«

»

Jul 23

Kaum Wanita Sebaiknya Mengetahui Ini

Kaum Wanita Sebaiknya Mengetahui Ini

Oleh : Happyati

Selamat membaca,  Kaum wanita sebaiknya mengetahui ini. 

Bagi para ibu muda, gadis dan janda yang sebagian besar waktunya habis didapur, dibawah ini adalah kiat memanfaatkan limbah dapur … beberapa para istri yang menjalankan teknik ini ternyata mampu menyulap rumah jadi hemat dan membantu ekonomi keluarga. Trampil dan kreatif adalah kuncinya. Selamat menikmati.

  • Kulit kentang

Jangan buang kulit kentang ketika dimasak, orang minang sudah melakukannya sejak dulu, rendang daging ditambah kentang tanpa dikupas akan mempertahankan nilai gizi kentang. Kulit petai baik untuk kesehatan ginjal dan menyembuhkan penyakit hevatitis B

Setiap malam buatlah  jus bengkoang tanpa gula satu gelas, setngahnya anda minum setengahnya dibuat masker wajah anda. Kulit akan kencang dan lembut.

  • Telur rebus

Telur rebus suka pecah klo dikupas, agar tidak sulit jangan lupa celupkan kedalam air es saat telur tersebut masih panas

  • Cabe goreng

Cabe yang digoreng akan mencipratkan minyak goreng, kuatir minyak panas menyembur kemata, tusuk saja kulit cabe dengan jarum atau lidi atau ujung pisau, dijamin minyak tidak menyemprot anda.

  • Selada dan kawan-kawan

Cucilah selada, brokoli, kol, sawi kangkung, kubis, genjer  dengan sejumput garam, guna garam untuk mengusir hewan air yang menetap didaun sayur. Bilas 2 kali lagi.

Telur yang hendak dikocok untuk membuat kue setelah dikeluarkan dari mesin kulkas sebaiknya didiamkan dulu 15 menit untuk menghilangkan suhu dingin dalam telur, suhu dingin membuat adonan kue anda tidak mengembang dan bantat.

  • Jeruk lemon dan jeruk nipis

Jika anda menyimpan jeruk nipis atau lemon sesungguhnya kulkas akan menjadi wangi, jeruk nipis menghambat bau tengik bahan makanan lain.

Tangan yang panas akibat menguleg jabe dan bawang, benamkan tangan ke beras lalu bilas dengan air sabun dan jeruk nipis, dipastikan tangan anda tidak akan panas lagi.

  • Kutu beras

Kutu didalam beras memang menjengkelkan tapi sekarng tidak, letakkan sesendok kopi dalam wadah plastik, kutu-kutupun bubar jalan.

  • Air kunyit

Jangan lupa taruh segelas air kunyit dalam gelas, satu teguk perhari air kunyit ginjal dan kulit anda jadi bersih, aroma bau sedap dari ruangan kulkas memancar ke sentero dapur.

Jengkol, daun kates, kembang kates, pare yang hendak anda buat untuk kuliner yang enak rebus dengan daun klutuk dan sejumput garam. Rasa pahit akan jauh berkurang.

  • Menyimpan daging

Menyimpan daging dalam freezer gunakan plastik, tutup rapat (kedap udara) buat dalam kemasan beberapa bungkus plastik agar udara yang masuk tidak merusak kualitas daging.

  • Tidak beli bumbu lagi

Jika anda membeli sawi, wortel, daun bawang, nenas, kunyit, jahe, laos, temulawak, kencur bonggol atau bagian yang tertua jangan dibuang tanamlah dihalaman dapur anda, eh berarti anda sudah membuat apotik hidup. Anda tidak perlu berbelanja bumbu-bum ini, biaya hidup jadi hemat, halaman pun menjadi hijau, asri dan indah. Untuk nenas jangan buang mahkotanya bisa ditanam, nenas dalam pot taman jadi indah toh.

  • Ampas teh

Ampas teh, bisa untuk menghilangkan bau tak sedap dapur anda, binatang dan serangga enggan dengan bau ampas teh yang sudah dikeringkan atau ampas teh untuk bahan pupuk organik dengan ditambahkan urine kelinci atau sapi dan air kelapa.

  • Cangkang telur

Cangkang Telur jangan dibuang karena cangkang telur kaya dengan kalsium, kalsium bermanfaat bagi tanaman, jika anda tidak bisa berkreasi menjadi bunga imitasi yang indah, buat saja jadi tepung cangkang telur jadikan media tanam tanaman hias anda di polibag. Nah tong sampah anda jadi tidak cepat penuh kan !
Cangkang telur digunakan untuk mengusir kumbang, semut, kecoa, tikus dan serangga lainnya dengan cara, tebarkan pada tanaman hias anda, didaun dan akar.

  • Cangkang telur sebagai pupuk

Tenyata kulit telur kaya akan kalsium. Jadi, kulit telur tersebut dapat hancur dengan sendirinya dan menyebar di tanah sehingga menjadi pupuk yang mengandung kalsium tinggi yang dibutuhkan oleh tanaman. Caranya yaitu hancurkan cangkang sampai menjadi beberapa potongan kecil, lalu taburkan di area yang akan di tanami. Cangkang adalah pupuk organik alami.
caranya buatnya begini :

  • Hancurkan cangkang telur hingga menjadi lebih lembut
  • Masukkan cangkang telur ke dalam pot-pot kemudian tutupi dengan tanah
  • Tanaman seperti buah, sayuran atau bunga bisa menjadi sangat subur.
  • Sebagai tambahan ransum pakan ternak sudah dibahas disitus ini.
  • Cangkang telur Sebagai Hiasan, cangkang telur untuk hiasan unik.

 

Telur ternyata dahsyat

– Telur untuk kesehatan mata, kaya karotenoid

– Mengatasi kekurangan zinc.
– Sumber karbohidrat, lemak, protein yang cukup

– Memaksimalkan keecerdasan otak otak
– Sebagi pengobatan alternatif sejak zaman purba (Pemuja klenik)

– Konon sebagai lem perekat pembangunan candi dan istana pada zaman kerajaan dulu, pembangunan mesjid di kerajaan lingga di pulau penyengat, Sumatra.

– Sebagai peningkat libido kaum pria.

 

Jumlah kandungan telur lebih banyak dibanding bahan lainnya.
Vit.B12, vit. A, vit.D, vit.E dan vit.K, mengandung semua asam amino.

Gizi telur terbaik sistem imun tubuh. Telur banyak mengandung kolin. (sekilas tentang kolin klik tautan ini : Ayam Broiler Panen 27 hari dan Pakan alternatif ayam broiler)

 

Artikel ini adalah pengalaman pribadi dan hasil pencarian di mesin gugel, silahkan dishare agar lebih berguna.

Selamat dan sukses dari dapur anda.

Terima Kasih

 

red trinidad   yatie

Kaum Wanita Sebaiknya Mengetahui Ini

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>