«

»

Dec 13

Jamur Tiram Raksasa Berkat Enzim

Jamur Tiram Raksasa Berkat Enzim

Oleh Hadi Winarto

Profil Mas Muklis pembuat enzim ampuh

muklis1  muklis2

Enzim yang dibuat oleh Mas Muklis dari Bondowoso mampu menghasilkan jamur super besar.

Mas Muklis, adalah seorang santri yang mondok di salah satu ponpes (pondok pesantren) di Bondowoso Jawa Timur. Beliau seorang remaja yang tekun dan tidak kenal lelah, sangat kreatif, seorang petarung, suka beternak ikan, bertani, beternak bebek dan ayam. Penasaran dengan karakter yang serba ingin tahu Mas Muklis berkreasi dan terus melakukan uji coba dalam waktu tidak sampai 1 tahun telah berhasil menciptakan tanaman jamur tiram menghasilkan 3 kali lipat (300%) dari hasil biasanya (lihat gambar). Namun rendah hati mengaku masih dalam taraf uji coba dan belum menjadi apa-apa.

Jamur Tiram Raksasa Berkat Enzim

Cara penggunaannya adalah

  1. penyemprotan di lakukan bukan saat naruh benih jamur, tp saat baglog/ media jamur di letakkan pada tempat budidaya/ rak jamur.Media baglog disuntik dengan enzim dengan dosis 10 ml (cukup sekali saja pada saat memulai budidaya).
  2. Setiap 3 hari sekali jamur disemprot (spray) dengan enzim buatannya dengan dosis 2 ml /1 liter air.

Jamur tiram yang biasanya sebesar satu kepalan tangan tangan akan berubah membesar 3 kali lipat dalam waktu 5 hari. Biasanya 1 kepal tangan jamur tiram dibutuhkan waktu tumbuh 7 hari.

Jika anda mengkuatirkan jamur raksasa itu tidak diminati oleh konsumen cukup dipanen pada ukuran sebesar kepalan tangan dan hanya dibutuhkan waktu 3 atau 4 hari saja. Waktu yang pendek ini akan menghemat biaya operasional seperti biaya SDM, listrik dan lahan.

Kilas sejarah

Catatan sejarah mengungkapkan bahwa enzim, amino, asam (acid) dan vitamin baik untuk kehidupan manusia maupun hewan ternak sudah dikenal sejak abad pertengahan, pada mulanya ditemukan dalam bentuk sederhana dan lambat laun seiring teknologi ditemukan dan diperoleh perbaikan-perbaikan kualitas baik itu enzim, amino, asam (acid) dan vitamin dan implementasi enzim dan lain sudah marak diperjual-belikan dengan berbagai merk dagang. Enzim dalam dunia agrokultur menciptakan berbagai inovasi yang berdampak positif menekan FCR, meningkatkan SR, perbaikan gizi, meningkatkan kwalitas pakan, mempercepat panen dan menekan biaya operasional.

hormon jamur hormon2 muklis3

Pengakuan

Saya mengakui secara terbuka kehebatan anak muda ini. Kami secara intens mendampingi Mas Muklis, memberi support agar tidak berhenti berimprovisasi, setiap kebaikan akan membuahkan hasil kelak, sebuah hasil karya sesungguhnya Allah yang maha mendengar akan membalasnya. Setiap doa dan perjuangan yang memberi warna kepada peradaban akan dicatat oleh sejarah.

Semoga saja tidak berakhir tidak jamur saja, semoga ikan patin, lele, gabus, nila, betutu, koi, unggas, sapi, kambing, singkong, terong, tomat, kentang, buncis dan lain-lain.

Aplikasi

Dibelakang sebuah gudang dekat rumah budidaya jamur tiram Mas Muklis menemukan baglog jamur yang sudah kering, menurut penuturan pemilik limbah baglog jamur itu sudah berumur 1 tahun, karena sudah tidak produktif lagi baglog tersebut ditaruh dekat bak sampah. Oleh Mas Muklis ke-12 limbah jamur itu disuntik dengan enzim. Sebanyak 4 buah baglog tidak berubah mungkin karena sudah rusak yang 6 muncul jamur tapi kualitas nya tidak terlalu baik sedang kan yang 2 buah menghasilkan kualitas jamur seperti halnya jamur yang dibudidayakan secara intensif. Enzim buatan Mas Muklis merubah limbah Baglog tanpa diberi benih jamur menjadi jamur tiram. Enzim bagai menyulap semuanya hanya dalam 6 hari, baglog yang disuntik Enzim hanya ditaruh dalam gudang kumuh, tanpa ventilasi dan tidak steril, menakjubkan.

