«

»

Mar 22

Lele : Penyakit, Antibiotik Dan Pencegahannya

Lele : Penyakit, Antibiotik Dan Pencegahannya

Oleh Muhammad Ikhsan

Ada baiknya anda mengenal beberapa penyakit-penyakit yang menyerang lele dan bagaimana cara mengobati serta dengan cara apa pencegahan yang terbaik.

Penyakit Cacing Trenatoda

Penyakit ini disebabkan oleh cacing gyrodactylus dan dactylogyrus, dactylogyrus menyerang insang, cacing Gyrodactylus menyerang kulit dan sirip. Insang ikanterdapat luka dan timbul pendarahan. Mengatasinya ada 4 opsi :

  1. Rendam ikan yang sakit dengan larutan Formalin 250cc/m2 air selama 15-20 menit
  2. Memberikan Methyline Blue 3 ppm selama 20-24 jam,
  3. Celupkan ikan dalam larutan Kalium Permanganat (KMnO4) 0,01% selama 30-45 menit.
  4. Memakai larutan NaCl 2% selama 30 menit.
  5. Makai larutan NH4OH 0,5% selama ± 10 menit.

Parasit Hirudinae

Penyakit ini dari lintah Hirudinae (merah kecoklatan). pertumbuhan ikan menjadi lambat, karena darah terhisap oleh parasit sehingga menyebabkan anemia, kurangi padat tebar dan gunakan larutan Diterex 0,5 ppm.

Penyakit Tuberculosis

Disebabkan oleh Bakteri Mycobacterium fortoitum, tubuh ikan akan berwarna gelap, perut bengkak, tingkah laku kan berdiri dipermukaan air, atau miring-miring, bintik putih di sekitar mulut dan sirip. Atasi dengan dengan Terramycin dibibis kepakan 5gram/100 kg ikan/hari selama 5–10 hari.

Penyakit Saprolegniasis

Cendawan Saprolegnia sp adalah pelakunya, lele dalam kondisi lemah. ikan ditumbuhi sekumpulan benang halus seperti kapas, pada daerah luka atau ikan yang sudah lemah, menyerang daerah kepala tutup insang dan sirip. saat pembenihan menyebabkan benih telur diliputi benang seperti kapas, berakibat pada kematian benih. Rendam Malachyte Green Oxalate 2,5–3 ppm selama 30 menit dan telur direndam Malachyte Green Oxalate 0,1–0,2 ppm selama 1 jam atau 5–10 ppm selama 15 menit.

Penyakit Trichodiniasis

Parasit Ichthyophthirius multifilis dari golongan Caliata berbentuk bulat, gejalanya adalah ikan yang diserang lemah dan selalu muncul di permukaan air, terdapat bintik warna putih pada insang, kulit dan sirip dan ikan menggosok-gosokkan tubuh pada dinding kolam. Pengobatan dengan cara perendaman dengan Formalin 25 cc/m2 dengan larutan Malachyte Green Oxalate 0,1 gram/m3 selama 12–24 jam,

Aeromonas sp diobati dengan oxytetracycline dan trimethasulfmix.

Ragged Tail Fin

Ini merupakan penyakit penurunan ekor atau sirip progresif. Penanganannya adalah menaruh ikan yang sakit pada baskom danlakukan ozonisasi selama 30 menit.

Lamped Fin

Sirip dilipat terhadap tubuh. Penyakit ini disebabkan kualitas air buruk. Ozonisasi juga bisa mengatasi masalah ini.

Dropsy

Gejalanya adalah kembung dan sisik rusak. Benih ikan sering didatangi dropsy ini.

Cacing Anchor

Gejalanya adalah terlihat tonjolan benang hijau dan warna putih dan ikan menggaruk-garuk bagian tubuhnya yang sakit. Antibiotik organik dan pupuk air bisa mengatasi cacing anchor ini.
Channel Catfish Virus Disease (CCVD)
CCVD adalah penyakit ikan lele yang mematikan. Ikan yang terinfeksi akan terlihat sirip pendarahan, Ikan yang tidak mati dari CCVD tetap menjadi pembawa virus terselubung.

Penyakit Gill proliferatif (PGD)

PGD ​​bisa menyebabkan kematian karena kekurangan oksigen. penyebabnya adalah protozoa yang dikenal sebagai Aurantiactinomyxon ictaluri. Spora parasit ini dilepaskan ke lumpur melalui usus, spora ini menempel pada insang lele. Penyakit datang disemua tahap, ditandai oleh insang yang bengkak berdarah. Ikan yang terinfeksi berhenti makan dan lesu sampai ajal menjemput.

