktis, semua ini bisa kerjakan dikamar tidur, mengingat bensin udah naik lagi. Group FB saya punya member cukup banyak, anda bebas beriklan didepan 400.000 lebih member group saya, jika belum mendaftar bisa klik disini (https://www.facebook.com/groups/IndonesianBusinesslkpiteam)  anda bisa ber-inbox dengan saya membahas apa aja. Beragam artikel saya posting  dari berbagai topik, anda bebas men-copas, menggandakan, dijadikan referensi dan bahan bacaan serta bahan kepustakaan,  free, enaknya tuh disini !

Btw, jika semua sudah anda laksanakan anda sudah bisa mencantumkan akun fesbuk, twitter, instagram, email dan web atau blog anda pada kartu nama anda. Card-name anda yang baru makin keren dan kece, goodwill membaik, kredibilitas meningkat, brand-name produk anda makin diperhitungkan, hanya anda tetap tidak boleh berhenti mencari kiat-kiat baru agar omzet penjualan makin hari semakin menambah pundi-pundi keuangan anda. Dan tidak boleh melupakan dasar berbisnis, unsur berbisnis, elemen berbisnis yang sudah diajarkan dibanyak al-kitab bisnis usang tapi kapabel  :  jujur, baik hati, transparan, melayani, on-time, quality control,  memberikan kualitas yang lebih dibandingkan nilai produk yang kita jual alias costumer satisfaction alias costumer care. Inget lagi bro, di internet kita juga harus kreatif, klo males om gugel juga bakalan tahu. Duh, ribet bangget sih !

Well, demikian sekilas info teknik  berbisnis secara offline dan secara online. Keduanya saling melengkapi. Mohon maaf atas salah dan janggalnya,  niat ini hanya berbagi, last but not least, truly, Amin.

cover IB tumpukan buku

Iklan murah untuk bisnis pemula

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>