«

Jul 26

Mengapa Pakan Harus Dikukus Atau Steam

Mengapa Pakan Harus Dikukus Atau Steam

Oleh Hadi Winarto, Cianjur 28 Juli 2016

Ribuan pertanyaan kepada penulis Mengapa Pakan Harus Dikukus Atau Steam, begini :

Bisakah pakan tidak dikukus ?

Apa manfaatnya pakan yang dikukus ?

Adakah cara selain dikukus dengan memberikan enzim, probiotik, asam amino atau vitamin tertentu ?

Memang mengukus adalah aktifitas ekstra yang bagi sebagian peternak cukup menyita waktu bahkan ada niat seseorang yang membatalkan beternak saat bertanya bahwa mengukus itu ribet, memakan waktu dan menambah biaya.

Entah dimasa depan ada ahli yang menemukan cara mengganti fungsi mengukus tapi inilah kegunaan mengukus saat ini :

  • Mengukus akan menurunkan kadar abu. Seperti tepung rajungan dan kepala udang sangat tinggi kadar abunya. Saya melakuan uji labor dengan tujuan meningkatkan protein kepala udang (dari 35% menjadi 40%) dengan tambahan enzim fitase sebanyak 0,25%) Apa yang terjadi, ternyata kadar abu tepung udang menurun dari 32% menjadi 28%.
  • Mengukus jelas meningkatkan sterilitas pakan, atas kerja temperatur tinggi mengukus memastikan mengurangi hadirnya jamur, virus, bakteri negatif dan meningkatkan Homogenitas pakan.
  • Mengurangi kadar lemak. Mengukus juga membantu memisahkan air dengan lemak pada bahan baku pakan. Lemak adalah salah satu biang keladi menurunnya mutu air.
  • Mengukus menjadikan bahan baku pakan menjadi awet. Cobalah lakukan percobaan : 1kg Ampas tahu direndam air yang sdh ditreatment ozon dan beri 0,25% campuran enzim amilase, papain, bromelin protease dan selulose dan fitase lalu kukus selama 5 menit. Ampas tahu tahan lama bertahan 3-5 hari tidak bau dalam ruangan terbuka, nilai nutrisi meningkat dan makin steril.

Kukus atau steam, apa bedanya dengan dengan fermentasi, ada yang berbeda. Mengukus berproses atas bantuan suhu atau temperatur sedangkan fermentasi atau campur tangan waktu dan mikroba, enzim atau probiotik tertentu dan mengubah senyawa kompleks menjadi zat yang sederhana. Persamaannya adalah meningkatkan mutu nutrisi pakan dan jika dilakukan keduanya akan lebih baik. Kukus lalu lakukan fermentasi. Tinggal anda memilih fermentor apa yang tepat untuk melakukan kegiatan fermentasi.

Well … jika anda antipati terhadap kegiatan steam atau kukus atau fermentasi, ya gpp, anda bebas memilih. Ada ratusan peternak yang mencoba peruntungan dengan terjun kebisnis pakan. Mesin mesin produksi sudah dibeli, menyusun formula pakan sudah dikuasai, bahan baku tersedia melimpah, pasar pakan menganga lebar tapi tidak sedikit yang terjerembab dan gulung tikar. Mesin-mesin seperti oven, diskmill, hummer mill, mesin jahit karung, timbangan, mesin packing, labelling, mesin chopper, ekstruder dll mangkrak menanti pemulung besi tua.

Artikel terbaru

Enzim, Anugerah Terindah Kepada Bioteknologi

Booster Fish

Mengapa Pakan Harus Dikukus Atau Steam

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>