«

»

May 09

Ingin Awet Muda Dan Sehat, Tumislah Ini

Ingin Awet Muda Dan Sehat, Tumislah Ini

Oleh : Hadi Winarto

Dilihat dari substansi tulisan ini, seharusnya judulnya bisa lebih panjang misalnya : Jika anda ingin awet muda, sehat, tidak mudah sakit, daya ingat tetap terjaga, fisik selalu prima, metabolisme organ sex terjaga atau meningkatkan libido anda.

Salah satu kiat Ingin Awet Muda Dan Sehat, ditulis disini, hasrat membuat tulisan sebenarnya sudah sejak 5 tahun yang lalu namun saya urungkan sambil mengamati teman-teman saya yang terlihat bugar, sehat dan awet muda, sambil berjalan waktu saya melakukan dialog dan wawancara ketika melakukan kunjungan. Tidak ada metoda ilmiah atau pengujian melalui alat ukur dilaboratorium. Info kesehatan ini dibuat untuk pembaca yang berminat.

Buatlah 4 daftar menu untuk kebutuhan jasmani anda, anda bisa memasak sendiri agar higienis dan kata ipar saya yang dokter mengatakan sebaiknya makanan jangan digoreng.

  1. Tumis ikan laut               = Ikan  0,25kg,  tempe 2bh, jagung muda 2bh
  2. Susu sapi segar             = 1 gelas (tiap hari)
  3. Coklat                                = 1 gelas (tiap hari)
  4. Water infused, = Lemon 1bh, anggur 5bh, mangga 1bh,nenas, 0,25bh, madu 1sdt

Pada bahan-bahan untuk membuat tumis, terdapat ribuan kombinasi jika dimasak akan membentuk homogenitas bahan dan berguna bagi kesehatan tubuh. Kinerja bahan-bahan ini berperan sebagai memelihara, penumbuh, antibiotik, mempertahankan, probiotik, kekuatan dan mengatur sistem metabolisme tubuh.

Agar tidak bosen buat variasi bahan, ubah menu lain atau menambah, mengganti dengan bahan organik misalnya pete,  terong, blimbing wuluh, merica, tahu, ada yang suka tambahin kentang, serai. Bertumpuklah segala kebaikan untuk tubuh. Kita bedah ya, kandungan nutrisinya :

  • Ikan laut atau ikan air tawar :

Ikan mengandung 15-22% protein dan asam amino essensial. Kandungan lemaknya 3-18 % lemak mudah dicerna Kandungan lemaknya terdiri dari asam lemak dan dapat menurunkan kolesterol darah. Ikan mengandung nutrisi yang sempurna. Pengganti ikan bisa dicoba  daging, ayam, unggas dan telur. Vitamin di ikan yakni vit-A, B, D, Tiamin, Riboflavin dan niasin. Mengandung mineral, magnesium, kalsium, pospor, iodium, fluor, zat besi, copper, zinc, dan selenium. Maka ada jargon : Ikan adalah nutrisi kecerdasan dan Gemar ikan itu hebat.

  • Tempe dan Tahu :

Tahu dan tempe mengandung serat, karbohidrat kalsium, zat besi, vit-B, protein nabati,fosfor dan keratin, nutrisi tempe ini sebanding  dengan kafeir dan yoghurt. Faedahnya menyehatkan karena mengandung antioksidan dan antibiotic dan juru sembuh infeksi,mudah dicerna dan mengandung enzim pencernaan mengandung jamur rhizopus oligoporus. membantu gangguan kembung  karena mengandung stakiose dan rafinose. sumber protein bebas lemak, 15-20 jenis proteinnya dan asam amino. Meningkatkan kadar HDL. Dan menggempur kolesterol jahat penyebab kanker, mencegah penyakit degenerative, mengandung serat dan ampuh mencegah naiknya kadar gula darah dan penderita diabetes. mencegah anemia karena kandungan mineral yang tinggi dan mudah diserap darah,menghambat osteoporosis. Antioksidan dan antibakteri yang membentengi radikal bebas dan memiliki dikandungnya, memiliki zat penawar anti dotum atau anti keracunan logam, sehingga mampu mengatasi gejala keracunan. Sel darah merah.kekbalan fungsi syaraf pencegah bakteri e-coli, mencegah diare dan kolera. Menurunkan lemak dalam darah atau lipid.

