«

»

Sep 19

Mengenal Predator Ikan

Mengenal Predator Ikan

Oleh Hadi Winarto

Pembahasan Mengenal Predator Ikan tentang predator Ikan ini dimaksudkan untuk melengkapi literatur tentang pengetahuan budidaya ikan air tawar (aquaculture) penanganan terhadap predator menjadi dilema tersendiri dikalangan penggiat agrobisnis diseluruh dunia.  Semoga bermanfaat.

 Predator artinya pemangsa, dalam hal ini pemangsa ikan.

Predator ada yang hidup di air dan ada pula yang hidup di darat. Predator  ikan ini ada yang tinggal menetap di sekitar kolam dan ada pula yang hanya migrasi, ada yang menyantap langsung benih ikan secara utuh dan ada pula yang mematikan target terlebih dahulu beberapa waktu kemudian dimakan setelah menjadi bangkai. Ada juga predator benih ikan hanya mematikan benih untuk diisap darahnya, sementara tubuh benih ikan yang sudah mati tidak dimakan.

  1. Predator kelompok hewan besar: Kucing air, Biawak, Ular, Katak, Burung, Kura-kura, Kepiting
  2. Predator ikan buas: ikan gabus dan belut, ikan toman dan lain-lain
  3. Predator kelompok hewan kecil (serangga air): ucrit (larva Cybister), Notonecta.

Dari ketiga kelompok pembagaian diatas yang berbahaya adalah binatang yang membawa telur-telur ikan mujair, lintah atau larva bekicot yang tidak kasat mata, yang membawa bakteri, virus dan jamur yang biasa tumbuh diinsang lele atau bercak putih yang menempel dipunggung lele.

Praktisi menunjukkan bahwa pada pemeliharaan benih ikan di kolam dengan jumlah populasi misalnya 20.000 ekor, turun drastis menjadi 2.000. Itu artinya tingkat kematian mencapai 80%. Jumlah kematian sebesar ini memang tidak dapat dibuktikan akibat predator.

Mungkin juga ada faktor lain, misalnya :

  1. Kualitas benih, benih yang jelek biasanya datang dari perkawinan sedarah (incest)
  2. Ph air rendah, kekeruhan yang tidak mendukung dan tingginya kadar zat besi.
  1. Tingkat penebaran yang padat
  1. Pakan yg asal kenyang perlu disikapi dengan bijak seperti bahasa yang sering diucapkan sinis : Benih Ikan mati bukan karena lapar tapi karena kenyang
  1. Membiarkan berbagai penyakit seperti jamur, insang berdarah dan perut kembung
  2. Tinggi kolam yang terlalu dangkal (minimal 50cm)
  1. Suhu udara yang berubah-rubah secara ekstrim (max 34’C min 22’C)
  1. Pemberian antibiotik kimia secara berlebihan
  1. Tidak dilakukan grading
  1. Teknik transportasi saat pengantaran benih yang a-standard
  1. Anomali cuaca yang ekstrim
  1. Pemberian pakan yang berlebihan dan tidak terjadwal
  1. Persiapan kolam yang tidak dipersiapkan dengan baik
  1. Kualitas air yang tidak memenuhi standard syarat hidup lele.
  1. Pengetahuan yang belum memadai menggunakan sistem tebar padat
  1. Pengetahuan yang belum memadai penggunaan probiotik dan antibotik
  1. Pengetahuan yang belum memadai tentang berbagai penyakit lele

Bercak putih dan jantung pisang

Bagi peternak perburuan tentang cara mengatasi predator ikan, penyakit ikan dan gejala gejala yang ditimbulkan selalu menarik untuk dibahas dan tidak pernah usai. kesuksesan peternak adalah selalu berdiri tegak dan kokoh mencari.

Jantung pisang bisa digunakan mengatasi benih yang terkena bercak putih. Salah satu faktor munculnya jamur berwarna putih pada tubuh benih  adalah anomali cuaca yang ekstrim, disparitas suhu tinggi dan kualitas air kolam yang menurun. Jantung pisang, kaporit dan garam ini digunakan oleh pembenih ikan lele dipedesaan. Cara membuat ramuan dan penggunaannya anda bisa baca dan klik di URL berwarna biru dibawah ini

http://boosterfish.com/breaking-news-agro/

 

Artikel yang menarik lainnya bisa anda kunjungi

Lebih Baik Mencegah Daripada Mengobati

Budidaya lele dengan spirulina

Daftar Gizi Ternak Anda

Protein, lemak, karbohidrat dan vitamin

Terimakasih, anda telah mengunjungi  Mengenal Predator Ikan, salam agrobisnis

PP booster fish

3 comments

  1. Sale Car

    Unquestionably believe that which you said. Your favorite justification seemed to be on the web the easiest thing to be aware of. I say to you, I definitely get irked while people consider worries that they just do not know about. You managed to hit the nail upon the top as well as defined out the whole thing without having side effect , people could take a signal. Will likely be back to get more. Thanks

  2. National Championship

    of course like your web site but you need to test the spelling on quite a few of your posts. Many of them are rife with spelling issues and I to find it very troublesome to inform the truth nevertheless I¡¦ll definitely come back again.

  3. Money Market

    Hey, you used to write magnificent, but the last few posts have been kinda boring¡K I miss your tremendous writings. Past few posts are just a little out of track! come on!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>