«

»

Dec 31

Lidah Buaya Juara Herbal Multi Talenta

Lidah Buaya Juara Herbal Multi Talenta

(Edisi khusus untuk pelaku agrokultur)

Oleh Team kreatif boosterfish.com

(disadur dari berbagai  literatur)

Naskah Lidah Buaya Juara Herbal Multi Talenta ini kami posting pada tanggal 1 Januari tahun 2016, jam 02.10 WIB,  dari Dusun Krajan, Desa Jambewangi, Kabupaten Banyuwangi.

Lidah buaya dimasyarakat umum masih menduduki peringkat underdog, masih sebagai makanan penyegar tenggorokan atau masih digunakan seputar masker wajah, perawatan rambut, mencegah uban dan memhilangkan ketombe. Padahal ratusan komponen nutrisi lidah buaya bisa digunakan lebih banyak bagi makhluk hidup lainnya, minim sekali pembahasan lebih komprehensif dan ilmiah tentang lidah buaya untuk pakan ikan, pakan ayam, pakan bebek atau hewan konsumsi melalui analisa klinis dan uji lapangan.

Sesungguhnya, diam-diam,  untuk kebutuhan pakan ternak sudah diproduksi tapi dosis, komposisinya masih disembunyikan dengan alasan rahasia bisnis. Ya sudah, padahal berbagi adalah tabungan amal yang abadi.

Bersama kunyit (antibiotik) , spirulina (protein) , alfalfa (protein), azolla (protein) daun kelor (multi suplemen), nenas (bromelin) daun kates (papain), singkong (vitamin B.17), ubi jalar (karbohidrat), jagung (energi), padi (vitaminB) , sambiloto (probiotik), daun selasih (probiotik), daun sirih (antibiotik dan probiotik)  adalah tanaman-tanaman bintang atau juara herbal yang memerlukan penelitian lebih lanjut dari para pakar mikrobiologi, medis  dan nutrisi agar bisa lebih maksimal bagi kehidupan (baca Organik Untuk Kehidupan)

Tujuan artikel ini adalah mendorong agar lebih banyak orang mendalami secara intens akan tanaman lidah buaya. Lidah buaya mengandung ratusan zat-zat dahsyat, nutrisi, vitamin, mineral, asam amino esensial,  hormon dan enzim. Dari ratusan zat yang terkandung dalam lidah buaya dibawah ini kami kerucutkan menjadi 31 jenis kandungan yang terpenting beserta fungsinya secara ringkas, kami tulis dalam bahasa yang mudah dimengerti dan sederhana. Mudah-mudahan bisa dijadikan obyek observasi untuk menyingkap tabir tersembunyi lidah buaya bagi para pembaca diseluruh dunia.

Amilase, enzim pemecah karbohidrat menjadi gula sederhana seperti dekstrin, fruktosa dan maltosa. Diproduksi dari kelenjar endokrin oleh semua makhluk hayati.

Antrakuinon, berkhasiat memperkuat peristaltik usus besar.

Asam aloeat, memperlambat serangan penyakit jantung , meningkatkan antioksidan dan mengandung vitamin B6.

Asam folat, membantu memperkuat sel telur, meningkatkan peluang dan kesempatan untuk hamil.

Glukose, sebagai sumber energi, pembakar dalam organisme biologis.

Isoleusin, salah satu asam amino esensial tidak dapat dibuat oleh tubuh. Isoleusin dalam tubuh berkontribusi membantu daya tahan dan mengembalikan energi otot.

Kalium, kinerja kalium terutama dalam pembentukan sel, organ tubuh dan pembentukan jaringan. Kalium merupakan jenis mineral yang ada di dalam tubuh, menjaga kesehatan jantung, kesehatan otak, ginjal dan jaringan otot. Kekurangan kalium: Akan mengalami sakit kepala, insomnia, vertigo, detak jantung sering tak terkontrol.  Kelebihan kalium menyebabkan gejala hiperkalemia atau kadar kalium dalam darah tinggi. Indikator terkena hiperkalemia adalah mengalami muntah-muntah, lumpuh, jantung berdenyut cepat dan sesak nafas.

Kalsium, dikenal adalah sebagai zat pembentuk gigi dan tulang. Manusia sejak dini membutuhkan kalsium.  Fungsi kalsium lainnya sebagai penyeimbang asam, mencegah keropos, menekan resiko penyakit jantung, sebagai pembakar lemak, mengoptimalkan mengeluarkan lemak, pereda nyeri waktu haid, pencegah kanker, menguatkan pembuluh darah.