  • Jagung

Jagung bisa menggantikan beras dan memiliki energi termetabolisme yang tinggi, karbobidrat, protein, lemak, sodium, kalium, kalsium, folat, niasin, mineral, zat besi, mangaan, magnesium, selenium, asam pantotenat, piridoksin, tiamin, vit-A, B, C, E, K, karotin, lutein, riboflavin.

  • Tomat

Mengandung banyak vitamin C dan sangat bagus untuk kesehatan kulit. 2 buah tomat diiris-iris diberi gula peras jeruk lemon anda konsumsi ketika mau tidur, paginya tubuh akan fresh. Camilan menjelang tidur no.1.

  • Ketumbar

Vit K pada ketumbar Memelihara tulang dari osteoporosis, mengandung  zat s riboflavin, asam folat, vitamin A , niasin, karoten, asam folat,mengatasi diare, ketumbar memiliki kandungan linal dan borneol yang meningkatkan fungsi hati,  membantu buang air besar, mengatasi anemia, mengobati anemia, menurunkan kolesterol. Kandungan asam stearat, palmitat, askorbat,  oleat, linoleat, meredam influenza,  memperbanyak air susu ibu, menetralkan keracunan jamur dan darah tinggi.

  • Bawang putih

Mengkonsumsi bawang putih mentah  1 siung bawang putih per hari menurunkan kolesterol LDL dan trigliserida (lemak) dalam tubuh sehingga kolesterol tubuh menjadi stabil. Dalam bawang putih dikenal alisin untuk efek penurun kolesterol. Bawang putih juga sumber kalsium, besi, magnesium, fosfor, kalium, dan natrium.
Khasiat utama : memperbaiki kerja otak, membantu menghambat proses penuaan. mengurangi resiko kanker, menurunkan kadar kolesterol, mencegah penggumpalan darah, meredakan depresi, menghindarkan penyakit jantung, meningkatkan insulin darah penderita diabetes dan penawar racun.

  • Bawang merah

Mengandung minyak asiri, sikloalilin, metilallin, dihidroallin, flavonglikosida, kuersetin, saponin, peptida, fitohormon.
Khasiat : Mengatasi batuk, meredakan diabetes, mengatasi demam,  melancarkan buang air, sistem syaraf usus, membantu kerja empedu, mengurangi tekanan darah tinggi.

  • Cabe :

Rasa pedas dalam cabe ditentukan oleh jumlah kandungan capsaicin. Khasiat cabe bagi kesehatan : Meredakan pilek dan hidung tersumbat, mencegah stroke, meringankan sakit kepala, meningkatkan nafsu makan, menurunkan kadar kolesterol, memiliki kandungan antioksidan.

  • Jeruk nipis atau jeruk lemon :

Buah lemon akan merangsang tubuh untuk memproduksi kalsium kabonat menetralisir  asam urat.

  • Kunyit :

Pewarna alami. Antibiotik terbaik dikelas herbal. Kandungan kimia dari rimpangnya mengandung minyak atsiri sebanyak 5-7% terdiri dari senyawa monoterpen dan sesquiterpen (zingiberen, alfa dan beta-turmerone), zat warna kuning yang disebut kurkuminoid kurkumin 60%, monodesmetoksikurkumin dan bidesmetoksikurkumin,  fosfor, kalium, besi dan vitamin C. Menjaga kesehatan antara lain: mengatasi  penyakit diabetes mellitus, tifus, usus buntu, disentri, keputihan, mules saat haid, memperlancar ASI, amandel, gusi bengkak, luka, penyakit kulit dan reumatik.