Enzim yang disemprotkan ke cabe rawit yang biasanya panen 80 kg pada benih-benih cabe rawit yang disuntik hormon menghasilkan panen 100 kg.

Tunggu aja pengujian-pengujian yang sedang digarap oleh Mas Muklis, ayam, ikan, lidah buaya, buah naga, melon, cabe hias sedang dalam taraf percobaan. Silahkan baca terus artikel ini.

Foto gambar limbah baglog jamur tiram yang tumbuh kembali berkat enzim.

gambar 1 dan 2 Baglog afkir 1 tahun dibondowoso

Gambar 1                                     Gambar 2

jamur eko jamur muklis

Gambar 3 adalah Baglog afkir 6 bulan milik Mas Rudi Malang, Jawa Timur. Disemprot enzim dan di treatment dengan mesin ATM, jamur tumbuh kembali. Sehari 2 kali disemprot, didataruh di dapur. Meski tempat tidak memenhui sarat habitat jamur ternayata tetasp mau tumbuh. Memperpanjang masa panen dan menghasilkan jamur tiram 30%-50% dari baiasanya.

  baglog afkir

Kesaksian untuk mencapai hasil maksimum hingga pasca panen yang dilakukan oleh Yudha, ST. Bondowoso Jatim ( 081358183003 )

Untuk aplikasi mesin ATM di kumbung jamur

Step 1.

Taruh ember, wadah atau gentong dalam ruangan, treatment air yang ada didalam wadah selama 2 jam pagi dan 2 jam sore, hembusan uap yang dihasilkan dari air dalam wadah tadi akan membuat udara lebih lembab, udara akan lebih bersih karena oksigen dan gas ozon yang keluar dari air tersebut.

Step 2.

Semprotkan enzim seminggu 2x. Semprot tipis dipermukaan baglog. 1-2 kali semprot.

Step 3.

Jamur Tiram, setelah dilakukan pemanenan jamur tiram pada waktu  diberi packing plastik dan dilempar kekonsumen, jamur tiram bersama kemasan plastik ditreatment dengan mesin ATM membuat jamur tiram selama 5 hari tetap awet dan kondisi jamur tidak menguning dan layu. Mesin ATM mampu melakukan tindakan sterilisasi pada kemasan. Bakteri patogen yang memudahkan jamur menjadi cepat layu dan menguning. Silahkan telesuri kinerja mesin ATM di artikel ini Peternakan Dan Perikanan Sistem Modern dan artikel Agroculture Treatment Machine.

3 tahapan langkah diatas akan menghasilkan panen jamur yang sedianya 6-7 kali akan meningkat menjadi 12-15 kali, waktu panen lebih singkat dan rendeman jamur menjadi meningkat hingga 125-150%

Padi

Pada percobaan tanaman padi disawah, air sawah yang diberi enzim, pupuk kascing dan sawah yang ditreatment mesin ATM menghasilkan panen gabah menjadi 9,2 ton per HA dibanding panen sebelumnya hanya 5,8 ton per HA. Kedepan Yudha optimis panen antara 10 ton hingga 12 ton per HA akan terpenuhi. Di kecamatan Tenggarang Bondowoso saat ini sedang berlangsung pola menanam padi dengan trik yang sama dengan luas 3 HA. (tunggu saja laporan kami berikutnya)

Yudha ini tidak berhenti di  2 hal diatas, seluruh tanamannya disiram dengan air hasil treatment mesin ATM. Hasilnya menakjubkan, halaman rumah Yudha hijau royo-royo.

Gambar mesin ATM

bom-YAT

Progress Report

Site ini juga menyajikan artikel-artikel tentang enzim, hormon, fermentasipakan lele siap olah, trik meningkatkan kwalitas pakan (klik saja kata dan kalimat yang kami beri warna biru ini) dan ratusan materi tentang agrobisnis lainnya. Dan artikel ini juga terus akan diperbaharui sesuai dengan progress report hormon yang sedang dilakukan uji lapangan diberbagai tempat dan obyek pengujian seperti pada cabe, melon, ayam, bebek dan ikan. Silahkan pembaca mengikuti naskah ini selalu.

Hasil tanaman cabe Mas Muklis

cabe hormon2

Terimakasih sudah membaca Jamur Tiram Raksasa Berkat Enzim

Kata kunci

Pakan ayam

Pakan ikan lele

Pakan ikan

Pakan organik

Pelet apung

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>