Katalase, enzim ini memiliki multi peran dalam proses penting di dalam metabolisme tubuh. Enzim katalase termasuk dalam golongan enzim hidroperoksidase untuk melindungi tubuh dari senyawa peroksida membahayakan. Kekurangan enzim ini memicu penyakit-penyakit :  Akatalasia, gusi dan bagian mulutnya mudah terluka, muncul bercak putih di beberapa bagian kulit. Kekurangan enzim katalase akan menghambat reproduksi melamin yakni pigmen pewarna alamiah rambut.

Kolin, adalah zat yang secara kimia mirip dengan vitamin B tapi tidak termasuk kategori vitamin B. Asam lemak ini terdapat dalam beberapa bentuk seperti lesitin, asetilkolin dan pospatidilkolin. Kolin nutrisi esensial bagi tubuh, terlarut dalam air. Kebutuhan kolin tubuh didapat dari makanan yang dikonsumsi. Kelebihan kolin dalam tubuh akan dikeluarkan dari tubuh melalui urin.

Sumber Kolin banyak di telur, ternak ruminansia, unggas, ikan air tawar, ikan air laut, udang, kerang dan lain-lain.

Manfaat Kolin bagi tubuh untuk membentuk sel-sel baru. Kolin membangun sel syaraf dan  menjaga kinerja otak. Membangun sel membran. Melindungi organ hati dari penumpukan lemak dan sebagai jembatan penghubung trigliserida dari hati. Kolin memecah lemak, mencegah penumpukan kolesterol negatif dalam aliran darah. Terhadap janin berguna membantu pertumbuhan fisik bayi.

Krom, kromium adalah mineral yang membantu tubuh menggunakan lemak, protein, karbohidrat dan glukosa untuk energi. Membantu hormon insulin membagikan glukosa ke sel-sel tubuh.

Lignin, salah satu komponen utama sel tanaman, lignin juga memiliki dampak langsung terhadap karakteristik tanaman. Misal, lignin berpengaruh pada proses pembuatan pulp. (bubur kertas diindustri triplex)  Kandungan lignin digunakan untuk menghitung  bahan kimia untuk mematangkan kayu. Ransum ternak yang rendah kandungan ligninnya mudah dicerna oleh binantang. Ransum pakan yang diberikan terlalu banyak kandungan lignin, ternak akan mengalami diare.

Lisin, adalah asam amino esensial untuk mendukung pemeliharaan kesehatan. Yang dimaksud dengan esensial ini bahwa tidak diproduksi oleh tubuh dan karena itu harus dipasok dengan berbagai jenis makanan atau dengan cara mengkonsumsi suplemen. Lisin dapat ditemukan dimakanan hewani. Lisin ini banyak diyakini oleh para peternak yang harus ada pada ransum pakan ikan dan pakan ternak lainnya.

Lipase, Fungsi utama adalah untuk membantu mencairkan gumpalan lemak atau tubuh memudahkan mencerna lemak.

Mangaan, mangaan adalah mineral yang membantu tubuh mengkonversi protein dan lemak untuk menghasilkan energi. Mangaan meningkatkan pertumbuhan tulang, menjaga reproduksi, saraf dan sistem kekebalan tubuh dan terlibat dalam regulasi gula darah. Mangaan terlibat dalam pembekuan darah dan pembentukan tulang rawan dan cairan pelumas pada sendi.

Mangaan ada dalam jumlah besar pada tanaman dan hewan, namun elemen ini sedikit ditemukan dalam jaringan tubuh manusia.

Mangaan membantu tubuh menyerap vitamin B1 dan vitamin E dan bekerja dengan semua vitamin B kompleks untuk memerangi depresi dan gangguan saraf lainnya.

Metionin, asam amino esensial yang mengandung sulfur. Metionin merupakan asam amino esensial yangtidak dapat diproduksi dalam tubuh. Untuk memenuhi kebutuhan metionin kita dapat memperolehnya melalui sumber makanan terutama sumber makanan hewani.

Natrium, bagi tubuh adalah untuk mencegah menurunnya kandungan cairan ekstraseluler akibat tekanan osmotik dalam cairan tubuh menurun. Teh dapat membantu menyediakan kebutuhan tubuh akan natrium.

