«

»

Jul 01

Membedakan Bekatul Asli Dengan Yang Palsu

Membedakan Bekatul Asli Dengan Yang Palsu

Oleh : Hadi Winarto

Tergubahnya tulisan Membedakan Bekatul Asli Dengan Yang Palsu ini adalah testimoni yang diungkap teman saya pedagang berbagai tepung afkir, berikut testimoni nya : Penyebab menurunnya kualitas bahan pakan ternak (pakan ikan, pakan ayam, pakan organik) salah satunya adalah berbahan dedak (rice bran), katul atau bekatul palsu,  pembelian bekatul palsu, bekatul palsu umumnya hasil campuran bekatul atau dedak yang dicampur dengan sekam padi yang sama-sama digiling dengan mesin diskmill. Umumnya konsumen tidak bisa membedakan karena tekstur dedak yang sudah dipalsukan tidak berbeda namun kandungan gizi bekatul palsu jauh menurun dengan bekatul asli. Bekatul rentan dengan pemalsuan atau dioplos dengan sekam bahkan dengan serbuk gergajian dan kapur. Hanya peternak yang sudah berpengalaman dan piawai saja yang bisa bedakan mana dedak asli atau dedak palsu.

Disamping produsen bekatul yang nakal atau pengepul yang berharap meraup laba dari cara curang ini hal penting lain teknik pengolahan dan penanganan pembuatan pakan alternatif berbasis dedak salah satunya dengan jalan mengukus. (informasi teknik kukus atau steam ini dapat anda baca ulasannya di tautan ini : pakan bebek dari Ciamis)

Tepung bekatul didapat dari penggilingan padi (oriza sativa) biasanya saat gabah padi diolah dan diperoleh hasil :

Dedak kasar       14-15%

Dedak halus       26-27%

Bekatul           3%

Menir             17%

Kualitas dedak dapat diukur dengan teknik :

  • Teknik uji apung atau bulk density dengan tingkat toleransi 335-350 gram perliter. Dedak yang diapungkan keair, semakin sedikit yang mengapung semakin bagus kwalitas bekatul.
  • Bagi yang pengalaman dengan cara melihat tekstur, memeriksa rasa dedak, melihat warna dan bau dedak.
  • Uji labor, bekatul yang baik mengandung protein 12%, lemak 13,5% dan serat kasar 11,5%.

Kandungan bekatul

  • Bekatul kaya dengan thiamin, niasin, vitamin B kompleks, inositol, fitat, asam ferulat, gama orizanol, fitosterol,tokorienol dan asam amino.

Manfaat bekatul

  • Vit. B3 dan B5, membantu melepaskan energi dari makanan.
  • Vit.B6, membantu pembentuan sel darah merah.
  • 15, membantu sistem dan proses metabolisme tubuh.
  • Inositol bekerja untuk hormon insulin, kendali syaraf, memelihara konsentrasi kalsium dalam sel, membuang lemak, mengatasi kolesterol dalam darah, pengatasi bulimia.
  • Gama orizanol berperan menurunkan kadar kolesterol, mencegah kerapuhan tulang.
  • Fitosterol bertindak sebagai menurunkan kolesterol.
  • Tokotrienol berfungsi sebagai antibiotik.
  • Mengatasi, mencegah dan menyembuhkan penyakit kencing manis, tekanan darah tinggi, kadar cholesterol darah meninggi,pengapuran pembuluh darah, serangan jantung, gangguan aliran pembuluh darah jantung, astma dan penyakit hati.

Tentang keunggulan atau fungsi Vitamin B.15 bagi makhluk hidup bisa anda telusuri konten-konten yang membahas vitamin B.15 lebih lengkap di dunia maya.

Tips memilih dan membeli dedak, bekatul atau katul :

1. Membeli kepada pedagang, toko, grosir yang qualified

2. Usahakan anda berlangganan agar tetap dilayani dengan baik dan diberikan kualitas barang yang bagus.

3. Cari informasi harga pasaran yang standard di kota anda.

4. Curigai kepada pedagang dadakan dengan menawarkan harga murah.

5. Kesalahan dalam membeli berakibat fatal terhadap kandungan pakan ternak yang akan anda olah. pakan ternak yang diolah yang tidak memenuhi syarat gizi mengakibatkan kerugian besar dalam budidaya ternak apa saja.

6. Upayakan melakukan test (uji) setelah membeli bekatul atau bahan pakan lainnya karena boleh jadi toko langganan anda juga tertipu dengan dedak oplosan. Kejadian ini sering berulang dimana-mana.

Bahan-bahan pakan ternak yang rawan oplosan atau bahan yang kualitas nutrisinya rendah namun dijajakan dengan harga yang tidak pantas.

1. Tepung ikan, modus penjualannya adalah dengan mengatakan kadar protein tinggi padahal rendah. Tepung ikan hasil campuran tulang, sisik ikan dan jeroan ikan.

2. Tepung MGM, CGM tekniknya sama dengan tepung ikan.

3. Tepung jagung, jagung sudah lama dalam gudang penyimpanan atau tepung jagung ampok (saripatinya sudah diambil) diperlihatkan tepung jagungnya.

4. Kecurangan lainnya adalah dengan cara memberi sample yang bagus lalu pengirimannya diberi yang jelek baik seluruh maupun sebagian.

5. Dedak, dioplos dengan sekam.

Kesaksian

Testimoni Bapak Elli, Hp.081311288181 dari Aceh, Beliau meracik pakan alternatif dengan takaran

1. bungkil kedele  60kg

2. Bekatul 40kg

3. Enzima Star 500ml

setelah difermentasi selama 24 jam dan dilakukan analisa laboratorium diperoleh kandungan protein sebesar 60%. Dosis formulasi Bapak Elli, bungkil kedele dan bekatul diatas kandungan protein seharusnya 25-26% saja.

 

Materi tentang kandungan nutrisi bekatul disadur dari berbagai sumber dan hasil uji labor yang kami lakukan di Balai Penelitian Air Payau Kabupaten Situbondo Jawa timur.

Terima-kasih, anda telah mengunjungi dan membaca

Membedakan Bekatul Asli Dengan Yang Palsu

Naskah terkait

Memaksimalkan nilai kandungan sekam

 

PP booster fish

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>