  • Daun jeruk :

Mengandung zat tannin, steroid triterpenoid dan juga minyak atsiri. Sumber bau harum pada daun jeruk purut berasal dari kandungan minyak atsirinya yang tinggi.  Minyak ini dikenal dengan julukan aeterik.  komponen  minyak nabati. Minyak atsiri dijadikan bibit minyak wangi. Khasiat minyak atsiri sebagai media relaksasi, antibiotik. Penambah  aroma kuliner. Tumis apa saja plus daun jeruk aroma merangsang menambah selera. Ayam panggang, sambel trasi, mencuci tangan yang amis.

  • Laos

Laos bersama cabe jamu, merica, temuawak, ginseng dan lain-lain dinobatkan menjandi tanaman obat dan untuk jamu untuk ayam, ternak ruminansia  sekaligus bumbu masakan, dan ramuan laos atau lengkuas bisa mencegah penyakit dibawah ini:
Obat reumatik, sakit Limpa, membangkitkan nafsu seks, nafsu makan, batuk Bronkhitis, morbili, vanu, tidak salah kalau master dan ahli nutrisi menganjurkan gemar menanam yang disebut apotik hidup.

  • Kecap

Kecap terbuat dari kedelai hitam. Kecap mengandung : asam amino pada kedelai adalah lisin dan  leusin. asam amino essensial lainnya leusine, metionine, treonine, arginine, fenilalanine, histidine, isoleusine dan triptopane.
Kecap, mengatasi kekurangan iodium, menambah stamina, mengatasi anemia, bumbu wajib hidangan sate, kambing guling, ayam kecap, sop, mie ayam, bakso, pangsit, pecel, gado-gado, nasi goreng dan soto.

Kedelai bertindak sebagai antioksi dan Penurun kolesterol bagi tubuh mengandung isoflavon dan antosianin. untuk mengurangi tekanan darah dan memperbaiki sistem kerja otak. Pencegahan  terhadap jantung koroner, tekanan darah tinggi. Kaya dengan zinc vit.A,B,C,K, karbohidrat, lemak, kalsium, magnesium, fosfor, kalium danzat besi. Kandungan serat terbaik yang mengeluarkan ion racun, meningkatkan stamina. Kecap memang tidak seunggul tempe tapi sebagai sumber gizi alternatif yang tidak boleh dianggap enteng, seperti tempe kecap mencegah diare. Kecap ditambah sedikit garam dan jeruk lemon mampu menyembuhkan batuk kronis anda. Kandungan peptide meningkatkan sistem kekebalan.

  • Blimbing wuluh

Meringakan sesak nafas. melancarkan dahak dan menurunkan panas. Menrunkan hipertensi, jerawat, diabetes, rematik, linu, banyak lagi, banyak lagi, hebat kan.

  • Merica

Merica atau lada, sebagai bumbu mengandung zat kavisin yang memiliki rasa pedas, zat afrodisiak sebagai penggugah libido pria, menjaga kesehatan tanpa efek  sang torpedo milik suami.
Guna merica lainnya adalah mengatasi pernyakit asma, masuk angin, diare, meningkatkan stamina, mengatasi bau keringat, haid tidak teratur, panas dalam, rematik, asam urat, tulang keropos,  gigi, asma, hernia, penyakit kurap, kadas dan eksim, sakit kepala, asma, frigit pada wanita, impotensi.

  • Jahe

Jamu identik dengan jamu, booming jahe melambung diangkasa, tanam jahe akhir-akhir ini sedang membumi. Rimpang jahe mengandung protein, Vitamin2, mineral dan zat zat minyak atsiri,  sineol, fellandren, kamfer, borneol, zingiberin, zingiberol, gigerol, zingeron, damar, lipidas dan niasin.
Dipercaya pembasmi impotensia, batuk, pegal-pegal, migrain, asam urat, reumatik, vitiligo atau bercak putih pada kulit, cacingan, menghilangkan nyeri otot ibu hamil dan serangan serangga.

  • Buah peer

Buah peer mampu mengatasi, melenyapkan, mencegah, menurangi, menahan bakteri penyakit2 :

Anti radikal bebas, mencegah penyakit jantung, mencegah kanker, reaksi alergi, Menjaga kadar gula darah, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah osteoporosis, meningkatkan tingkat energi, pencernaan, kehamilan,  mencegah kandung empedu, radang usus, radang sendi, tekanan darah, Mencegah kerusakan kulit, jerawat, p elembab kulit alami, bahan facial, scrub natural, perawatan Bibir, Anti-inflamasi alami, bahan creambath.

