«

»

Jul 15

Kultur Daphnia Magna dengan Mudah

Kultur Daphnia Magna dengan Mudah
Oleh : Supriyono
Desa Brayut, wukirsari, Cangkringan Sleman, Hp. 085865324758
1. Siapkan bak (drum, stirofoam, kaleng cat, kolam dangkal, ember dan lain-lain) dan isi dengan air sekitar 75-80% dr ketinggian bak.
2. Usahakan bak yang untuk kultur bisa kena sinar matahari langsung jika kolam berada didalam ruangan gunakan lampu, karena akan lebih maximal pertumbuhan daphnia nya.
3. Masukkan pupuk kandang, bisa kotoran ayam, sapi, kambing atau kotoran puyuh (kotoran puyuh yang terbaik diantara kotoran ternak lainnya.
4. Diamkan selama 2 hari, lalu masukan bibit/ induk dapnia.
5. Setelah induk masuk diamkan lagi selama 1 minggu dan di hari ke 8 daphnia sudah bisa dipanen.
6. Untuk menjaga kestabilannya usahakan jangan sampai habis pemanenan daphnianya. Daphnia bisa dipanen 2 hari sekali.. Utk lebih maksimal and bertahan terus menerus pupuk kandang bisa ditambahkan tiap 7 hari sekali.
7. Untuk bak ukuran 200cmx200x80cm (pupuk cukup 3-5kg selama 1 minggu) Pupuk kandang bisa dikarung agar mudah dalam penggantian pupuk dan pembersihan baknya.
Kolam budidaya Daphnia
aa tri2
aa tri3
aa-tri
Semoga berguna

 

Dari Redaksi
I LOVE U, DAPHNIA
Saat saya berkunjung di laboratorium politeknik Universitas Jember dan berbincang bincang dengan pimpinan laboratorium biosains nya, Ibu Netty dan stafnya Mba Novie, kami terlibat bincang bincang dan  datanglah seorang tamu yang menyatakan bahwa : “Bahwa nutrisi paling penting untuk ikan aquakultur adalah kandungan leusin. Nah, jasad renik dan biota air yang mengandung leusin terbaik adalah daphnia magna”.
Kandungan nutrisi :
Protein 42,65%,
Lemak 8,00%
Kadar air 94,78%
Kadar abu 4,00%.
Daphnia juga mengandung enzim pencernaan proteinase, peptidase, amilase, lipase, dan selulase yang tugasnya sebagai co-enzim pada pusat cerna larva. Jadi daphnia sangat ideal sebagai ransum benih ikan untuk mempercepat daya rangsang dan pertumbuhan benih.
Sejak itu saya : Aku cinta daphnia
Tentang Mas Supriyono (akrab dipanggil Mas Tri)
Bergulat dibisnis ikan hias, disamping cacing sutra, beliau juga mengandalkan daphnia magna. Beternak Cacing sutra komplek dengan segala permasalahannya sedang budidaya daphnia lebih mudah.
aa tri fot0
Foto Mas Tri, yang ingin bertanya tanya dan order daphnia dan ikan hias silahkan kontak langsung or WA 085865324758
Kultur Daphnia Magna dengan Mudah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>