Kalium,  mineral yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, fungsi kesehatan yang didapat dari kalium untuk mengatasi stroke, tekanan darah, stress, kekuatan otot, metabolisme, jantung dan problem gangguan ginjal. Kalium berperan untuk keseimbangan air dan sistem saraf.

Kalsium, kekurangan kalsium mengakibatkan penyakit osteoporosis. Kalsium diperlukan untuk memperkuat tulang. Makanan yang memiliki kandungan kalsium tinggi adalah susu, yogurt dan keju.
Kekurangan Kalsium : Akan mengalami osteoporosis dan gangguan organ jantung.

Niasinamida, niasinamida bersama dengan niasin disebut sebagai vitamin B3, ditemui  pada daging, ikan, susu, telur, sayuran dan kacang-kacangan (bijian). Pada makanan, vitamin B3 ditemukan dalam bentuk kombinasi bersama dengan vitamin B lainnya yaitu tiamin, riboflavin, asam pantotenat, piridoksin, sianokobalamin dan asam folat. Oleh karena itu sering disebut sebagai vitamin B complex.

Penilalanin, asam amino esensial yang memproduksi DNA serta molekul otak seperti dopamin, norepinefrin  dan epinefrin (adrenalin), dan melanin. Fenilalanin digunakan oleh tubuh untuk membuat asam amino tirosin. Fenilalanin terdapat  hampir di semua protein, ia tidak dapat diproduksi oleh tubuh manusia, dan hanya bisa diperoleh dengan cara mengkonsumsi makanan yang mengandungnya.

Protease, enzim yang memecah lemak makanan menjadi molekul yang lebih kecil yang disebut asam lemak dan gliserol.

Saponin, merupakan senyawa kimia yang berasal dari metabolisme skunder yang banyak di peroleh dari bahan hewani dan nabati. Bagi tumbuhan yang di serang hama bisa diberantas dengan saponin.

Zat saponin yang terdapat pada tanaman lidah buaya berfungsi sebagai antiseptik. Tanaman lain penghasil saponin diantaranya mentimun, mahkota dewa, ceremai.

Selulose, memiliki banyak fungsi, sebagai gelling, emulsifier, stabilizer, dan thickener. Selulosa membentuk komponen serat dari dinding sel tumbuhan.

Treonin, Treonin adalah asam amino esensial pada manusia yang hanya bisa diperoleh secara alami dengan cara mengkonsumsi beberapa jenis makanan Asam amino ini berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjadi antibiotik.

Valin,  asam amino rantai bercabang  sebagai stimulan. Valin berkaitan erat dengan leusin, jenis asam amino ini ditemukan di banyak protein. Valin menyembuhkan penyakit hati. Bekerja dalam mengatur penyerapan asam amino rantai bercabang dengan dua jenis asam amino  isoleusin dan leusin untuk membantu proses pertumbuhan, memperbaiki jaringan, mengatur gula darah, menjaga tubuh untuk tetap ber-energi, merangsang saraf pusat dan menjaga mental-down.

Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin C, Vitamin E, vitamin ini sudah banyak diketahui silahkan baca : Protein, lemak, karbohidrat dan vitamin

Zinc, bermakna biologis  bagi makhluk hidup. Zinc bertanggung jawab bagi sejumlah fungsi yang berbeda dalam tubuh dan merangsang aktivitas 150 lebih enzim yang berbeda. Mengonsumsi sedikit zinc memberi manfaat besar bagi tubuh.  Zinc identik dengan kekebalan tubuh, mengatur respon imun, menyerang sel yang terinfeksi atau kanker.

Ngomong-ngomong … , silahkan para analis, para pakar untuk lebih giat lagi menemukan fungsi lidah buaya dan mengantarkan  agrobisnis Indonesia menuju zaman keemasan yang gilang gemilang. Kelak, lidah buaya dan jenis tanaman unggul yang mudah ditanam diIndonesia dengan formula dan dosis yang tepat bisa menggantikan posisi protein yang sekarang harganya terasa mahal.  Siapa tahu onggok atau gamblong limbah singkong dari pabrik tapioka bila dibubuhi sedikit hormon jadilah ransum pakan ikan, pakan ayam yang qualified, misalnya.

The next, akankah hormon atau enzim akan mengubah peta agrokultur dari busur impor menjadi panah ekspor. We must be believe it. Thanks.

Lidah Buaya Juara Herbal Multi Talenta.

link

pakan ikan lele, pakan ayampakan organik

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>