«

»

Nov 14

Imajinasi Dalam Marketing

Imajinasi dalam Marketing

Seri : Alam Bawah Sadar

Oleh : Hadi Winarto

Gagasan yang menghasilkan sebuah karya besar maupun kecil atau setiap terciptanya sebuah penemuan diawali oleh alam bawah sadar kita, kenapa begitu ? bulir-bulir benih imajinasi yang sangat kecil yang tertanam di bank memory anda, baik sengaja atau tidak beberapa saat yang lalu, cepat atau lambat akan tumbuh disemai dalam otak alam bawah sadar kita. Otak alam bawah sadar akan memproses, memelihara, memupuk dan menyuburkan dan menghasilkan buah imajinasi.

Semua penemuan yang ada didunia ini mulai dari yang sederhana maupun yang mendunia dimulai dari otak bawah sadar yang terdalam dan gelap gulita, tidak diketahui asal muasalnya, wujudnya maupun dikarenakan apa. Bagaimana Purdi S. Candra memainkan imajinasinya dan membangun Primagama yang sukses, sudah ratusan anak-anak berpendidikan SMP mampu menciptakan robot, alat pendeteksi gempa tsunami, alat detektor zat kimia,  beberapa bisnis sukses seperti kaskus yang sangat terkenal didunia maya, peniti, gunting, penjepit jemuran, silet bahkan kue donat atau milyuner kelas dunia Rich De Vos pemilik amway  yang membuat dirinya kaya raya. Barang-barang yang anda miliki diseluruh ruangan rumah anda adalah hasil imajinasi seseorang. Inilah sedikit contoh sukses karena imajinasi.

cover IB

Kaitannya imajinasi dalam pemasaran ? dengarkanlah cerita singkat dan fakta nyata teman saya Ir. Arifin di Pekanbaru Riau beberapa waktu yang lalu :

Pada tahun 2005 saya berniat menjual rumah saya di tengah kota dan ber khayal memiliki rumah dipinggir kota, lalu saya menghubungi agen properti, mereka mengutus salah satu marketing agent nya, Saya memangginya Mbak Nining.

Lalu saya bercerita panjang lebar, Mbak Nining dengan mimik serius mendengarkan impian saya, sesekali Mba Nining menimpali dan sepertinya sedang menggali informasi apa yang saya ingini. “Bapak memiliki rumah yang bagus dan strategis, ditengah kota, akses transport dekat kemana-mana, kenapa Bapak mau menjual rumah ini ?” Mba Nining bertanya.

Benar, rumah ini memang bagus, tapi untuk saat ini saya sangat terganggu karena sudah tidak bisa menikmati ketenangan, bising karena sekeliling tempat ini sudah padat. Sampah ada dimana-mana, dulu suasananya nyaman mengembirakan, sekarang tidak lagi” Saya menimpali.

“Okey, Pak, saya sudah memahami maksud Pak Arifin”. Kemudian sang agen Mbak Nining pamit mohon diri.

2 hari kemudian, Mba Nining kembali datang dan melanjutkan obrolan kami, kali ini Mba Nining terlihat sedikit dominan. Katanya : “Pak Arifin, saya mempunyai rumah lebih dari keinginan Bapak, dipinggir kota, 27 km dari sini, kamipun kesana.

“Pak Arifin, rumah itu kecil namun lahannya luas sehingga Bapak malah bebas merenovasi dan membuat design yang kita inginkan, rumah itu berada dibukit yang kokoh, Bapak bukan saja memiliki rumah itu tapi sekaligus pemilik pemandangan indah disana. Tidak akan ada yang bisa membangun lagi dan mengganggu Bapak, riak sungai yang mengalir jernih, hamparan pohon-pohon rimbun akan menjadi milik Bapak. Bapak bisa santai memandang dari jendela panorama yang menakjubkan dan tidak ada bangunan lain yang menghalangi sejauh anda memandang. Tidak ada yang bisa saya bantah dari penjelasan Mbak Nining. Mbak Nining seperti menotok titik lemah saya, Mbak Nining memang sudah mengendalikan saya walau saya malu mengakuinya. Akhirnya saya membeli rumah itu.

Setelah itu beberapa tahun kemudian saya kembali bertemu dengan agen properti itu dan Mba Nining menceritakan bahwa sehari sejak pertemuan itu Mbak Nining segera berkeliling dan menghubungi teman-temannya sesama agen properti dan malamnya membuat catatan kecil apa saja yang akan dibicarakan dan ditawarkan pada pertemuan kedua kami.

Demikianlah, anda juga bisa meniru Mbak Nining dalam menjalankan teknik marketing, imajinasi dalam pemasaran dibarengi kemauan keras memenuhi kebutuhan pelanggan adalah resep ampuh pemasaran dan Mbak Nining terlihat tidak gampang menyerah. Selidik punya selidik ternyata Mbak Nining adalah agen properti paling sukses di kota Pekanbaru, dia juga memiliki rumah nyaman dan asri. Mbak Nining, adalah potret marketer sempurna yang selalu belajar dalam memahami jiwa calon pelanggannya.

Imajinasi adalah kunci sukses apapun aktifitas anda, Albert Einstein salah satu orang paling jenius dimuka bumi ini pernah mengatakan, “ Imajinasi lebih penting daripada ilmu pengetahuan.”

Tidak salah jika anda meski memiliki hanya sebutir benih inspirasi, peliharalah, siramilah, kelak dia akan menjadi buah-buah yang matang dan anda tinggal memetiknya.

 

Terimakasih.

Banyuwangi, 14 nopember 2014

Ada pendapat, semakin liar imajinasi, anda akan semakin kreatif dan sepatutnya anda melengkapi literatur dengan click-share tautan dibawah ini

+ BUANGLAH AMARAH ANDA +

+ FENOMENA MISTERI FIKIRAN BAWAH SADAR +

PP booster fish

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>