«

»

Nov 14

Lisin, Metionin, Treonin, Triptopan, Leusin

Lisin, Metionin, Treonin, Triptopan, Leusin

( Naskah kategori asam amino esensial )

Lisin

Lisin masuk dalam kategori asam amino esential yang dibutuhkan ikan, unggas dan ruminansia bahkan manusia. Lisin bisa juga diproduksi melalui fermentasi bakteri mikroba dengan bahan bahan alami yang banyak tersedia dialam. Lisin diandalkan menekan biaya pakan. Fungsi lisin lainnya adalah untuk pembangun protein. Menyeimbangkan asam amino pada tubuh, meningkatkan pertumbuhan, membantu penyerapan kalsium dalam tubuh.

Metionin

Metionin juga asam amino essential. Asupan melalui makanan mungkin tidak mencukupi, dibutuhkan tambahan metionin dari luar. Metionin juga bisa diproduksi melalui fermentasi bakteri mikroba dengan bahan alami, meningkatkan kinerja metabolisme tubuh.

Treonin

Treonin juga asam amino esensial. Kekurangan Treonin dapat berdampak pada pertumbuhan hewan. Treonin diproduksi proses fermentasi. Membantu memelihara keseimbangan protein di dalam tubuh. Menyeimbangkan asam amino pada tubuh hewan. Menjaga fungsi usus hewan. Meningkatkan respon imun.

Triptopan

Triptopan merupakan asam amino yang tidak bisa disintesa atau dibuat oleh tubuh sehingga diperlukan konsumsi dari luar, berperan dalam proses biosintesis protein, penyusun massa otot dan men-stimulan respon imun, meningkatkan sistem imun, menjaga protein internal agar stabil, menginduksi pertumbuhan dan meningkatkan antibodi, sebagai prekusor serotin, hewan bisa dikendalikan agar tidak terlalu agresif. Penggunaan Triptopan bersama dengan lisin mengontrol stres, meningkatkan palatabilitas dan bobot badan. Menekan FCR.

Leusin

Leusin juga merupakan kelompok asam amino esensial, baik untuk otot, hati dan jaringan lemak. mencegah gangguan fungsi tubuh namun leusin tidak diproduksi oleh tubuh.

Memperbaiki dan membangun otot. Untuk menjalankan fungsinya, leusin ini akan bersinerji dengan isoleusin. Isoleusin dan leusin membangun otot agar tidak mudah keropos. Kekurangan leusin, gula darah ancamannya, menciptakan energi, mengatur metabolisme gula dan lemak. Metabolisme gula dan lemak dalam tubuh akan dibakar dan diubah jadi energi. Mengkonsumsi leusin setiap hari akan memiliki energi prima.

Meningtkan produksi hormon, mengkonsumsi leusin tiap hari bisa meningkatkan produksi hormon. Lemak yang terlalu banyak akan dibakar oleh leusin. Memulihkan Otot, Leusin berguna memperbaiki kerusakan otot.  Kekurangan leusin akan mudah lelah. Itulah anemia.

Untuk bisa mencukupi kebutuhan dalam sehari jumlah leusin bisa dikonsumsi yaitu sekitar 12 mg per hari.

Kelebihan Leusin, terlalu banyak mengkonsumsi Leusin justru akan meningkatkan nafsu makan.

Menyebabkan kelainan Syaraf, otot yang distimulasi terlalu sering dan terlalu berlebihan justru akan menyebabkan kelainan syaraf. Jika kekurangan leusin menyebabkan kesehatan otot terganggu, otot yang dirangsang berlebihan akan menyebabkan syaraf mengalami kelainan.

Membuat gula darah menurun, leusin dalam tahap yang normal bisa digunakan untuk menormalkan gula darah namun jika berlebihan gula darah menjadi menurun disebut dengan hipoglikemia.

Sumbe-sumber leusin, untuk mencukupi kebutuhan akan leusin kita harus tahu sumber makanan apa saja yang mengandung cukup leusin. Berikut adalah makanan yang mengandung leusin tinggi dan bisa untuk kita konsumsi :

Beras merah, semua kacang-kacangan, semua daging, semua ikan, susu kedelai, susu sapi dan yoghurt

Lisin, Metionin, Treonin, Triptopan, Leusin

Lalu apa hubungannya dengan dunia agro !!!

Ternyata, peternak kerapu, bawal, kakap udang dan sidat memasok lebih banyak leusin kedalam ransum pakan mereka. Hasil panen melebihi 20% hingga 58% dari panen sebelumnya. Terutama bawal meningkat 58%. Salah satu sumber leusin yang tinggi dan dan bisa diproduksi massal dan murah adalah zooplnkton. Zooplankton memiliki kandungan leusin yang tinggi. Info ini saya peroleh saat diperlihatkan hasil analisa labor pada zooplankton saat saya berkunjung di laboratorium bio-sains politeknik Jember, Jatim.

Lalu zooplankton saya combine dengan enzim papain dan pada waktu tebar benih lele ukuran 5-7 dan tidak perlu diberi makan hingga 10 hari. Hasilnya tetap sama dengan benih lele dibandingkan benih lele yang saya beri makan selama 10 hari.

Untuk sementara riset untuk leusin cukuplah. Hendak saya teruskan untuk tidak diberi pakan tapi naluri per- lele an saya terusik, saya kasihan.

Trims

Bacaan baru

Cara membuat pelet apung

Aquaponik antara profit dan seni

Ampas Kelapa Dan Aspergillus Flavus

Water Treatment Integrated System

Cara Membuat Enzim protease

Bekicot untuk pakan larva ikan

Jual Vitamin Untuk Indukan Ikan

Lisin, Metionin, Treonin, Triptopan, Leusin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>