«

»

Apr 09

Maggot Atau Belatung Tumbuh 4 Jam

Maggot Atau Belatung Tumbuh 4 Jam

Oleh Hadi Winarto

Maggot Atau Belatung Tumbuh 4 Jam

Tahun 2013 yang lalu, saya diundang oleh Goes Tomo, seorang pembenih lele untuk didaulat memberikan penyuluhan tentang apa saja yang berkaitan dengan lele.  lokasi tepatnya di Badegan Ponorogo, Jawa Timur. Dihadapan audiens sekitar 40 orang saya memberikan berbagai materi tentang Lele mulai dari Jam 08.00 sd 16.00. Nggak sangka tamu-tamu yang diundang Goes Tomo adalah para pelanggan beliau. Goes Tomo adalah spesialis pembenihan Lele. Misi dari pelatihan ini adalah memberi pencerahan terutama bagi pemula. Hebatnya apa, hebatnya pelatihan ini adalah atas prakarsa dari Goes tomo sendiri. Semua difasilitasi sendiri tanpa bantuan dari siapapun, makan minum gratis. Saat itu juga tumbuh sense of solidarity saya, honorpun saya tolak.

Singkat kalimat, berceritalah saya apa saja tentang lele, baik itu pembenihan, pembesaran, managemen kolam, pakan, penanganan penyakit, pemberian suplemen dan pembuatan probiotik khusus lele. Berdasarkan absensi yang saya lihat peserta datang dari Magetan, Pacitan, Madiun bahkan Wonogiri, wuahhh, sungguh saya melihat pergaulan Goes Tomo dikalangan lele-mania cukuplah luas. Dari Goes Tomo sendiri dia ungkapkan bahwa tujuan dari hajatan ini adalah mempererat persaudaraan dikalangan peternak ikan berkumis ini dan berbagi info bagaimana menjadi budidayawan-budidayawati yang baik dan benar.

Dua tahun kemudian, bulan ini april 2015 saya dikejutkan dengan laporan teman-teman peternak lele yang menginformasikan bahwa dia sudah memiliki resep ampuh menangani kolam, penanganan air dan memberi tahu saya bahwa yang mengajari teknik pembenihan lele adalah Goes Tomo yang beralamatkan di Badegan Ponorogo. Saya kaget.

Diam diam saya penasaran atas sepak terjang Goes tomo, apa sich yang disampaikan beliau kepada orang yang meminta advisnya. Tidak puas atas informasi yang saya kumpulkan tentang Goes Tomo saya tidak sabar dan langsung meneleponnya. Jawabannya gini. Katanya gini.

*** Pak, waktu pelatihan dulu yang menjadi fokus perhatian saya adalah bagaimana caranya membuat Suplemen dan Nutrisi Lele. Kemudian seusai pelatihan yang diberikan bapak saya langsung membuat formulasi berdasarkan bahan-bahan yang bapak paparkan. Namun saya merasa tidak puas, akhirnya saya mengotak-atik berbagai bahan baik jenisnya maupun takaran. Berpuluh kali saya melakukan trial and error, berbagai variasi formula saya ujicobakan ***. Demikian Goes Tomo bertutur.

Dialog diatas adalah telepon saya yang pertama, kemudian secara intens saya terus berhubungan dengan Goes Tomo. Dan diungkapkan lebih lanjut penemuan formula yang tepat membutuhkan waktu sekitar 20 bulan. Testimonipun berkembang luas. Diperoleh fakta dilapangan Hasil karya Goes tomo ini adalah benih-benih menjadi tahan, kuat dan sehat. Pemberian suplemen yang ditebarkan keair akan meningkatkan ph air, kolam air menjadi tidak bau dan membuktikan bahwa suplemen ini memiliki kandungan nitrobacter yang cukup. Kesaksian dari pembenih Lele adalah survival rate benih jadi semakin tinggi, beberapa pembenih bahkan ada yang hampir putus asa dan berniat gulung terpal.

Dan saat saya minta kiriman dan kebiasaan saya yang selalu menguji kehebatan sebuah produk. Saya lalu membuktikan dengan 2 kolam. Kolam yang pertama pakan saya bibis dengan pelet. Pada kolam ke-2 pakan saya bibis dengan suplemen buatan saya.

hasil Lele yang saya bibis dengan formula buatan Goes Tomo dan panen dihari ke-68.

kolam ke-2 yang pakannya saya bibis dengan suplemen buatan Panen pada hari ke 79. Karena kesibukan saya memang tidak membuat riset detail sehingga memperoleh data FCR yang tepat namun perbedaan yang paling krusial adalah saat pengepul membeli lele saya dan membawa pulang kematian pada kolam yang pertama 0% dan yang kedua 10%. Saya yakin ini ada korelasi dengan suplemen ini. Puluhan testimoni yang saya dapat tidak tertulis dalam naskah yang singkat ini.

Uji lapangan yang lain adalah dengan beternak maggot. Hanya dalam waktu 4-5 jam maggot atau belatung bermunculan. Bagi saya ini ajaib karena biasanya membuat maggot dalam waktu minimal 24 jam.

Uji coba kemudian saya sedang membuat fermentasi pakan buatan saya yang saya beri Suplemen buatan Goes Tomo, sampai dengan artikel ini saya release, 5 hari hasi uji labor akan keluar, kita tunggu hasilnya.

Artikel saya ini saya buat khusus untuk memberikan rewards kepada Goes Tomo yang notabene adalah yunior saya, namun sebuah inovasi lahir dari sebuah kesederhanaan, karya cipta lahir dari sebuah kegigihan. Penemuan meski sederhana bisa tercipta oleh siapa saja. Bukti empiris bagaimana sang murid membuat lompatan lebih tinggi dari gurunya, saya.

Goes tomo adalah potret sejati seorang penggiat agrokultur yang jiwa-raganya terbungkus dengan RAMAH, AMANAH,  SABAR, FOKUS dan TEKUN.

Share, question and answer bisa call langsung dengan Goes Tomo (085258010061), klo lagi ga nyebur kolam anda pasti dilayani dengan keramah-tamahan dan kebaikan hati ala peternak lele dari kota reog ini.

Baca juga Budidaya Belatung Untung Melambung

afrika masrufin

Terimakasih, BoosterFish Farm Banyuwangi

Maggot Atau Belatung Tumbuh 4 Jam

keyword pakan ikan lele

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>