«

»

Nov 29

Menggapai Citra Diri Positif

Menggapai Citra Diri

Oleh : Hadi Winarto

 Citra diri akan menentukan keberhasilan dan kegagalan.

Bila anda memiliki citra diri positif, anda pasti menjadi orang yang berhasil, namun syarat pokok yang diperlukan adalah anda harus memprogram kedalam bank memori penyimpan ingatan yang terdapat dalam fikiran bawah sadar anda. Sebaliknya, jika pemrograman yang ditanamkan kedalam bank memori anda adalah citra yang negatif, disengaja atau tidak, maka kegagalan akan menyelubungi seluruh kehidupan anda.

Adik saya, seminggu sebelum bepergian dia pasti mengalami sakit pusing dan sakit perut, ternyata adik saya itu mengalami ketakutan jika naik kapal laut. Perjalanan pertama kali naik kapal laut pada masa kanak-kanak adik saya kondisi fisiknya sedang menurun sehingga mengalami mabuk laut. Peristiwa mabuk laut waktu kecil inilah telah merasuki dia setiap hendak naik kapal laut. Itulah contoh sederhana citra negatif yang tertanam dihati adik saya. Jika memori negatif pada kasus yang lebih berat, maka kegagalan akan menyertainya.

Bisakah citra diri negatif diubah menjadi positif ? konsep citra diri negatif bisa ditindih menjadi citra diri positif. Fikiran bawah sadar harus menerima informasi agar menghapus citra diri negatif dan digantikan dengan positif secara permanen. Misalnya fikiran kemiskinan yang diwariskan secara keturunan yang tersimpan sejak kecil bisa dihilangkan atau ditindih dengan gagasan baru sehingga fikiran kemiskinan yang menguasai selama ini bisa dilenyapkan.

Anda bisa mempelajari dan memahami bagaimana menghilangkan rasa takut mabuk laut seperti yang dialami adik saya dan sebuah kalimat bijak barangkali bisa membuat anda memulai menghilangkan citra diri negatif : ‘Manusia adalah satu-satunya makhluk ciptaan sang Illahi yang diperkenankan menyelesaikan karya cipta nya sendiri.’

Ada tujuh type citra diri positif. Umumnya orang-orang yang berhasil didunia ini baik sukses karier maupun sukses finansial memiliki ciri-ciri :

  1. Memiliki rasa percaya yang kuat. Dia mampu mengembangkan dirinya sendiri sedemikian rupa sehingga mampu menyingkirkan perasaan takut terhadap apa saja.
  2. Memiliki orientasi dan sasaran yang jelas dan tercatat. Target dan sasaran hidupnya jelas. Contoh umum, sebagaian orang untuk melakukan perjalanan pendek keluar sudah mempersiapkan segala sesuatu dengan detail seperti mempersiapkan anggaran biaya perjalanan, perlengkapan pakaian, tempat wisata yang akan dikunjungi, hotel yang dinginkan, tiket pesawat, bahkan oleh-oleh untuk para handai taulan dan lain-lainnya. Namun tidak memiliki rencana apapun untuk 10-20 tahun mendatang. Tidak terbersit dalam fikirannya 10 tahun kemudian akan menjadi apa, akan memiliki apa. Sedikit sekali orang yang melakukan perencanaan program jangka panjang.
  3. Memiliki perencanaan hidup yang baik dan efektif. Hidup mendatang yang direncanakan akan menimbulkan kehidupan yang matang. Anda tidak akan terombang-ambing dalam belantara ketidak pastian. Orang seperti ini tidak suka menunda-nunda. Tidak akan berhenti sebelum tugasnya selesai.
  4. Merasa sanggup melakukan pekerjaan apapun, tidak tunduk pada hambatan dan pantang menyerah. Dia sangat cepat menyesuaikan diri dilingkungan yang baru. Mampu beradaptasi.
  5. Kepribadiannya menyenangkan, orang-orang yang sukses biasanya disukai dalam pergaulan. Dia jujur dan tidak menutup-nutupi pribadinya. Orang ini bisa melepaskan diri dari rasa malu, menyendiri dan ragu-ragu yang umumnya dimiliki orang yang berfikir negatif.
  6. Pengendalian dirinya begitu menakjubkan. Emosinya terjaga. Kebiasaan yang buruk segera bisa dia tinggalkan seperti makan, merokok berlebihan, dia bisa bersenang-senang tapi menggunakannya dalam waktu yang tepat.
  7. Menyukai diri sendiri. Jika anda menyukai diri sendiri orang lain juga akan menyukai anda. Citra diri positif akan membimbing dan membentuk diri anda menjadi orang yang penuh optimistis, ramah dan menyenangkan. Menyukai diri sendiri bukan berarti angkuh. Menyukai diri sendiri tanpa menjadi sombong berarti anda tidak menganggap diri anda lebih baik dari orang lain.

