«

»

Sep 20

Internet, tempat cari uang yang mudah

Internet, tempat cari uang yang mudah

oleh : Joko Mulyono

Sama halnya dengan bisnis offline, mencari uang sampingan di internet juga membutuhkan : Kesabaran, tekun, konsisten, ada tahapan dan proses, pengorbanan waktu tenaga dan biaya

Lantas bagaimana memulainya ?
Salah satunya begini !
Kita bisa berbisnis di internet dengan modal yang minim. Cukup dengan biaya pulsa internet sebesar 200.000/bulan. Kita sudah bisa melakukan pelacakan, pencarian dan memasuki ke forum-forum, group, milis dan facebook. Facebook pun bisa digunakan sebagai salah satu alat memberi informasi produk kita. Beriklan di lapak-lapak maya yang jumlahnya ribuan dan umumnya gratis. Apa saja bisa anda jual.

Artikel ini saya buat setelah rajin bertanya kepada beberapa rekan-rekan saya yang terlebih dahulu sukses mengais uang melalui internet. Langkah awalnya :

“CARI OBYEK BISNIS YANG DISUKAI ORANG BANYAK DAN BUAT PERBEDAAN


Jujur dan apa-adanya, anda harus pelan-pelan belajar teknik beriklan. Dan teruskan dengan belajar lika-liku pemasarannya.

Bisa juga tanpa modal.
Di beberapa situs anda bisa beriklan gratis dan sudah banyak dibuktikan banyak orang yang memberi manfaat secara financial, menerima order dan job setelah beriklan dibeberapa situs iklan yang banyak memiliki member, diantaranya :
agromaret, kaskus, olx, bhineka anda juga bisa beriklan di twitter dan facebook.

Untuk memperoleh berita aktual, pengetahuan dan inspirasi, anda bisa meng klik : detik.com, inilah.com, okezone.com dan ratusan situs berita. Untuk situs pertanian anda bisa banyak menggali informasi dengan mengunjungi trubus.com, fauna.com tanbunhut.com dan mitra tani.

Jika anda sudah mahir bagaimana anda berselancar di internet dan sudah bisa memasarkan produk-produk anda, langkahkan tekad anda untuk menambah wawasan dan jika anda ingin lagi makin merambah bisnis selain menjual dagangan, anda bisa meneruskan belajar bagaimana caranya menekuni berbagai keahlian seperti :
1. Membuat jasa website, tawarkan kepada perusahaan dan kantor-kantor agar memiliki situs web dan menjelaskan manfaatnya.
2. Menjadi konsultan website, ditingkat ini berarti karier anda maju selangkah lagi, artinya anda sudah naik kasta.
3. Konsultan SEO (Search Engine Optimation), saat ini situs-situs website berlomba-lomba agar bisa tampil dihalaman depan search engine. Anda bisa jadi konsultan dibidang SEO.

Dan banyak profesi di internet yang bisa meng-ekspose potensi anda : menjadi web designer, Programmer, design grafis, fotografer atau menjadi pialang bursa kerja dan lain-lain.
Namun, profesi diatas semua itu mungkin anda merasa tidak mampu atau tidak punya waktu untuk mengurus situs web atau blog dan pertanyaannya bisakah kita berbisnis diinternet tanpa memiliki website atau blog. Atau saat ini anda sudah memiliki web atau blog tapi putus asa karena berbilang bulan bahkan berbilang tahun tanpa pernah menerima order/pesanan ?
Tanpa memiliki website atau blog kita juga bisa meraup rupiah bahkan dolar diinternet. Seorang Ibu di Bandung membuat design busana muslim dan meminta tolong kepada anaknya untuk beriklan di situs-situs iklan, hasilnya ia kebanjiran pesanan dari mana-mana. Hal lain yang diakuinya adalah :
1. Modalnya relatif kecil
2. Tanpa beban kewajiban seperti membayar sewa toko
3. Resiko kerugian kecil karena tidak perlu menyiapkan sampel produk. Yang disiapkan adalah “foto” sampel produk.
4. Tidak bertemu langsung dengan pembeli sehingga tidak perlu menyiapkan penampilan.
5. Bebas berimprovisasi.
6. Kata mereka : “saya hanya memerlukan sedikit kreatifitas dengan selalu memperagakan berbagai design terbaru sehingga pembeli tertarik”.
7. Pangsa pasar terbuka luas, ada jutaan bahkan puluhan juta calon pembeli produk kita.

Nah,Jika anda berminat tapi masih belum tahu caranya, lakukan seperti yang sudah saya ketik diatas.

Facebook Untuk Berbisnis, efektif kah ?