  • Sehat dengan Nenas

Melancarkan  PencernaanMengatasi Flu dan DemamMenjaga Kesehatan GigiMengobati Peradangan KulitMenghaluskan KulitMengatasi Kembung Pada PerutMengobati Asam Urat
Menyuburkan RambutMeredakan Radang TenggorokanMeningkatkan Kekebalan Tubuh
Menurunkan Tekanan Darah Menurunkan Mengatasi KetombeMeningkatkan Kualitas Sperma

Teh Hijau:

Zat theanine pada teh meningkatkan kolesterol baik dan membunuh kolesterol jahat

  • Alpukat :

Kaya lemak tak jenuh, meningkatkan kadar HDL atau lemak baik dalam tubuh.

  • Bayam

Menjaga kestabilan kolesterol dalam tubuh, dengan membantu meingkatkan produksi kolesterol baik (HDL)  dan mencegah peningkatan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Maka dari itu, agar terhindar dari bahaya kolesterol tinggi, sebaiknya anda memasukan sayur bayam kedalam menu makan anda.

  • Kecambah, toge atau tauge

Anda mengidap  batu ginjal,  makanlah tauge mentah. Toge  bagus bila dimakan mentah dibanding dimasak.. Kecambah   membersihkan gijal dan mencegah resiko diserang penyakit batu ginjal.

  • Apel

Apel membantu proses pembuangan racun (detokfisasi). Satu hari satu apel berfaedah menjaga ginjal agar tetap selalu bersih.

  • Minyak Zaitun

minyak ini memiliki kandungan anti inflamasi asam lemak, mampu menurunkan oksidasi dan menjaga ginjal tetap sehat, membersihkan jantung dan efektif mencegah penyakit kanker prostat. Minyak zaitun termasuk pengobat terpilih nomor 1 dibarisan obat berbasis herbal.

  • Kubis

Kubis yang kaya Vit-A, berguna untuk kesehatan mata, kulit dan tulang. Fitonutri pada kol atau kubis membentuk tubuh melawan radikal bebas. Kubis menjaga kesehatan jantung, paru-paru, kanker prostat dan kandung kemih. Zat yodium pada kol merawat seluruh bagian otot.

  • Pepaya

Enzim dalam buah papaya telah terbukti dapat mengurangi gas dari gangguan pencernaan. Selain enzim tersebut,  enzim papain berguna meredakan peradangan. Sebuah papaya matang memiliki 50-65 kalori.Memiliki konsentrasi tinggi dari anthocyanin yang membantu peradangan.

  • Delima

Viagra organik, viagra alami, ini julukan delima. Kemampuannya dalam mengatasi disfungsi sexual diduga  kuat dalam biji delima mengembalikankerusakan oksidatif dengan system vascular, dan mempertahankan ereksi lebih lama.  Dalam sebuah situs ditulis delima sebagai buah terlarang di Taman Firdaus

  • Mangga, anggur, susu dan coklat

Tidak saya bahas, ribuan kebaikan dan jutaan pembahasan memenuhi halaman mbah gugel,  anda tinggal klak-klik akan menemukan dengan berbagai testimoninya.

Bagaimana ?, pernahkah anda membuat sendiri menu nikmat dan gurih ?, multi-vitamin pembangkit selera ?, hari ini buatlah tumis ayam kampung ditambah jagung muda, dicampur juga dengan jamur kuping, tambahi belimbing wuluh. Buat acar timun pedas cabe rawit dan bawang merah apalagi lalapannya dengan krupuk rambak sapi. Dari Banyuwangi saya bisa menebak anda akan menggumam Oh, lezatnya.

Coba anda replace lagi soal tempe, beberapa teman saya adalah penggila tempe, sekali makan bisa menghabiskan 10-15 potong tempe, tidak afdol kalo makan tanpa tempe, pesan sederhana dari naskah ini adalah tempe sudah menjawab kebutuhan nutrisi kita. Tempe mudah didapat, murah dan sederhana. Penulis sendiri secara berkelakar pernah ngomong ke istri. Bersedia kontrak sampe mati makan dengan tempe. Wadooow.