Tidak ada obat yang diketahui untuk PGD, metode terbaik adalah persiapan kolam yang terukur.

Penyakit Darah Coklat

Jumlah amonia diatas 10ppm penyakit darah coklat sudah bisa hadir di kolam. Lele yang terinfeksi darahnya warna dari kemerahan ke coklat tua. Penyakit darah coklat mudah Ini bisa dilakukan dengan penambahan garam.
Penyakit Kolumnaris
Disebabkan oleh bakteri Flexibactum columnaris. Saat bakteri menempel pada permukaan insang, kolumnarismenyebar dengan cepat,. Gejalanya insang berwarna kuning kecoklatan. Pengurangan populasi ikan adalah pencegahan yang efektif.
Kalium permanganat umumnya digunakan untuk pengobatan kolumnaris.
Enteric Septicemia of Catfish (ESC)
ESC disebabkan oleh bakteri Edwardsiella ictaluri, menjangkiti semua segmen lele, tanda infeksi termasuk gejala fisik seperti mata yang menonjol, bintik merah di tubuh, perut kembung dan lubang di bagian atas kepala, lele yang terinfeksi akan menolak semua makanan dan berenang tanpa pola yang lazim. Wabah ESC dapat diobati dengan antibiotik organik dengan

Crack head

Penyebab penyakit ini masih misteri. Oksigen dibawah 1,7ppm diyakini sebagai faktor utama penyebab penyakit “kepala retak” ini. Gejalanya perut buncit dan perdarahan. ikan yang terkena menunjukkan garis rusuk kemerahan pada tengkorak. Penangannya dengan ozonisasi dan meningkatkan DO minimum 3ppm

Antibiotik organik atau Fitofarmaka yg sdh familiar diantaranya :

Daun sirih
Sirih digunakan sebagai styptic (penahan darah) dan vulnerary (obat luka kulit) sebagai antioksida, antiseptik, fungisida, dan bakterisidal bersifat menghambat pertumbuhan parasit protozoa.
Sirih menghambat perkembangbiakan parasit lchthyophthirius multifiliis.
Ikan yang terserang parasit ini menunjukan gejala bintik putih kecil berwarna putih pada kulit, ikan yang terinfeksi oleh parasit ini menggosok-gosokan ke dasar kolam. selanjutnya ikan berada pada permukaan bila insang sudah penuh kista parasit lchthyophthirius multifiliis.
Daun sirih membuat ikan kebal terhadap serangan penyakit.
Bawang Putih
Bawang putih ampuh mengatasi penyakit Koi Herpes Virus (KHV), jamur aeromonas hydrophila pada ikan patin, Virus penyakit KHV pada ikan mas, penyakit gatal, bintik putih pada benih akibat infeksi parasit Ich dan cacing Trichodina sp.
Dosis mengatasi KHV, aeromonas dan bintik putih pada benih :
25 mg bawang putih dihaluskan dan dicampur air 1 liter.
Untuk penyakit KHV, sebanyak 30 g dalam 100 ml air. Bakteri penyebab radang, bengkak dan kemerahan atau borok
Jambu Biji
Aeromonas hydrophila penyebab penyakit bercak merah bisa diatasi dengan campuran daun jambu biji, daun sambiloto dan daun sirih.
Ketapang
Daun ketapang untuk menurunkan pH air sebelum ikan dimasukkan ke kolam. PH air yang terlalu tinggi.

Kunyit
Kunyit bisa dipadankan dengan semua dedaunan herbal. Kunyit 200mg bersama dedaunan herbal dibibis dalam 1 kg pakan

Mengkudu
Daun mengkudu seperti halnya kunyit untuk penanganan bersama daun-daun herbal.

Daun mengkudu dan buah mengkudu adalah salah satu formula antibiotik organik yang sudah familiar dikalangan pembudidaya ikan air tawar. Daun dan buah baik untuk pakan ikan nila dan tawes.
meningkatkan kekebalan tubuh ikan, 10 lembar daun diblender 5 liter air, tebar ke air.