Oleh : Hadi Winarto

Saya menerima keluhan dari anggota group Facebook saya INDONESIAN BUSINESS, begini : Kenapa  ? kok saya mempromosikan usaha saya di group di Facebook tetap saja sepi order, tidak ada penjualan, saya frustasi.

Begitulah kira-kira bunyi keluhan beberapa members group FB saya ini (https://www.facebook.com/groups/IndonesianBusinesslkpiteam/ )   yang saya kelola dan memiliki anggota 400.000 orang lebih.

Tips bisnis yang diminta dari sahabat Facebook ini saya mencoba untuk berbagi pengalaman dalam mengelola sebuah produk bisnis online.

Group di Facebook tidak bisa sepenuhnya bisa diandalkan karena pengguna Facebook umumnya atau sebagaian besar hanya untuk menggunakan sebagai sarana pertemanan, ajang curhat dan sekedar say hellodiantara sesama mereka atau sebagai sarana pelepas rindu sebagai sesama alumni dari sekolahnya terdahulu atau sekumpulan satu komunitas.

Pemilik akun Facebook umumnya menjadikan Facebook hanya untuk up-date status pribadi mengungkapkan jeritan hati atau melemparkan uneg-uneg terhadap iklim politik, seni budaya, olahraga dan tempat melemparkan joke atau humor. Sesuai dengan statusnya sebagai medsos, pemanfaatan Facebook, twitter, instagram dalam rangka iklan dan kepentingan bisnis memang sangat kecil sekali.

Sebagai pembanding disini terungkap, pada ada group INDONESIAN BUSINESS dimana saya sebagai admin menghitung yang beriklan meminta persetujuan untuk dipublish di group dari saya hanya berkisar 200 orang, artinya hanya 0,05% saja yang menggunakan Facebook untuk lapak berbisnis. Namun saya tidak mengesampingkan arti Facebook untuk menawarkan dagangan seperti beberapa teman saya yang sukses (beberapa tips dan trik tidak etis diungkap dinaskah ini, dapat inbox kan dengan saya, free)

Jangan frustrasi dulu sob, jangan menyerah mengibarkan bendera putih, the show must go on, brow, tidak ada yang mustahil, anda harus mengikuti fitrah sebagai manusia dari Tuhan yakni jangan kalah dengan alam, alamlah yang harus anda taklukkan. Manusia berhak menyelesaikan karya ciptaannya sendiri.

Artikel trik berbisnis di online sudah banyak saya release di situs saya http://www.boosterfish.com bagi anda barangkali belum membacanya atau belum membuka website saya itu. Dan saya ulangi kembali ya.

 

  1. Setelah anda memiliki akun medsos ada baiknya anda memiliki toko online, toko online anda akan bekerja secara otomatis selama 24 jam bahkan disaat anda tidur lelap.
  2. Buatlah website atau blog, (bikin website sekarang murah kok) website pribadi anda itu adalah tempat meng-aktualisasi diri, jati diri. Anda bebas memposting apa saja manuscript yang anda suka, ya ialah namanya juga milik pribadi.  Medsos seperti email, gmail dan lain-lain anda adalah penumpang. Kreatifitas anda terbatas. Untuk mem post product anda harus memerlukan persetujuan admin. Memiliki web atau blog siapa tahu anda akan menjadi blogger terkenal. Menjadi blogger terkenal berarti anda sudah menanamkan good will, good will atau nama baik akan menjadikan produk anda diterima disemua kalangan, pundi-pundi uangpun akan mengalir deras.
  3. Bergabunglah di komunitas yang sama seperti di milis-milis yang banyak bertebaran di internet.

4.  Beriklan massal, iklan massal umumnya sangat murah tapi memungkinkan jualan                 anda di baca oleh jutaan calon pelanggan anda.

  1. Beriklan di situs iklan yang jumlahnya puluhan ribu dan umumnya gratis, uenaak kan.
  2. Demikian trik berdagang secara online, masih banyak lagi lika-likunya.

Terlepas dari ini, semua berbisnis online sama halnya dengan berusaha di offline, anda harus bekerja cerdas, sabar dan tekun. Tidak ada yang instan, tidak ada makan siang gratis. Kombinasikan ketrampilan bisnis anda secara offline dengan online, niscaya akan memperoleh hasil lebih baik.

Saya mengikuti milis, memiliki web, FB dan blog serta aktif beriklan di website iklan secara spartan dan cukup lama menunggu untuk membuahkan hasil. Alhamdulillah.

angger gunung

PP booster fish

Internet, tempat cari uang yang mudah

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>