Kalimat One day one fruit sudah lama dikenal, bagaimana dengan jargon terbaru ini : Hari-hari mengkonsumsi tumis.

Seluruh rangkaian huruf diatas adalah untuk mengatasi kesehatan fisik kita atau pemahaman tentang jasmani, bukan semata-mata tumis ayam saja atau tumis jamur tiram. Urgensi paling dominan ada datang dari hati anda, lifestyle, pola fikir kita. Kesehatan fisik baru mencakup 20-30% dari circle kehidupan kita. Secara mental dan spiritual anda juga harus menambahkan kedalam database anda, yaitu :

  • Waktu istirahat yang cukup.
  • Olahraga ringan minimal senam pagi selama 12 menit.
  • Gemar menolong.
  • Berfikir positif, jalani hari-hari dengan enjoy.
  • Menumbuhkan rasa syukur tak habis-habisnya ke hadirat Allah SWT
  • Menempatkan kebersahajaan dan kesederhanaan adalah kebahagian yang hakiki.

Kesederhanaan adalah kebahagiaan sejati, dia tanpa beban, hidup sederhana akan disukai, sederhana itu indah dan kekal.

Nun jauh, dunia juga melahirkan tokoh-tokoh sederhana, sumber inspirasi sejagat dan akan melegenda sepanjang umur bumi ini :

  • Fernando Lugo, Presiden Paraguay, berjuluk pastor kaum papa, pembela rakyat jelata.

tidak mau menerima gaji. memilih tetap tinggal di rumahnya yang sederhana. Berpakaian sederhana, Hari pertama di jabatannya, menyantap makanan rakyat ubi kayu, jagung, dan pisang rebus, daun kol cacah (salad) dan ikan.

  • Jose Mujika, Presiden Uruguay. Dirumahnya tidak ada pelayan, semua dikerjakan sendiri. mendonasikan 90% gajinya. kekayaannya tak lebih dari sekitar Rp 18jt. Mobilnya Volkswagen Beetle  Hidup sederhana, teramat sederhana. Pernahpetugas parkir kaget kala melihat Mujica datang berkendara vespa.
  • Hoegoeng, mantan KAPOLRI, Bung Hatta, mantan WAPRES, Ibu Theresa, Baharuddin Lopa dan lainnya, memendarkan cahayanya diatas cakrawala.

Banyuwangi, 2010-2015

Resep Tumis Ayam + jamur tiram pedesss uenakpol.

Bahan

  1. 0,2 kg  jamur tiram, bentuk bilah-bilah.
  2. 0,5 kg ayam

Bumbu sambal  :

  1. 1 buah cabe merah
  2. 7 buah cabe rawit
  3. 5 siung bawang merah
  4. 1 buah bawang putih
  5. 0,5 sdt terasi
  6. Gula secukupnya
  7. Garam secukupnya
  8. 1 ons kacang kapri

Cara Mengolah:

  • Campur semua bumbu, tumis bumbu, masukkan ayam, jamur tiram dan kacang kapri. Hingga matang, angkat dan sajikan. (ayam rebus dahulu)

Resep ayam + jamur tiram tumis pedas penuh gizi dan menggugah selera. Lalapan jengkol muda cocok ga ya….

Sumber :

  • Jurnal kesehatan
  • Bedah Artikel Majalah trubus
  • Ensiklopedi kesehatan
  • Mesin pencari google
  • Penelitian dilapangan
  • Wawancara dilapangan
  • Pengalaman pribadi

Tautan lainnya

IQ Anak Seorang Satpam

Untungkah Bisnis Tanaman Hias

Menyanyi, Obat Hati Yang Galau

Gaya Hidup sehat Dengan Buah

Wanita Sebaiknya Mengetahui Ini

Toleransi Orang Minang

Gambar Cabe Jamu

cabe2

Ingin Awet Muda Dan Sehat, Tumislah Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>