«

»

Jul 15

Iseng Blogging Dapet Duit

Iseng Blogging Dapet Duit

Oleh : Hadi Winarto

Diary

Menulis Iseng Blogging dapat duit mengingatkan waktu sekolah menengah  Tahun 80an, Semasa kelas 1 SMP saya biasa membuat catatan harian atau diary, semua ditulis dibuku tebal dan mulai kelas 2 saya mencoba membuat catatan yang bersifat ilmiah, dicover buku itu saya beri judul KUMPULAN PENGETAHUAN UMUM, isinya terdiri berbagai informasi seperti sejarah perjuangan para pahlawan, perjuangan para kulafaurrasiddin, daftar gunung berapi, daftar sungai, daftar ibukota di Indonesia dan didunia, ternyata bermanfaat buku saya itu, cepat berpindah tangan dipinjem teman-teman malah seorang guru matematika saya melaporkan ke Kepala sekolah, pas upacara hari senin nama saya disebut agar semua siswa meniru kegiatan saya itu, tentu bangga dunk.

Berbilang tahun, setelah umur hampir memasuki setengah abad saya browsing di internet, sebuah thema memberi pencerahan tentang manfaatnya menjadi blogger. Saya ingat pepatah yang saya buat sendiri tatkala membuat buku waktu SMP dulu, bunyinya sederhana : Kebaikan yang tidak direncanakan justru akan memberi berkah tak terhingga.

Saya review cerita saya diatas, kenangan waktu SMP itu memberi efek kejut yang luar biasa sebenarnya, saya yang kuper jadi percaya diri, nilai nilai pelajaranpun meningkat tajam dan hal yang paling merubah hidup, saya diajak teman-teman berlima untuk membentuk kelompok belajar yang kami sebut kelompok GEMBEL, singkatan dari Gemar belajar, kelak salah satu teman saya ini yang meng-informasikan sebuah pekerjaan di BUMN dan saya diterima dan ke-5 teman gembel saya ini menduduki posisi eksekutif ditempat mereka bekerja.

Mulailah saya tekun mempelajari internet, apa itu blog, SEO, SERP dan membuat akun di sosmed. Meluncurlah ratusan artikel saya beragam judul, file dan lembaran lama saya buka kembali, sama disaat saya membuat diary dulu, tak kefikir akan akan menghasilkan apa, yang penting ada ide, ditulis dan posting.

Suatu senja, tak sangka saya ditelepon sebuah komunitas bisnis perikanan, agar bersedia menjadi pemateri, terus saya berangkat atas undangan di Bandung dan dari pelatihan ini pertama saya menerima honor, singkat kata 3 tahun saya sudah diundang hampir disemua propinsi di Indonesia, saya bahkan tidak pernah menetapkan tarif, selalu saya katakan cukup ditanggung transportnya saja asal saya sedang tidak ada kegiatan lain saya pasti berangkat menerima undangan.

Tidak ada yang istimewa, hanya beginilah cerita saya mengapa saya memiliki blog atau website, semua mengalir seperti gemiricik pancuran air.

Kilas balik lagi kala sekolah dulu yang belum ada telepon nirkabel, belum ada internet, waktu itu komunikasi tercepat masih telepon analog, telegram, bahkan facsimile juga belum ada, namun buku diary yang saya buat dulu tak ubahnya merelease sebuah tulisan ke blog alias blogging sekarang, orangnya disebut blogger, tentu saja pembedanya banyak, blog oleh jutaan orang dijadikan berbagai misi, mencari uang, mencari pergaulan, berbagi ilmu dan sarana dakwah. Dalam artian lebih luas blog atau site bermakna multi fungsi. Seperti yang saya alami website adalah salah satu sarana saya mendapatkan tambahan penghasilan bahkan banyak blogger yang hebat-hebat memperoleh penghasilan tidak terkira.

Jadi menurut saya, tiadalah naif yang didapat jika seseorang membuat blog dan tulis segala uneg-uneg positif dan berharaplah tulisan anda bermanfaat bagi kita semua. Tulisan anda yang dibaca, dicopy, direkam, dijadikan referensi, dijadikan narasumber dan meningkatkan taraf kemanusian, bagikanlah pengetahuan anda itu meskipun satu ayat, tulis apa saja yang anda tahu, lihatlah diujung dunia sana, disebuah daerah terpencil seseorang mereguk dolar dengan membuat sebuah tutorial atau ebook. Berbicaralah lewat tuts keyboard laptop anda, bercengkerama dengan kata-kata,  bernyanyi, menari bersama layar monitor anda, berbanggalah.

Satu ide akan melahirkan sejuta viral aktivitas, banjiri dunia maya tanpa batas ini dan bukalah kolom opini dibawah naskah anda, kritik yang induktif membuat kita semakin matang. Anda sudah ikut memberi ukiran sejarah, gubahan anda akan abadi dalam melengkapi perpustakaan raksasa bernama internet ini. tahukah anda artikel apa yang saya post di internet ? themanya saya anggap tidak menarik, ditulis berdasarkan kegiatan harian, eh ternyata banyak yang mencari, karena butuh kali ya, judulnya Pakan Alternatif Lele.

Bagai prasasti sebuah candi berumur ribuan tahun tapi hingga kini anak cucu masih membaca dioramanya.

Ini cara saya memulai. Saya mulai ngeblog dengan membuat catatan kecil :

  1. Blog apa yang akan saya buat, istilah kerennya apa niche nya, disesuaikan dengan latar belakang ilmu yang dikuasai.
  2. Saya buat obyek yang sekiranya menarik bagi pembaca.
  3. Membuat komitmen dalam hal waktu dan bobot naskah.
  4. Kaidah dan aturan apa saja dibutuhkan penulis di kanal maya.
  5. Rajin berselancar mengunjungi blog orang lain untuk mengasah dan mempertajam naluri jurnalistik.
  6. Jangan sungkan bertanya, jangan jengah ditanya.
  7. Hindari tulisan yang terindikasi plagiasi, anda mungkin tidak berniat menduplikasi naskah orang lain tapi kadang kita bisa terjebak dengan karya orang lain yang lebih dahulu dipublish.
  8. Simak berita-berita mutakhir, ikuti issue terkini, artinya gemar membaca adalah modal dasar seorang blogger.

Terserah misi anda tentang sebuah blog. Ngeblog identik dengan kepenulisan dan kepengarangan, itulah intinya. Pandangan dari seorang blogger terkenal, ngeblog adalah sebuah seni. Menyoal pendapat  itu : Aku yesss… !!!

Segini aja, salam blogging

Berita tentang sisi unik agrobisnis klik ini : Herbal Untuk Kesehatan

Bacaan tentang SEO lainnya

Blogger Indonesia Adalah Petarung

Ebook, Bisnis Buku Masa Depan

Punya Website Sendiri, Untuk Apa ?

Tercampak dari Halaman Idaman Blogger

Like Dan Keramahtamahan Ala Indonesia

Cara Alami Terindex Di Google

Cara Mengelola Website / Blog

Heboh SEO Di Mesin Pencari

Google+, cara simpel tingkatkan visitors

Gratis : Kiat memperoleh 1,953,125 backlink

Ber Wira Usaha Secara Online

Internet, tempat cari uang yang mudah

Trik Lain Berbisnis Online

tumpukan buku

FOTO BANDUNG

 

PP booster fish

Terima kasih

Sudah berkunjung di Iseng Blogging Dapet Duit, sampai jumpa.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>