«

»

Apr 09

Kadar Air, fermentasi dan Treatment

Kadar Air, fermentasi dan Treatment

Oleh Hadi Winarto

(Saya tulis, diatas KA Jayabaya,

menuju Farm nya pak Sarifuddin di Cirebon – Kuningan Jawa Barat,

Tanggal 09 April 2016)

Kadar Air, fermentasi dan Treatment

Pak,  barusan saya beli ampas tahu murah pak, 1 karung cuma 20ribu, bobotnya sekitar 25kg, berarti 800 perak hrgnya perkg, muraah bingits pak bro… !!!

Demikian saya dan anda sering mendengar teman-teman peternak kita kala membeli bahan kuliner untuk ternak kesayangannya. Ampas tahu mengandung kadar protein 17,4%, kadar lemak 4%, kadar serat 11%, kadar abu 8%, ditilik dari kandungan nutrisi ampas tahu adalah salah satu primadona pakan murah namun bergizi lumayan tinggi, mengalahkan jagung, dedak, ampas kelapa, pollar, tumpi, janggel, onggok dari sisi protein, lysine dan methionine.

Harga

Ampas tahu yang baru keluar dari pabrik tahu memiliki kadar air 75-80% atau bobot ampas tahu yang sudah dikeringkan hingga kadar airnya menjadi 8-11%, dalam 1 karung ampas tahu tinggal 6 kg saja … atau bobot inilah yang akan terserap dalam tubuh ikan, unggas atau ruminansia. Jadi real price ampas tahu sebenarnya adalah berkisar Rp.4200 perkg. Benarkah murah jika dikonversi dengan kadar protein, engga juga deh, standard lah.

Kadar Air, apa itu !

Kadar air dalam bahan pakan adalah quantity air yang terikat di dalam biomassa bahan. Penyimpanan bahan baku pakan sebaiknya kadar air kisaran 12-15% bertujuan menghindarkan kontaminasi bahan dari jamur.  Cara menghitung kadar air dapat menggunakan alat digital moisture meter, harganya murah kok, sekitar 150-200 rb, sebaiknya anda memilikinya.

Fermentasi

Kembali ke ampas tahu diatas, jika ampas tahu ber berprotein 17,4% dengan  harga Rp4.000an sebagaimana kita semua tahu bahwa sebuah harga pakan ditentukan oleh jumlah protein, setiap kenaikan 1% bahan pakan akan mengalami kenaikan harga berkisar Rp.150 sd Rp.250. Dan untuk mendapatkan harga murah berbagai langkah dilakukan diantaranya dengan cara fermentasi atau secara instan menggunakan enzim tertentu. (saya bahas yang cara fermentasi dulu dan cara instan dengan enzim akan saya tulis nyusul)

 

Pengertian

Para ahli membagi-bagi definisi fermentasi dari sudut pandang masing-masing atau dari kacamata keilmuannya. Ada yang membagi 2 yaitu fermentasi internal dan fermentasi eksternal. Dan fermentasi primer dan fermentasi sekunder. Atau secara sederhananya seperti pengubahan glukosa menjadi alkohol secara an-aerob, proses pembuatan bir dari anggur, proses pembuatan tuak, tempe,tahu, oncom, yogurt, keju, brem dan lain-lain.

Proses fermentasi adalah pengubahan fisik organik dengan bantuan micro-organisme (MO). Komponen MO yang disukai adalah enzim, bakteri, protozoa, fungi, jamur dan lain-lain.

Telah lama juga legiun peternak dan penggiat agrobisnis sedunia beramai-ramai memfermentasikan  semua hal yang berhubungan dengan pakan dan nutrisi ternak, vitamin, probiotik. Fermentasi memang aktivitas yang menghasilkan pakan yang menakjubkan.

 

Manfaat fermentasi

  • Meningkatkan masa afkir atau kedaluarsa (expired). Penggunaan mesin treatment membuat bahan pakan akan lebih lama bertahan.
  • Sesungguhnya kegiatan ber-fermentasi sekaligus menggantian fungsi formalin dan boraks.
  • Meningkatkan homogenitas pakan.
  • Meningkatkan daya cerna pakan.
  • Menghilangkan gas metan yang terdapat pada pakan.  Inilah yang paling krusial yang belum banyak ditulis bagaimana fermentasi efektif membuang gas metan.

Nah, bagi anda yang anti fermentasi karena dianggap ribet silahkan pertimbangkan kembali maindset anda, bukan maksud menggurui, seorang petani, peternak atau tukang angon sapi, anda tidak akan sukses kalo cuma goyang-goyang kaki mending anda jadi tukang jahit, atau anda akan gagal jika anda cuma duduk manis bengong dikandang ayam, anda akan kecewa jika hanya ber kipas-kipas, lebih baik anda alih profesi jadi tukang sate. Fermentation is creativity. Wualaaah kok malah jadi ngedumel sendiri.

The next

,

  • bagaimana cara men-treatment bahan pakan ?
  • bagaimana mengetahui cara kerja kimiawi fermentasi ?
  • bagaimana membuat bahan pakan organik lebih awet bak dikasih formalin ?
  • apa bahayanya gas metan itu ?

Tunggu sambungan tulisan ini. Akan saya kupas tuntas tas dalam artikel berikutnya dan dalam tempo yang  sesingkat-singkatnya. Be patient please.

Tuuut,tuut,tut siapa hendak fermentasi !!!

Artikel terkait baca juga

apa itu fermentasi.

Formula Nutrisi Pakan Ternak Terbaru

Habitat Dan Ekosistem Ikan

Alat Ukur Air Untuk Budidaya Ikan

Peningkat Protein Bahan Pakan Ternak

 

Share & info, kontak langsung di 081224217112, pada jam kerja 08.00am-04.00pm, senin sd sabtu. kami tidak melayani SMS, WA atau BBM.

kolam bom tengah fermentasi yat3

Agroculture Treatment Machine

Terima kasih sudah membaca Kadar Air, Fermentasi Dan Treatment

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>