«

»

Sep 26

Lebih baik mencegah daripada mengobati

Lebih Baik mencegah daripada mengobati

Oleh : Muhammad Ikhsan

Istilah lebih baik mencegah daripada mengobati sudah sangat dikenal luas, dibawah ini kalimat bijak ini kami buat untuk menyikapi bagaimana caranya mengatasi berbagai penyakit ikan

Ramuan Pencegahan Penyakit

Ramuan pencegahan terhadap berbagai macam penyakit ikan air tawar dapat dilakukan dengan cara seperti ini : (estimasi luas kolam 100cm x 100cm x 75cm)

  1. Daun kates 3 lembar
  2. Kunyit 3 cm
  3. Daun meniran 5 lembar
  4. Daun sambiloto 5 lembar
  5. Daun sirih 3 lembar
  6. Daun jambu klutuk 3 lembar
  7. Garam kasar 10 gram
  8. Bawang putih 3 siung

Seluruh bahan diatas di blender, tambahkan air bersih 3 liter, rebus,  setelah dingin beri probiotik sebanyak 100 ml. Tuangkan setiap hari sebanyak 250ml kekolam.

Ramuan diatas ampuh mencegah terhadap serangan ganas aeromonas dan penyakit kembung pada semua ikan air tawar. Ramuan herbal selalu bermanfaat baik bagi manusia.

Ramuan mauun obat-obatan herbal berfungsi secara mutual sedangkan ramuan atau obat-obatan yang berasal dari kimia berfungsi secara parsial.

Mutual >

Menyembuhkan satu penyakit dan akan memperbaiki organ tubuh atau menyembuhkan penyakit lainnya.
Parsial >
Menyembuhkan satu penyakit namun akan merusak organ tubuh atau memperparah penyakit lainnya

pada kasus-kasus yang sering ditemukan di kolam adalah akibat salah penanganan awal karena tidak dibarengi teknik pencegahan. Ramuan diatas herbal pencegah penyakit.

Untuk kasus-kasus penyakit berupa jamur berwarna putih (bintik putih) ramuan diatas tidak bisa mengobati jamur ini. Untuk mengatasi jamur putih dapat menggunakan bahan dibawah ini

Daun rosemary   10 lembar

Daun kenari         10 lembar

Daun sirsak           5 lembar

Kunyit                       3 cm

Keempat bahan diatas diblender, direbus dengan air sebanyak 5 liter, setelah dingin dapat ditebarkan kekolam dengan takaran 1 liter untuk luas kolam 20 m3.

Dari paparan diatas terlihat untuk budidaya ikan apapun anda harus menyiapkan 2 ramuan. Yang pertama adalah ramuan untuk pencegahan dan yang kedua ramuan untuk mengobati. penggunaan bahan-bahan berbasis herbal tidak memiliki efek samping sehingga takarannya bisa bebas. Sebab lain adalah pembuatan bahan herbal berbiaya sangat murah dan mudah. Biaya pembuatan kurang lebih hanya Rp.500-Rp.1.000 per liter.

Catatan penting :

Dalam memulai usaha budidaya lele atau ikan diperlukan pengetahuan mendalam tentang

* pemilihan benih, beli benih kepada penjual yang kredibilitasnya sudah teruji.

* Mengetahui managemen kolam, luas, tebar padat, perangkat pendukung kolam.

* Mengetahui kualitas air seperti kadar oksigen, kekeruhan, pH air.

* Memahami berbagai penyakit ikan (virus, bakteri, jamur dan predator)

* Bagi pemula lebih ideal dilakukan pendampingan oleh ahlinya.

* Menyiapkan dan mengetahui pakan, nutrisi dan vitamin yang berkualitas

* Mengetahui teknik pemberian pakan, waktu, jadwal dan jumlah pemberian pakan.

* Mengetahui faktor-faktor dan sifat-sifat ikan yang dibudidayakan.

* Mengetahui dan memahami marketing plan dan mambuat database, neraca keuangan.

* Menyiapkan keamanan kolam

* Bisa mempertimbangkan jumlah kolam yang disesuaikan dengan luas kolam, dana yang tersedia dan lay-out kolam agar memudahkan saat dilakukan pendederan, grading dan panen.

* Mengetahui kapan memulai berbudidaya dalam menghadapi anomali cuaca ekstrim, musim bediding (jawa) atau musim dimana cuaca, suhu air tidak menentu yang mengakibatkan disparitas suhu (perbedaan) antara siang dan malam berjarak jauh.

Trend untuk pencegahan penyakit dan meningkatkan kwalitas air dan udara pada kandang ayam saat ini para budidayawan dan budidayawati tengah gandrung menggunakan enzim dan ozonizer.  Enzim walaupun sudah ditemukan lama tapi sedang digadang-gadang sebagai multi gizi bagi makhluk hidup dan kemanfaatan teknologi mesin ATM (agroculture treatment machine) yang secara sporadis mampu membunuh bacteri pathogen baik diudara maupun dalam air. Beberapa kali kami melakukan uji lapangan dan analisa labor akan multifungsi enzim dan mesin ATM ini.

(silahkan klik hasil ujilab yang kami lampirkan disitus ini dengan judul= Budidaya Belatung Untung Melambung)

Baca juga artikel artikel dibawah :

Amoniak, musuh besar peternak

Obat herbal dan penyakit ikan

Terimakasih atas kunjungannya.

 

PP booster fish

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>