«

»

Mar 13

Key Words To Success Is Fighting Spirit

Key Words To Success Is Fighting Spirit
 
Oleh Hadi Winarto
Bondowoso, 13 Maret 2016, Key words to success is fighting spirit.
Gambar kolam terpal warna kuning dan disebelahnya adalah rangkaian paralon hidroponik adalah prototype kolam lele pembesaran yang dipadu dengan hidroponik.
kolam kuning1 kolam kuning2
 
Skema yang sedang dirancang Masrufin di Jember ini adalah
 
1. Air kolam dipompa dengan selang, air lele menjadi pupuk andal bagi tanaman (selada, bayam dan kangkun) dan air dikembalikan lagi kekolam.
2. Media gelas mineral diisi dengan sekam yang sudah difermentasi, sekam berfungsi penompang akar tanaman, air yang melewati gelas akan menetralisir pH air. Sekam juga sebagai filter air.
3. Media tanaman akan tumbuh jentik-jentik yang bisa dijadikan pakan alami lele.
4. pada bagian akhir paralon diberi batu zeolit, batu zeolit mempunyai tugas ganda yaitu menciptakan mineral pada air dan menyerap amoniak yang tumbuh akibat feses lele dan pakan yang tidak terserap.
5. Akar tanaman menciptakan zat klorofil dan mempercepat tumbuh plankton dalam air.
6. percikan air membantu meningkatkan kadar oksigen terlarut dalam air.
7. pada kolam dipasang mesin Agroculture Treatment Machine atau ATM (TEKNOLOGI USA) yang berfungsi merubah nitrit menjadi nitrat, berfungsi sebagai nitrobacter hingga tidak perlu ganti air hingga panen, menggantikan fungsi kaporit, membunuh kuman dan bacteri e-colli dalam waktu 6 jam.
 
Gambar kolam bundar + hidroponik di Tangerang
k5 kolam aerator
 
Kolam yang dibuat di Tangerang milik Mas Eko Haryanto ditaruh dalam rumah, tertata rapi, indah dan asri. Sangat inspiratif sekali.
 
Gambar kolam induk milik Goes Tomo ponorogo
bom hiajau merah kolam bom tengah
 
4 kali sudah saya berkunjung ke goes Tomo di kecamatan badegan ponorogo. Goes Tomo menggeluti segmen pembenihan, saya yakin kelak Goes Tomo akan menjadi barometer pembenih di Indonesia, meski beliau bukan lulusan dibidang perikanan, meski luas lahannya tidak seberapa,meski hanya memiliki perangkat pembenihan yang sederhana. sebabnya apa ?
1. Tekun, semangat yang tinggi, gemar belajar, rendah hati.
2. Goes Tomo bangun pagi hingga senja hari tiada henti selalu melakukan inovasi sehingga indukan jantan maupun betina siap memijah meski dimusim ekstrim sekalipun (musim bediding)
3. Ransum untuk indukan menjadi perhatian utama dari Goes Tomo.
4. Kolam-kolam pemijahan selalu bersih siap pakai setiap saat.
5.penggunaan mesin Blue organic Magic yang maksimal.
 
Konkritnya,
 
Masrufin dijember, Mas Eko Haryanto di Tangerang, Goes Tomo adalah gambaran sejati seorang yang tidak pernah lelah berkreasi. Saya ini dianggap senior oleh ke-3 sahabat ini namun dengan segala kerendahan hati saya angkat topi dan hormat pada mereka. Imajinasi dan inovasi mereka membuka mata hati saya bahwa di dunia agrobisnis, di industri perikanan, pertanian dan peternakan sains dan ilmu pengetahuan selalu berkembang. Tidak ada yang profesor, tidak ada yang master. Yang hebat adalah mereka yang selalu gemar belajar, yang hebat adalah mereka yang memiliki sense of belonging, sense of social and sense of responsbility yang baik.
Key Words To Success Is Fighting Spirit
Siapa sangka,
Kombinasi lele dan tanaman hidroponik berfungsi ganda. potret nyata sebuah sense of art, dinamika, menggambarkan enerjisitas dan logika, siapa sangka hidroponik dan aeroponik ikut menekan FCR secara komprehensif.
 
Siapa sangka,
Musim bediding adalah mimpi buruk bagi pembenih namun bagi Goes Tomo, disparitas suhu yang tinggi bisa diatasi dengan sebuah sentuhan sederhana.
 
Saya tidak menyangka, ternyata saya bukan apa-apa.
 

3 comments

  1. logistyka uslugi

    I found your blog site on google and test a couple of of your early posts. Continue to keep up the superb operate. I simply additional up your RSS feed to my MSN Information Reader. In search of ahead to studying more from you later on!…

  2. Homeopathy

    I am extremely impressed with your writing skills as well as with the layout on your blog. Is this a paid theme or did you modify it yourself? Either way keep up the excellent quality writing, it is rare to see a nice blog like this one today..

  3. Firany makarony

    glad to be one of the visitants on this awful web site : D.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>