Demikian sebaliknya, citra diri negatif akan menjadikan diri menemui kegagalan demi kegagalan.

  1. Merasa rendah diri. Pada banyak peristiwa bunuh diri adalah keputus-asaan yang diawali dengan perasaan rendah diri.
  2. Kurang memiliki semangat hidup. Pekerjaan yang tidak pernah dia selesaikan disebabkan ada rasa takut penilaian buruk atas pekerjaannya oleh orang lain atau atasannya.
  3. Suka menunda-nunda. Rasa malas atau tidak berusaha menyintai pekerjaan atau rasa tidak puas menyebabkan orang suka menunda pekerjaan.
  4. Emosi yang tidak terkontrol. Fikiran bawah sadar pesimis menaungi fikiran bawah sadarnya. Anda akan gagal jika anda tidak segera mengganti dengan gagasan optimistis. Anda bisa mengambil saripati pepatah dari Nabi Ayub : ‘Anda bisa menjadi apa yang anda fikirkan’.
  5. Pemalu, minder dan suka menyendiri. Luka lama atau luka hati yang tertancap semenjak kecil atau trauma akan peristiwa lama seperti ejekan, hinaan dari orang lain akan menyebabkan rasa malu dan berakhir dengan tersisihnya dari lingkungan sosial.
  6. Memikirikan kepuasan sendiri dan egois.
  7. Tidak percaya dengan kemampuannya sendiri.

Jika anda masih merasa memiliki citra diri negatif, anda tidak perlu kecewa apalagi berputus asa. Anda bisa membebaskan dari semua citra negatif ini dengan jalan : Biarkan saja citra diri negatif ini membungkus fikiran bawah sadar anda namun perlahan dan pasti anda harus mencampakkan ke tong sampah dan mengggantikannya dengan citra diri positif.

Begini caranya :

  • Anda jangan menyalahkan diri anda terus menerus.
  • Anda jangan menakut-nakuti diri sendiri, kalimat bijak memberi saran : ‘Yang harus anda takuti adalah ketakutan anda sendiri.’
  • Perlakukan diri anda sebaik-baiknya, bersihkan fisik dan fikiran anda. Jadilah pribadi idaman.
  • Sayangi diri anda sendiri, membenci tidak akan menolong anda untuk disenangi orang lain
  • Pujilah diri anda sendiri. Caci-maki akan merusak suasana bathin. Pujian menaikkan mental anda.
  • Dukunglah diri anda. Mulailah anda ber-sosialisasi dan bergaul dengan siapa saja. Gemar menolong justru memudahkan langkah hidup anda.
  • Fikirkan bagaimana caranya membuang fikiran buruk dan diubah menjadi fikiran jernih.

Ingatlah : Fikiran bawah sadar anda terus bekerja, dia tidak pernah istirahat meskipun anda sedang tidur. Dia akan mewujudkan apapun keinginan anda sesuai dengan program yang anda tanamkan.

Terimakasih

Denpasar, Bali, 25 Nopember 2014

Tautan yang terkait dengan tulisan diatas alangkah baiknya anda membaca dan klik link ini *FENOMENA MISTERI FIKIRAN BAWAH SADAR

*TEKNIK MENGGALI POTENSI DIRI

*RAHASIA CINTA ABADI

Album Foto koleksi Boosterfish.com

yatie     cacing lumbricuus

IMG_20141011_213639     LABEL AMINO (165cmX145cm)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>