Meniran

Kegunaannya satu kelas dengan kunyit dan bawang putih. Pada budidaya unggas bermanfaat untuk ketahanan tubuh.
Dosis :
5 g daun yang sudah dibuat bubuk dicampur air 1 liter untuk perendaman selama 5 jam
Jika dibibis pakan dibutuhkan 20 g daun dicacah halus dan dibibis dalam 1 kg pakan
Pepaya
pepaya multi fungsi untuk ikan lele, sebagai antibiotik danpakan tambahan. Daun pepaya mengstabilkan pH air. pohon dan daun pepaya mampu sebagai obat herbal bagi ikan lele stress. Ketika pohon/daun pepaya dimasukkan dalam kolam, maka lumut akan tumbuh. datangnya lumut karena zat hijau daun yang di bawa oleh daun pepaya maka lumut akan tumbuh di kolam dan dimakan oleh lele.
1.Menjadi obat stress
2. Menjadi lele tenang karena menekan sifat kanibalisme lele.
3. Meningkatkan kekebalan tubuh.
4. Membuat air kolam steril.
Daun pepaya bisa di combine bogol pisang 25%. Terlalu banyak bogol pisang berbahaya bagi ikan lele.
Aplikasi :
Melalui pakan dan dapat disebarkan ke kolam. Batang dan daun pepaya dapat dimanfaatkan sebagai pakan dengan dosis 15 kg untuk 100 kg bobot ikan. Daun segar disebar merata di kolam.
2 g daun pepaya yang dicacah halus dalam 100 ml air digunakan untuk perendaman ikan yang sakit selama 1 jam
Batang pisang
Ditebarkan ke kolam. 30 kg batang pisang dicacah dan ditebarkan pada kolam ukuran 24 m2
Untuk menurunkan pH air, batang dan bonggol pisang dicacah ukuran 1-2 cm, ditebarkan ke kolam selama 24 jam. Potong ukuran agak besar dan dimasukkan ke kolam sehingga akan tumbuh jasad renik untuk pakan ikan.

Sente
Sebagai imunostimulan pertumbuhan, meningkatkan fekunditas telur hingga 12,5%. Bonggol dicacah diberi ragi tempe, setelah 3 hari proses fermentasi diberikan ke ikan secara teratur. Diberikan 30% bobot badan diberikan 3x sehari

Ubi Jalar

pepaya multi fungsi untuk ikan lele, sebagai antibiotik danpakan tambahan. Sebagai imunostimulan dan mencegah stres selama. Sebagai pakan ikan dan pencegah stres

Daun kipahit
Ekstrak daun kipahit dengan dosis 10.000 mg/l air menghambat pertumbuhan bakteri Mycobacterium fortuitum. Mengobati penyakit mycobacteriosis pada lele.
Jika anda tidak tahu dengan puluhan jenis penyakit ikan bahkan ratusan jenisnya dan cara mengobatinya

Itu adalah hal yang lumrah saja, kenapa ?? penulis dan banyak orang selama menekuni berlele-ria tidak pernah didatangi berbagai penyakit, virus, parasit atau jamur. Jawaban dan tindakan terbaik adalah bagaimana caranya mencegah. Mencegah dalam beternak ikan adalah musti memahami bahwa perhatian utama adalah kebutuhan terhadap air dimana tempat ikan hidup. Habitat ikan adalah air. Setiap jenis ikan berbeda mutu (kebutuhan) akan air. Seorang peternakpun tidak harus mengetahui secara detail. Anda cukup mempelajari ikan apa butuh mutu air seperti apa. Dalam hal ini 5 parameter cukuplah untuk memulai berbudidaya ikan lalu kelak kemudian secara bertahap musti mengetahui semua parameter yang dibutuhkan.

5 hal terpenting adalah :

Kandungan oksigen, pH, kadar amoniak, suhu air (stabilitas dan disparitas), jumlah bakeri bakteri.

Jamur Aeromonas yang ganas.

kating

New contents for you >

Membangun Pabrik Pakan Didalam Kolam

Fungsi Chlorella Pada Budidaya Ikan

Chlorella : Alga Hijau Yang Fenomenal

Asam fitat, Penjahat Pencuri nutrisi Pakan

Lele : Penyakit, Antibiotik Dan Pencegahannya

1 comment

  1. gamefly free trial

    Great website you have here but I was wanting to know if
    you knew of any forums that cover the same topics talked about in this
    article? I’d really love to be a part of online community where I can get
    advice from other experienced individuals that share the same interest.
    If you have any suggestions, please let me know. Thank you!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>