«

»

Sep 18

Lalat, Kenapa Tuhan Menciptakannya

Lalat, Kenapa Tuhan Menciptakannya

Lalat, pakan ikan murah berprotein Tinggi
Oleh : Hadi Winarto

NAMA LATIN             :  HERMETIA ILLUCENS

ENGLISH                  :   BLACK SOLDIER FLIES

JUMLAH SPESIES  :  +- 400

Jika selama ini lalat dianggap menimbulkan masalah pelik karena dianggap hewan jorok, sumber penyakit dan menjijikkan, para budidayawan/wati ikan air tawar saat ini sudah banyak yang  memanfaaatkan lalat sebagai pakan yang dapat mengurangi biaya pakan.

Lalat, Kenapa Tuhan Menciptakannya

Fakta dari pelbagai literatur diperoleh informasi ternyata lalat banyak mengandung asam amino yang lengkap. Dari asam amino yang lengkap akan menyebabkan ikan/ternak yang diberi pakan lalat dan belatung akan memperoleh asupan pakan yang sempurna  dan ikan akan terhindar dari penyakit dan kuat. Lalat kaya dengan kandungan kitin yang berguna untuk pertanian, lalat juga  mengandung protein hingga 45% sedangkan kebutuhan protein ikan lele cukup 31%, disamping memiliki kandungan karbohidrat  dan lemak yang seimbang.

Kelebihan lain dari lalat adalah kemampuan reproduksi yang tinggi hingga lalat dengan mudah berbiakria , sampah atau sisa makanan sebayak 1 kg lalat bisa berkembang/berkumpul 50.000 ekor hingga 100.000 ekor lalat.

Secara nyata sebenarnya lalat mudah dibudidayakan. Prinsip sederhana hidup lalat adalah lalat menyukai tempat yang busuk, makanan lalat adalah semua benda yang mudah busuk. Proses pembusukan akan tumbuh berbagai jasad renik diantaranya larva yang menjadi maggot atau belatung.

Jika para peternak ikan mampu mengembangkan teknik bagaimana mengembangkan lalat atau menangkap lalat yang sangat mudah berkembang biak dan bisa dijadikan pakan tambahan niscaya akan mengurangi beban pakan ikan yang makin hari makin mahal.

Disamping bermanfaat mengurangi persoalan sampah dan makhluk yang menjijikkan. Lalat  mampu digunakan secara maksimal dan menguntungkan disamping persoalan gangguan lalat oleh sebagian orang.  Lalat sebagai pakan ikan berprotein tinggi.

2 Cara menangkap lalat dan langsung dimakan oleh oleh ikan :

Langkah 1  :

Buat alat seperti nampan yang diletakkan dipermukaan kolam. Makin luas makin makin besar potensi lalat yang hinggap di nampan. Oleskan/kuaskan Fly Tox

kenampan. Terutama sore hari lalat akan menclok alias hinggap di nampan yang sudah diberi Fly Tox, lalat yang hinggap tidak akan lengket dinampan tapi dalam satu detik atau lebih akan terbang, tidak lebih 2 meter lalat akan jatuh ke air yang langsung disergap oleh ikan.

Langkah 2  :

Diruangan ukuran 4×6, pada lantainya oleskan Fly Tox, dalam satu hari akan menghasilkan 0,25 kg lalat. Kumpulkan dengan Sapu dan langsung bisa diberikan ke kolam ikan. Lalat sangat banyak terutama ditempat-tempat yang berbau amis seperti di : Pasar, tempat pemotongan hewan, rumah sakit, dapur dan lain-lain.

Keterangan :

Beberapa peternak lele sudah memanfaatkan lalat sebagai pakan tambahan, hasil dari cara ini  berguna untuk menekan biaya pakan, Caranya bermacam-macam. Ada yang membuat wadah ditas kolam dan memakai racun lalat. Ada yang membuat didalam gubuk-gubuk keci berlantai semen. Di Palangkaraya, Kalimantan, peternak ikan Nila juga sudah mengikuti jejak para peternak lele. Seorang peternak lele di Blitar menangkap lalat di TPH (Tempat pemotongan Hewan)

Menyikapi akan harga pakan pabrik yang mahal dibutuhkan kreatifitas dan ketekunan. Kreatifitas dan ketekukan adalah aset utama dalam berbudidaya apapun. Baik perikanan, peternakan dan perkebunan.

Yeah, terdapat banyak pakan pengganti, pakan altenatif atau pakan buatan sendiri seperti  ulat, semut, jentik-jentik,  belatung/maggot, jangkrik, kupu-kupu, bekicot, keong mas, ikan gobi, belalang dan banyak lagi binatang kecil lainnya, semua ini adalah pakan alami ikan dengan kandungan sangat tinggi dan seimbang. (seimbang antara protein, karbohidrat dan lemak)

Pakan buatan ini disamping sebagai ‘PENGHEMAT’ juga berfungsi sebagai antibiotik, mempercepat pertumbuhan ikan, meningkatkan kekebalan ikan terhadap penyakit dan kegiatan menciptakan pakan yang ada disekeliling kita lokasi kolam akan kelihatan lebih bersih dan nyaman.

“SUMBER DAYA MANUSIA ADA BATASNYA, KREATIFITAS TIDAK ADA BATASNYA”

Terimakasih sudah membaca

Lalat, kenapa Tuhan menciptakannya

Have an awesome day !

Baca juga tentang BELATUNG alias MAGGOTS

Share-click 0812-2421-7112 (no SMS)

tumpukan buku

PP booster fish


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>